Siklus Mesin 4 Langkah

Siklus dari mesin jenis ini ditentukan oleh berapa banyaknya langkah dari perbedaan arah pergerakan yang mesti dihabiskan untuk satu system pembakaran dalam ruang bakar suatu mesin.

Seringnya siklus ini ditentukan oleh langkah-langkah. Setiap langkah adalah pergerakan dalam satu arah.

Berikut ini adalah siklus dari mesin 4 langkah sepeda motor:

Langkah Hisap

Ini gerakan pertama piston. Ini gerakan kebawah dari piston yang menciptakan kevakuman di ruang silinder. Kecakuman ini kemudian menyedot udara dan bahan bakar masuk dan tercampur diruang bakar melalui klep hisap yang terbuka.

Langkah Kompresi

Selama langkah kedua ini, semua klep dalam kondisi tertutup. Ini yang menyebabkan piston dapat dengan tenaganya yang penuh menekan full untuk mengkompres campuran udara dan bahan bakar yang baru masuk tadi. Dengan tekanan dikompres oleh daya dorong piston tadi, maka campuran antara bahan bakar dan udara lebih kuat sekaligus menambah daya dorong ketika diledakkan didalam ruang bakar.

Langkah Bertenaga

Hanya sesaat sebelum piston mencapai top dead center(TDC), campuran bahan bakar dan udara tadi dibakar oleh api dari busi. Langkah ketiga, kekuatan langkah dari ledakan diruang bakar itu kemudian mendorong piston untuk turun kebawah dari TDC. Gerakan bertenaga ini kemudian dirubah menjadi gerakan rotasi oleh crankshaft/kruk-as.

 Langkah ke Pembuangan Knalpot

Langkah terakhir adalah langkah ke arah pembuangan. Selama proses gerakan piston keatas in, klep buang terbuka lebar. Piston menekan keluar semua sisa gas pembakaran tadi dari ledakan sebelumnya diruang bakar. Setelahnya siklus pertama telah selesai kemudian dapat berputar seterusnya seperti siklus pertama tadi selama ada percikan api dari busi. -bikeart-

2 thoughts on “Siklus Mesin 4 Langkah”

  1. Wonderful blog! I found it while searching on Yahoo News. Do you have any tips on how
    to get listed in Yahoo News? I’ve been trying for a while but I never seem to get there!
    Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s