Test Ride Yamaha R6 on Street

IMG_2276d

Langsung terbersit gambaran motor Valentino Rossi begitu menggingat Yamaha Biru Fiat ini, ya Rossi sahabat sekaligus Dewa MotoGP yang dulu pernah juara di Sirkuit Sentul pada Tahun 1997 dikelas Gp 125cc, sudah sejak dulu sepak terjang jagoan kita ini benar-benar mengagumkan serta selalu menampilkan performanya yang maksimal , singkat cerita dewa setelah Michael Doohan ya generasi sekarang hanya The Doctor. Back to this crazy bike Yamaha R6

Motor buatan Yamaha Japan ini memang benar-benar trendsetter bagi semua motor hingga sekarang ini paling tidak hingga akhir tahun 2012. Karena generasi awal Yamaha R1 kakak kandung si R6 ini yang menyebabkan semua pabrikan motor dunia terutama Japan style mengekor/mengikuti gaya buntut lancip keluarga R1/R6 ini termasuk sayap kanan kirinya yang hingga sekarang sampai Honda CBR 150-250 serta Kawasaki Ninja 250 terbaru menyerupai sayap asal R6, coba tengok saja Honda CBR, Kawasaki ZX moge.

IMG_7743

Benar-benar luar biasa memang R6 yang identik juga Yamaha = Rossi, memang idola saya yang satu itu melegenda semoga 2013 masih membawa keberuntungan baginya.

IMG_444f5

Perpindahan gigi yang rapat, bentuk serta lekukan body yang melegenda motor ini memang istilahnya Must Buy Motorcycle. Di Indonesia berkisar 250jt untuk R6 warna polos dan 300jt untuk yang replica seperti yang saya coba ini. Apa istimewa dari motor Yamaha R6 ini? seperti motor-motor kelas 600 lainnya, mungkin perbedaan mencolok ada pada bentuk, handling, tenaga bawah-tengah- atas dan beberapa rasa terutama ketika kita duduk dijok dengan posisi nunduk atau biasa. Yang jelas RPM di gigi 4 pernah saya coba hingga 16000, dipegang gripnya dengan tegang dan nunduk masih terasa seperti badan ditarik kebelakang oleh HULK.

sa

Pada saat pengetesan dilampu merah ada yang bertanya apakah ini motor Yamaha Vixion modif Pak? mungkin karena bentuknya seperti fairing-fairing fiber variasi orang itu menanyakan saya, lalu kemudian saya jawab benar Pak ini Vixion modif….namun saat itu memang untuk menguranggi panas mesin dan agar tidak terlalu mencolok dilampu merah maka mesin saya matikan. Temperatur dimesin menunjukkan angka 116 derajat C, sudah bunyi alarm tuit…tuit…..tit…harus cepat berhenti atau tancap gas dikecepatan 90km keatas.

Beruntung lampu merah diperempatan permata hijau jalan panjang lumayan lama. Dengan pede saya menunggu lampu merah dengan santai, selang beberapa lama ada dua tak 150cc berhenti tepat disebelah saya….” dalam hati saya..” wah mtr sport runduk keren juga nih dgn helm Arainya.. Mesin dua tak khasnya mulai ditreng….teng..teng, dan lagi ngeeeennggg wah digas-gas ya seperti ingin mencoba tarikan dgn R6, ok saya tetap santai bersiap lepas start lampu merah itu. Karena saya pikir ga mungkin kalau saya juga ikut2 ngegas dan berakselerasi dahsyat dengan R6 disini. Setelah lampu merah diseberang jalan merah dan jalur saya menjadi hijau..Bruum…saya masuk gigi 1 dan buka gas pelan saya tenggok ke kanan Si Ninja sepertinya di RPM tinggi sambil setengah kopling melepaskan start…saya tentu meladeninya gigi 1 dengan kecepatan sedang masuk ke 2 sambil nunduk lalu pindah ke tiga…pokoknya semua hanya saya tarik dengan biasa ternyata kecepatan baru di 90km/jam, lalu saya intip di spion mtr itu  masih dibelakang jauh, karena akselerasi dan torsi 600 ini memang benar2 besar hingga untuk jarak 100m mungkin hanya 3 detik. Walau ini bukan komparasi akurat namun memang dengan motor-motor 600 yang bertenaga cepat tentu akselerasi cukup lumayan.

IMG_2300

0

IMG_2267

Bantingan handling kekanan atau kekiri mudah seperti kita menggunakan motor sport kecil kelas 150, hanya saja perlu jarak untuk menikung rapat atau saat kencang badan pengendara perlu direbahkan juga untuk amannya. Ditambah jinjit pada pangkat footstep, ini dilakukan bukan sekedar gaya tapi karena motor sport 600 ini memiliki pijakan cukup tinggi dan lebih terasa stabil bila menikung kaki kita jinjit.(Dhani Bikeart 2013)

6 thoughts on “Test Ride Yamaha R6 on Street”

Leave a Reply

