Jadi Biker Kebutuhan apa Pilihan..

Dan Mengapa Memilih Motor Ketimbang Mobil?

Jadi, apa yang membuat seseorang memilih motor sebagai tunggangannya ?

Pertama-tama, mari kita lihat pada perbedaan secara umumnya, mobil. Dalam pikiran saya, banyak orang belajar untuk mengendarai karena suatu keharusan. Mengapa keharusan, ya karena sarana umum yang disediakan pemerintah terkadang memang terkadang dirasakan kurang jadi untuk alasan keamanan jelas mobil pilihannya dan harus. Disamping resikonya lebih sedikit dibanding motor mobil juga sarana alat transportasi yang cukup lengkap dan lebih elagan.

Jaman dulu kita-kira 30 tahun yang lalu tentu tidak semacet sekarang ini, khususnya dikota-kota besar seperti Jakarta. Mengendarai mobil untuk menjalankan aktifitas sehari-haripun sangatlah cocok. Disamping dulu tidak macet, harga bahan bakarpun tidak sekejam sekarang ini.

Anda melihat banyak orang membeli mobil karena mereka sangat memerlukannya. Tetapi kalau dilihat dari satu sisi praktisnya, motor merupakan sarana paling efektif disaat terjadi kemacetan dalam kota. Kekurangannya hanya, motor tidak dapat masuk jalur tol seperti di negara tetangga kita Malaysia.

Ada beberapa hal yang tidak bisa dilakukan oleh motor untuk transportasi, seperti membawa keluarga dalam jumlah banyak, membawa barang yang berlebihan (walaupun di Indonesia banyak juga motor membawa beban overload). Selain itu untuk standart keamanannya, sebenarnya untuk pengendara motor dalam berpergian sebaiknya menggunakan perlengkapan standart pelindung yang aman seperti bodi protector, sepatu boot, pelindung siku-siku badan dan helm fullface yang terpercaya, tetapi apakah tidak repot menggunakan semua perlengkapan itu hanya untuk pergi kekantor? “sepertinya bukan hal yang mudah untuk dilakukan” oleh karena itu mungkin sebagian orang yang sadar akan keselamatan lebih memilih tidak naik motor jika tanpa pelindung….sehingga mereka kebanyakan memilih mobil sebagai kendaraan sehari-hari, dan motor sebagai kendaraan turingnya disaat libur”, maka dari itu kita sering melihat saat pengendara moge (motor gede) saat berpergian turing sering berpakaian lengkap dengan segala protectornya,…dan ini hanya sering kita jumpai pada pengendara moge sportbike,…kenapa? Karena para bikers ini lebih mementingkan keselamatannya ketimbang mengikuti gaya..

Adanya Kebebasan

Banyak pengendara mobil kurang memahami ini, terpaan angin segar menghampiri bikers saat melaju di jalan raya sangat membuat hati terasa feel free, selain itu juga respon tarikan motor, manuver dari pengendarannya terhadap motor membuat pengendara/ bikers merasa sangat menikmati moment itu, “mereka berujar terasa kebebasan sesungguhnya,”

Kecepatan

Mengendarai mobil dalam kecepatan rendah kurang nyaman dan kurang gesit, menurut beberapa rider. Seolah sesuatu mudah untuk dicapai bila menggunakan motor, misalnya untuk hadir dalam jam-jam yang telah ditentukan, contoh : untuk tepat waktu sampai kantor, atau tepat waktu sampai dirumah pacar.

Tapi bukan itu saja, untuk mobil juga bisa menempuh kecepatan tinggi bila mobil yang kita kendarai berjenis sedan kencang misalnya atau sport car, saat kita gunakan dijalan tol. Tapi tetap saja saat-saat tertentu terkena imbas dari kota besar yang penuh sesak dengan kemacetannya.

Adrenalin

Hal ini sangat berpengaruh kepada bikers yang sangat senang dengan yang namannya kecepatan. Karena adrenalin ini dapat timbul saat seseorang melakukan aksi beraninya secara spontan, dan adrenalin ini selalu dikaitkan dengan kecepatan ,…karena adrenalin selalu hadir disaat kita terpacu untuk memacu kecepatan,…terasa seperti aliran darah di belakang punggung mengalir dengan cepat menuju otak,…ini bisa dilakukan saat mengebut. Dan kebutuhan untuk mengebut tidak selalu dengan kendaraan mobil yang harganya tentu saja lebih mahal dari motor. Oleh karena itu motorlah yang menjadi pilihan para bikers. Selain lebih murah dan praktis, juga sangat mudah dikendarai dengan cepat dimana saja…walaupun hanya perlu jalan kecil sempit dan pendek,…serasa jadi pembalap juga dengan aksi nikung ..walaupun itu kita lakukan diareal parkir seperti di dalam komplek perparkiran mall,.

 Komunitas dan Club

Persaudaraan dan rasa persatuan biker/ pengendara motor itu terasa sekali, dan hal ini sering kita lihat dimana-mana, mungkin ini yang juga menjadi penyebab banyak orang diIndonesia sekarang memilih motor sebagai kendaraan sehari-harinya. Disamping untuk efektifitas, dengan harga yang terjangkau, ngobrol diantara sesama bikers pun bisa akan sangat kompleks,…karena obrolan-obrolan topiknya pun beragam dengan semaraknya onderdil atau variasi yang ada dimana-mana. Baik pembicaraan santai saat istirahat dikantor ataupun selepas jam kantor.

Sebenarnya tidak semua bikers juga yang selalu ngebut dan menempelkan lututnya diaspal, tetapi mereka memilih motor sebagai cara hidup dan semangat yang ada didalam dirinya yaitu semangat kebersamaan dan semnagat untuk hidup dalam kesedarhanaan. Tidak semuanya orang yang menjadi pengendara motor sejati. Namun sarana transportasi ya tetaplah sarana, yang membedakannya hanyalah hati nurani yang menjalankan sarana tersebut,..seperti apakah anda sebagai pengguna jalan raya,….apakah anda seorang biker sejati?-bikeart-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s