Which style for you that u feel best and safety for cornering?

IMG_1236_resize Petrus ” Tobun”

Ada beberapa faktor penunjang menjaga kestabilan motor saat aksi rebah ditikungan dilakukan, baik dengan atau tanpa pergeseran gerak badan pembalapnya untuk tetap menjaga sudut kemiringan motor. Hal ini terjadi karena ada efek kestabilan yang timbul dari menambah kecepatan laju motor saat ada tekanan gaya inersia dari motor untuk menekan bobot motor kearah depan namun motor sesungguhnya diarahkan kearah samping, baik ke nikung ke kanan atau kekiri.

_MG_0633_resize_resize

Hard breaking and cornering…that’s just simple as seen but, isn’t it ? this is high skill technic by profesional racer…can we practice and do it ?

This racer from  underbone seeded class has prove it on race day on 2004 at kemayoran road race championship. This action really amazing

_MG_0692_resize Rafid Topan “The Topan 2013”

IMG_1245_resize Cagiva Planet

IMG_1250_resize Ninja 150 RR

11 thoughts on “Which style for you that u feel best and safety for cornering?”

  1. Kalo Saya sih tergantung wheelbase motor n radius dan besar kecil tikungannya juga.

    Biasa sehari2 naik Tiger yang boleh dibilang untuk motor seukurannya wheelbase lumayan panjang, juga jarak antara jok n stang lumayan jauh.
    Ketemu tikungan lebar enaknya lean body + 1 pantat keluar dari jok, nah tikungan sempit paling cuma buka kaki aja🙂

    Misal lagi bawa bebek susah mau lean body, badan atau helm keburu mentok stang duluan. Ya jarang sih geser pantat juga, mungkin karena efek wheelbase yang pendek jadi motor gak perlu terlalu rebah😀

    Tapi sih intinya semua tergantung kenyamanan masing2 rider aja, gak mesti harus begini atau harus begitu.

    1. thx atas komentnya bro,..benar semua tergantung selera kita yang penting aman saat aksi menikung terutama pada kecepatan tinggi..dulu saya pemakai tiger juga,..kalau dibelokkan rebah terasa Si Tiger 2000 pengennya stabil tetap lurus mungkin efek blok mesinnya tinggi hingga mendekati tanki bahan bakar..tapi saya rasa itu justru kelebihannya jadi setiap direbahkan Si Tiger justru ngajak balik keposisi semula…tidak dengan Thunder 250 yg nurut klo ditiban posisi rebahan..

      1. Rada ngelawan gitu ya? Maka itu Saya cenderung lean body buat bantu narik motor, beda sama motor lain yang nurut aja diajak rebah.

        Btw profil ban pengaruh juga kayanya. Sekarang pake FDR MP57 90/80 depan n FDR Blaze 110/70 belakang lumayan gampang diajak rebah, dibanding sebelumnya pake Flemmo 90/80 n Road Winner 120/70. Gak tau kenapa, tapi yang Saya rasa sih gitu😀

        FYI Velg depan 2.15 17 n belakang 2.50 17🙂

      2. kalo motor saya sih selama ini nurut om,, cuma kalo pas tikungan S agak kecil juga harus agak ditarik dikit,, profile ban pastinya berpengaruh om,, soalnya yg kena aspal kan ban langsung… jadi semakin banyak kontak area antara ban sama aspal semaking ngegigit ban nya dan kayanya nempel aja tu motor ama kita…buat saya selama masi aman… gass poll ahahahay

  2. memang rada ngelawan klo Tiger posisi standart yg waktu itu Tiger thn 94 biru, masih pake velg standart jari mungkin ukuran 215 velg depan 300 blakang klo ga salah begitu juga ban masih standart IRC. tapi memang keren juga klo diajak rebahan dia ngelawan terus… bener bro dgn posisi lean body istilah seperti dipilihan game PS ya heheheheh…jadi mirip monyet gelantungan distang itu sah dan juga aman.. karena juga tikungan dijalan raya bukan seperti ditrek balap macam sentul yang ga bisa mo belok kanan kita ambil dari sudut kiri tikungan lalu tiban ke arah sudut luar kanan tikungan….so Mas Haryudh4 sudah berpengalaman juga sepertinya hehehehe….dulu waktu saya balap dgn Yamaha RXking walau dgn ban battlax 45 bintang hhmm…gaya gelantungan ini yang saya suka karena footstep king posisinya mudah mentok aspal kalau rebahan, termasuk sewaktu bawa RXZ juga karena waktu itu selalu memakai ban standart IRC lama hingga IRC kotak seperti yg masih dipakai diScorpio skrg hanya ukuran hanya 80/90-18..pokoknya menikung itu melepaskan bosan jalan lurus ketika kita turing tapi yg penting harus paham dan aware terhadap sekeliling…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s