YVCI & RDC Defensive Riding Training Program

30 Juni 2012, Jakarta

Yamaha Vixion Club Indonesia bekerjasama dgn Real Driving Centre mengadakan acara defensive riding training program, yakni program pengenalan pencegahan kecelakaan bermotor. Hadir sebagai senior trainer Mr. Byron Black yg juga merupakan salah satu crew senior Bikeart, memberikan materi prosedur keselamatan berkendara yang baik dan benar. Acara menarik ini disertai dengan buku panduan tertulis yang diberikan kepada semua peserta. Acara ini pertama kali diselenggarakan oleh YVCI yang diketuai oleh Bpk Anca selaku ketua acara dan dibantu oleh Bpk Marcell dari RDP.

 Materi antara lain:

Pelatihan ini dirancang untuk memantapkan keterampilan yang telah diperoleh sebelumnya dan mengembangkan pengetahuan penunjang
tambahan yang menyangkut cara berkendara dengan aman dalam kondisi dan tindakan
apapun.

 

Menurut Anca penyelenggaraan ini diadakan selain untuk menambah pengetahuan berkendara diklubnya juga agar nantinya informasi baik seperti ini dapat menyebar luar dimasyarakat sehingga keamanan berkendara sudah lebih baik dipahami dimasyarakat kita khususnya para pengguna roda dua. Walau pertama kali tapi antusias peserta lumayan beragam bahkan hadir pula rider wanita seperti Citra dari Cikarang turut serta dalam simulasi melalui halang rintangan skaligus mendapat penilaian dari tim RDC. Citra mengatakan ” ini juga hal pertama saya lakukan dan sangat menambah ilmu saya dalam berkendara, karena pencegahan sebelum terjadinya kecelakaan paling tidak dapat kita antisipasi dengan lebih aware terhadap lingkungan dijalan juga kepada kendaraan saya dalam hal ini motor saya, terima kasih juga buat undangan dari YVCI”.

 

  Anca Ketua Penyelenggara

 

Salah satu peserta mengikuti uji halang rintang, bermanfaat untuk pengenalan pengendalian sepeda motornya dalam menjaga keseimbangan ketika melewati halangan yang memerlukan perpindahan bobot pengendara agar motor dapat tetap jalan dengan stabil, pada sesi ini RDC juga memberikan panduan singkat tehnik pengereman, tehnik bagaimana posisi tangan kanan disaat memutar gas, serta posisi siku pengendara yang baik. Uraian lengkapnya akan kami jelaskan diarticle selanjutnya.

 Perlengkapan untuk pengaman berkendara motor juga dibahas, mulai helm, jaket pelindung yang berprotektor, sarung tangan serta sepatu dan pelindung siku2 lengan dan dengkul kaki pengendara. Walau terlihat ribet digunakan tapi sesungguhnya sangat aman saat kejadian tak dikira terjadi, pelindung2 tersebut paling tidak melindunggi pengendara dari resiko yang lebih fatal.

Helm bagian ini terpenting karena melindunggi kepala pengendara dari guncangan akibat benturan saat terjatuh, kepala manusia itu seperti vital karena otak merupakan semua pengatur kerja perangkat organ tubuh manusia, dan otak berisi sel2 yang rentan terhadap benturan keras, oleh karenanya peranan perlunya pemberitahuan kesadaran penggunaan helm yang benar dibahas detail disesi training bermotor kali ini.

Jaket juga merupakan bagian penting tuk melindunggi badan luka2 akibat tergores ketika terjatuh, disamping itu juga melindunggi dari hawa langsung menerpa badan. Bila jaket dilindunggi oleh protektor itu lebih baik karena ujung2 siku lengan akan terhindar dari resiko bahaya yang lebih dari aksi keras jatuh yang bisa menyebabkan patah.

 Sarung tangan, merupakan pelengkap pelindung biker mencegah terluka kena goresan aspal ketika jatuh, dengan menggunakannya bila mtr setelah jatuh tidak rusak berat dan juga ketika tangan kita tidak terluka gores maka kemungkinan melanjutkan perjalanan lebih besar dibanding dengan kondisi telapak tangan yang terluka dan pasti kesulitan untuk memegang stang kemudi.

Sepatu bermotor, juga perlu diperhatikan sebaiknya yang tinggi menutupi mata kaki dan lebih keras diujung agar terhindar dari patah, luka gores serta sebagai penopang kaki saat perjalanan jauh yg melelahkan, coba bedakan ketika kita berkendara jauh dgn sepatu yg lemes, terkadang tenaga untuk mencongkel gigi pada motor berkopling terasa susah karena kaki telah terlebih dulu kelelahan berbeda bila dgn spatu boot, maka kendala itu  dapat teratasi.

 Beberapa perlengkapan ini memang merepotkan dan jadi bahan perbincangan dijalan oleh pengendara lain, tapi ingat setelah kejadian kecelakaan terjadi dan anda masih bisa sadar,…anda pasti akan teringat perlunya pra prosedur defensive akan berkendara yang baik.

(Bikeart Say Keep Safety and Brotherhood biker Don’t be arogan…..street belong to all…../ Reported and Photo by Dhani majalahbikeart 2012  )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s