Sekilas Tentang Suzuki FXR 150

Hmmm, motor aneh dan jarang sebenarnya….cukup menyita perhatian khalayak ramai diawal thn 2000 saat pameran di JHCC Motorshow, disana kala itu bertengger motor anyar keluaran pabrikan Suzuki yang sangat canggih. Dengan sistem mesin menggunakan twincam atau DOHC satu silinder dengan oli cooler serta mesin berkaburator 29mm cukup besar dikelas 150cc hingga saat ini…kenapa…ya karena para pesaingnya bahkan masuk ditahun 2011 saat ini tetap memakai karbu kecil dibawah ukuran 29mm, seperti Honda CBR 150 edisi karbu yg hanya memakai karburator berukuran 26mm,  Minerva 150 26mm dan New Megapro 26mm. Selain dgn karbu besar motor ini dilengkapi panel instrumen full digital khas moge Suzuki yang khusus turun dikelas superbike. Menggusung langkah panjang  48,8 mm (1.921 in.) dibanding CBR 150 yang hanya 47.2 mm lebih pendek dibanding FXR ini. Serta limit rpm tertinggi dapat digapai mudah dalam kondisi standart hingga 13000rpm..benar-benar fantastis. Perpindahan gigi sangat rapat hingga topspeed saat gigi enam mencapai 158km/jam saat Bikeart mengetes sendiri disirkuit sentul tahun 2009. BBM benar-benar mikir…oohh bukan Bahan Bakar Minyak maksudnya hanya cukup menggunakan premium walau seharusnya non timbal tapi tetap motor ini tak masalah menghadapi premium yg saat ini hanya diperuntukkan untuk kalangan bersubsidi….no problem. Saat turing Kuningan Cirebon Jawa Barat 2003 Bikeart mencoba mencapai jarak 290km dgn kecepatan kira-kira 60-80 km/jam…brangkat dari Jakarta FULL TANK dan sampai Kuningan diisi full ternyata hanya perlu 5 liter saja. Lumayan irit sekali untuk perjalanan jauh luar kota, jadi sekitar 1 liter untuk 55km- Jakarta s/d Kuningan. Untuk perjalanan dalam kota sekitar 1 liter berbanding 32km.

Kembali ke motor fxr modif kiriman bro Nanang diBekasi ini. berikut kira2 data modif beliau

spion ori Ninja 250
full fairing ( ori ny kn half )
ban dpn blkng btlax BT45 100-120
karbu pe28
body blknfg custom Ninja 250
spkbor blkng ori bysonm
bore up piston scorpio 70mm jd 186cc
krbu pe28

Lumayan banyak simple tapi tetap cool, disamping pengantian bagian buntut single seater dan fairing yang menutup hingga kebawah, mesin juga terkena modif berat bore up 180an cc, menggunakan piston scorpio 70mm lebih besar dari ori fxr yg hanya 62mm . sekitar 186cc meningkat dari aslinya 149cc pada ruang bakar.. tenaga cukup banyak terkatrol dari putaran bawah ke putaran atas, baik hentakan akselerasi dan panjang napasnya… tapi ada hitungan rumit selain perubahan seher serta porting dan polish jalur masuk dan keluar pembakaran ini..sayang pemilik masih engan memberanikan diri ngetes topspeed, tapi cukuplah modif dikota2 besar yang sebenarnya keperluannya untuk sehari-hari bukan for racing. Yang penting keren gaul…ga ketinggalan dan tetep safety buat diri dan kluarga dirumah. Mungkin next bisa Bikeart coba apakah dgn pengantian modif mesin, bentuk body yang lebih ergonomis sport racing ini serta knalpotnya dgn setting mekanik resmi dealer Suzuki Jogja ini dapat mencapai performa yang diinginkan…..hhmm tunggu saja. Menurut pemiliknya puas dengan modifikasinya ini lalu ia tergiur untuk mencoba ingin beralih kelas…mungkin ke matik atau malah cc yang lebih besar, sayangnya si blue fixer ini akan segera dilego.

foto dibawah jika FXR 150 disejajarkan dengan Aprilia 125cc

-Bikeart-

link foto pengirim….Nanang

2 thoughts on “Sekilas Tentang Suzuki FXR 150”

    1. coba contact suzuki tambun bro…atau masuk komunitas SFOC Suzuki Fxr Owner Community,…disitu ada Johan Darius Kw…atau Jon Ndut..dia biasa bantu teman2 karena rumah samping pabrik tambun

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s