Fungsi Gas Spontan/Quick Throttle

gas spontan MAGURA 214

adjustable gas throttle cable from MAGURA

Perangkat yang satu ini penting ga penting untuk dipergunakan, mengapa karena ada fungsi khususnya dari penggunaannya itu sendiri. Dipasaran atau ditoko-toko variasi baik pedagang si Nko yg punya toko atau abang-abang yang menawarkan jasa pemasangan sering menyebut dengan kas kontan….wah…jangan-jangan gas kostan…apa kost-kostsan….nah mulai dari penyebutannya saja byk yang salah,..so sebenarnya yg benar gas spontan yang artinya ketika diputar dicelupin trus…..eh bukan itu maksudnya duh jadi susah nulisnya…’ya ketika diputar oleh tangan grip gas motor akan membuat mesin berkitir naik rpmnya lebih singkat dari waktu sebelum perangkat gas kos-kosan ini dipasang dimotor anda.

Apa ada pengaruhnya saat gas spontan ini dipasang, atau hanya sekedar gayanya yg kueren….hhmmm tunggu dulu. YA jelas berpengaruh sekali asalkan diameter putarnya lebih sedikit atau diameter putarnya lebih banyak dari standart bentuk bawaan stdnya.

Fungsi utama dari gas spontan ini sebenarnya untuk memaksimalkan moment putar saat pengendara memutar grip gasnya. Penggunaan aslinya kebanyakan dijenis motor-motor cross, karena dengan tipikal sirkuit yang pendek-pendek lintasannya dan naik turun trek , bahkan sering terbang maka pengendaranya akan kesulitan memutar gas bila moment putarnya lebih banyak…oleh karena itu selain dirasa untuk kepraktisannya juga cepatnya perputaran mesin-mesin cross tersebut maka terciptalah gas spontan ini untuk tipe moto cross.

Saat ini produk gas spontan ini banyak diaplikasikan ditanah air untuk motor-motor diluar motocross seperti balap underbone, balap mtr drag. Di motor-motor seperti underbone bebek baik yang telah mengganti karburator atau yang belum tentu sangat cocok terutama ditrek-trek pendek pasar senggol yang hanya diperlukan buka tutup gas yang cepat. Dengan aplikasi perangkat ini pasti putaran akan lebih singkat, begitupun dalam arena balap drag…apalagi dimtr drag full extreme yang biasanya posisi stangnya hampir sejajar badan pembalap.

APA PLUS MINUS PENGGUNAAN  GAS SPONTAN ini….

Pusnya tentu lebih singkat memutar posisi aturan bukaan karburator saat kita mengendarai ataupun saat balap, namun banyak yang salah kaprah, seperti yang saya lihat dilingkunggan teman-teman atau para bikers dan para racer skalipun. HAL apa yang salah kaprah dalam pemakaiannya….ya untuk motor-motor balap yang bertenaga pas-pasan sebenarnya penggunaan perangkat ini malah membuat kerugian berarti….karena suplai kebutuhan bahan bakar yang disuplai karburator tidak sesuai apa yg dibutuhkan oleh mesin, percaya atau tidak dengan membuka gas spontan ini berarti waktu karburator membuka lebih cepat dari yang biasanya dibuka oleh gas standart bawaan motor…benar bukan. Ibaratnya kita makan…masih ada makanan yang sedang dikunyah dan belum selesai dikunyah didalam mulut tapi kemudian suapan satu sendok berikutnya pasti akan membuat mulut kita semakin repot mengunyah makanan sebelumnya yang belum ditelah….bisa bayangkan….’ NAH ini analoginya seperti gas spontan pada mesin yang slow…..’dalam balap itu perhitungan musti cermat tidak sekedar pasang lalu show off…lain pada mesin cepat seperti motocross ia perlu bukaan cepat karena memang perputaran mesin bakarnya cepat…..busss langsung terbakar dan keluar…..’ apakah motogp dan superbike menggunakan gas spontan….hhmm tidak jawabnya…kenapa….ya karena treknya panjang-panjang dan tikungan sangat rebah baik mtr atau pembalapnya diperlukan perasaan yang halus agar tidak sliding saat membuka gas bukan…tidak percaya..silahkan datang dipameran saat mtr-mtr super ini dipertontonkan dan coba putaran gasnya….pasti terasa sangat panjang moment putarnya …

Satu lagi dengan mengaplikasi perangkat ini….boros dah pasti…apalagi motor anda standart, mengapa boros…tentu karena pembakaran dalam mesin belum selesai seperti analogi kita makan tadi sudah masuk lagi gas baru dari karburator…jadi tenaga yang keluar malah ngowos istilah kerennya.. so jika mengaplikasi dimotor anda dan motornya motor harian..pilihlah gas spontan yang putarannya tidak terlalu pendek..seperti contoh foto diatas adalah gas spontan merk MAGURA made in GERMANY gas ini mempunyai dua setelah enduro dan cross…pada lempengan setelan didalamnya..yang enduro untuk penggunaan motor harian karena memiliki putaran yang lebih panjang disebabkan lempengannya lebih kecil mirip punya std dan yang cross sangat pendek. semoga informasi yang kami berikan bisa menambah perbendaharaan pengetahuan motor untuk anda penggemar berat motor..seperti kami thx-bikeart 2012-

One thought on “Fungsi Gas Spontan/Quick Throttle”

  1. Nais inpoh Mas…

    Tiger pake standarnya aja gas masih harus diturut dulu, lagipula buat nikung lebih enak feel pake panjang…

    Kecuali karbu udah PE28, pernah jajal CBR sepupu gas masih standar jadi dalem banget😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s