Sirkuit Supermoto Mini Jakarta

Tak ada istilah bercanda ataupun main-main dalam race motor mini ini. Semua pesertanya bertarung serius mempertaruhkan nama bengkel atau nama pribadi dengan skill lumayan, sebagian dari pesertanyapun ada yang telah senior dalam grass track antar kampung, namun banyak juga yang amatir. Memang event yang diadakan oleh PPMGP (Perhimpunan Pengemar Motor Grass Track Pondok Kelapa) ini berskala kecil hanya antar kampung, tapi banyak memberi manfaat banyak bagi para pengemar motor grass track, kalangan hobi, dan orang-orang sekitar sirkuit untuk menyaksikannya. Selain itu juga menurut More ketua penyelenggara, mengatakan bahwa misi utama secara umum untuk mencari bibit-bibit muda crosser daerah, lebih memasyarakatkan balap grass track dan secara khususnya bertujuan untuk mengalihkan adrenalin balap liar jalanan ke arena balap tanah yang tidak membahayakan orang lain.

Berbagai kelas dilombakan mulai dari kelas balap anak-anak dengan motor mini, kelas bebek 2tak100cc, kelas bebek 4tak100cc, hingga kelas 135 dan 150cc modif. Tapi yang menarik lagi dari keseluruhan kelas yaitu kelas mini supermoto dewasa, dimana pesertanya harus sudah berumur minimal 17 tahun. Dengan menempuh sekitar 8 lap mengelilinggi sirkuit sepanjang kurang lebih 800m, banyak atraksi yang sangat menyedot perhatian penonton disisi sirkuit. Dengan rata-rata motor produksi cina yang bercc 50an sanggup membawa penggendarannya untuk menaklukkan jumpingan-jumpingan yang beragam, rupanya atraksi tersebut membuat antusiasme penonton menjadi-jadi. Para pembalapnya ada yang sudah diatas 30an dengan beragam background pekerjaan. Balapan kali ini rupanya merupakan ajang melepas kepusingan lelah dalam bekerja sehari-hari. Dari dukungan full keluarga yang terkadang ikut memeriahkan race ini, juga dari teman-teman se-RT bahkan Rwnya. Cukup seru rupanya, kadang sulit dibayangkan tenaga motor berkapasitas 50cc tersebut sanggup membawa pembalapnya untuk menerjang dan melompati table top\jumpingan-jumpingan tersebut. Ragam cara dan gaya dilakukan untuk mengantisipasi kejaran lawan, namun karena memakai motor bertenaga kecil maka aksi susul menyusul diiringi gelak tawa penontonpun menambah seru jalannya lomba. Saya melihat banyak pembalap yang memaksakan gas dan reaksi tangan kiri menekan kopling memaksakan mesin untuk berputar lebih cepat dengan aksi setengah kopling, kelihatannya tidak terlalu berpengaruh. Dengan putaran mesin yang tinggi dibarenggi motor melaju dengan cepat motor kecil itupun dapat melakukan atraksi melompat jumpingan demi jumpingan. Cece Pradita dari Tim MX Speed Tank keluar sebagai juara dikelas MiniSupermoto Dewasa, ia telah lama turun dikejuaraan grass track sekitar 4 tahun. Pemuda kelas 3 SMA yang berpenampilan kalem ini cukup mahir dan memiliki fisik yang prima karena dalam event ini ia berhasil menyabet banyak piala.

Seri grass track di bilangan Pondok Kelapa ini merupakan event yang berseri yang telah diadakan sejak tahun 2004 di sirkuit Tipar berlokasi di Pondok Kelapa Jakarta Timur. Peserta yang mengikutinya dari wilayah seputar Jakarta Timur antara lain Kranji, Bekasi dan Pondok Gede. Dengan memanfaatkan lahan di sekitar perumahan BillyMoon, More selaku ketua penyelenggara merasa senang bisa menggelar event ini dan berencana akan meneruskan bibit-bibit pembalap ke event nasional dengan mewadahinya dalam PPMGP dan menyediakan tempat berlatih di sirkuit tersebut pada hari biasa dengan pelatih dan motor-motor SE. -bikeart- Lokasi – Sirkuit Bilimoon Pondok Kelapa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s