Prosedur Singkat Keamanan Bermotor

Cek and Recheck lebih baik…

Mungkin mengenai hal keselamatan berkendara hanya dianggap sebagai hal yang mudah dan sudah banyak dimengerti lalu dianggap tidak penting. Tapi saat kejadian menimpa kita…hhmm bakal tak terlupakan seumur hidup bahkan terkadang menjadi pengalaman berharga yang berujung penyesalan tak berkesudahan. Nah hal inilah yang akan Bikeart ulas singkat sebagai pedoman agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan.

1. Cek Kondisi motor kita, seperti apa pengecekan ini: cek kondisi sistem pengereman baik rem depan atau belakang, cek throttle control/ sistem putaran gas ditangan( diputar berat atau tidak atau justru longgar), cek rantai motor..ini sepele tapi salah-salah anda akan terjunggal didepan bis yg melaju cepat” bahaya bro”, cek kondisi tekanan ban..dan liat situasi saat itu/ apakah anda akan boncengan atau serta musim penghujan kah/ musim keringkah…tekanan pada ban berdampak pada daya cengkram anda bermotor dan jangan anggap sepele hal ini, cek apa ada hal lain yang kurang dimotor seperti tidak ada spion, surat2 kendaraan, plat nomer dll. ini berlaku bukan hanya saat motor sehari-hari milik kita tetapi juga berlaku saat meminjam motor orang lain….

Sekelas Rossi aja ngecek motor sebelumnya…

2. Cek kondisi perlengkapan bermotor, seperti helm yang akan kita gunakan apakah memiliki tali pengikat didagu agar ketika halangan menimpa misal saat terjatuh helm tersebut tidak melarikan diri…kwkwkwk jangan sampai muka menyentuh aspal…serta pakailah helm full face daripada jontor, bagaimana jaket yang hendak anda gunakan apakah cukup tebal untuk melindunggi dari benturan, cek juga sarung tangan …perlukan memakai yg full menutupi tangan.oow ini justru aman walau susah mengambil uang receh dari dompet, cek juga penutup kaki..jangan pernah menggunakan sandal/srandal…jangan contoh pembalap liar….skali jatuh dan terkena kulit sekitar area depan pangkal mata kaki 1 minggu atau lebih anda kesulitan bergerak…

3. Cek kondisi tubuh kita, meliputi perasaan baik rasa cemas, buru-buru, dan perasaan lain, sebaiknya tenangkan diri dulu sebelum berkendara dan pikirkan bahwa dijalan raya itu kita harus tetap waspada dan waspada terhadap semuanya…dan jangan alihkan perhatian tatapan mata kita lebih dari 3 detik untuk melihat hal lain dipinggir jalan seperti bila ada gadis cantik, atau hal lainnya..tetap fokus terhadap arah jalan motor kita.

Ok kiranya sedikit tambahan tips dari Bikeart dapat menjadi pengingat kita agar selalu aman berkendara dengan motor kita….amin”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s