Berbagai Bentuk Knalpot Racing

Dengan banyaknya pilihan knalpot racing mulai pipa hingga silencer beragam bentuk dan ragam variasi pemanis dari masing-masing produsen, semua pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Biasanya merk2 terkenal buatan luar ini diaplikasi pemilik motor-motor menengah atas atau mereka yang menggunakan moge, buat kita-kita yang dengan budjet pas-pasan…tenang saja, coba tiru bentuk2 yang disuka lalu pergilah dengan kreatif ke tukas las pembuat knalpot..syukur2 mereka mengiyakan keinginan anda. Begitupun dengan saya, terkadang knalpot yang ada dipasaran kurang memuaskan hati dan performa dari motor saya sendiri, sering saya mencoba membuat knalpot custom dengan bentuk dan ukuran sesuai keiginan sendiri, banyak yg gagal namun ada yg berhasil juga. Belum tentu knalpot buatan produsen besar dengan merk ternama menang buktinya banyak dan pernah bikeart buktikan. Terkadang para produsen ini sengaja membuat tampilan knalpot sekeren mungkin tanpa mempertimbangkan perhitungan cocok atau tidaknya dengan mesin. Untuk sementara simak dulu knalpot-knalpot keren dibawah ini.

4 thoughts on “Berbagai Bentuk Knalpot Racing”

  1. salam kenal bikeart
    mau tanya bagai mana cara bikin knalpot sesuai mesin 2tak,
    apa yg di maksud dg turbulan di knalpot 2tak,dr mana terjadinya dan bgimana terjadinya
    tolong dong alamat custome knalpot seantero

    terima kasih

    1. ya salam kenal juga mudahnya….bentuk leher mengikuti tekukan pada pipa awal kluar dari mesin ..nah ditengah bagian tabung bisa lebih besar namun tetap memperhatikan juga volumenya…tidak melebihi jauh dari volume tabung standar…caranya masukkan air ketabung knalpot std dari ujung ke ujung….tuang diember…cari persamaan ke knalpot racing buatannya…itu cara simplenya…kalau mendekati itu baru siip…ini rahasia dari saya ….perhatikan ukuran pipa awal…bikin mirip dgn std itu justru mantab atas bawah…silahkan mencoba….,terjadi turbulensi didalam knalpot, khususnya ditabung…. arah arus udara mengalir keluar dari dapur pembakaran berputar dan tabrakan dengan arus udara yg sudah ada pada bagian knalpot yg dihasilkan dari pembakaran sebelumnya…nah disitulah terjadilah turbulensi…..seperti turbulensi pada udara cepat yg melalui bidang tanah datar dan berbenturan dgn arus udara yg muncul dari arah arus yg berbeda..misal ketika arus udara melewati pepohonan…
      salam bikeart

      1. Txs om infonya yg sebelum nya
        mau tanya lagi ni
        Om mau tanya apa yg di maksud dgn
        1 Crankshaft speed RPM
        2 Exhaust port width,mm
        3 Exhaust port Height,mm
        4 Exhaust open period,deg
        5 Transfer open period,deg
        6 Engine Capacity,cc
        7 Power developed,kw
        8 Horn coeffcient,kh
        dari urutan paling atas
        1 speed RPM ini yang di maksud pd rpm bawah,tengah atau atas
        2 lebar exhaust ini untuk bagian dalam atau luar
        3 tinggi exhaust ini u luar atau dalam
        4 ext open period maksudnya awal buka,1/2 buka atau bukaan full
        5 transf open period maksudnya awal buka,1/2 buka atau bukaan full
        6 power developed maksudnya dan tujuan apa serta baiknya bagaimana n nilainya yg baik kecil apa besar
        7 Horn coeffcient maksudnya dan tujuan apa n nilainya yg baik kecil apa besar
        sekali lagi terima kasih maaf merepotkan

      2. wah aneh ni…mungkin yg dimaksud rpm kruk as ya bisa tuk torsi rpm bawah tengah juga atas…tinggal pilih yg mana, ini dari manual book korekan bule ya?
        bagian dalam port pastinya, tinggi juga bagian dalam semua, waktu buka awal tengah dan full baik tuk 2 tak atau 4 tak…maksudnya periode tma titik mati atas, tmb titik mati bawah dsb….dan periode pembakaran posisi piston ada disebelah mana untuk menentukan timing dari pasnya lubang2 port tsb. kapasitas engine ya cc, power developed maksudnya tenaga itu bisa maksimal dimulai dari proses pembentukan tenaga yg sangat kompleks itungannya dan urutannya..tentu nilainya hrs disesuaikan setiap item sehingga hasil totalnya baik…tidak semua hrs di angka yg tinggi..

        horn ini saya tdk mengerti ….setau saya horn itu klakson…nah apa maksudnya itu..

        ok sama2 salam metal\M/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s