Balap Vespa Indonesia

IMG_9390_resize

Rame seru dan menghibur, berbagai action yang mendebarkan menegangkan layaknya kita nonton balap MotoGP sesungguhnya pasalnya karena pasti kita saat nonton balap vespa ini punya jagoan yang dijagokan, dan biasanya para jagoan balap vespa ini tampil dengan warna motor dan perlengkapan standart yang sederhana….low profile istilahnya. Banyak pembalap yang sudah makan asam garam dunia roadracepun turut serta dalam balap ini, seperti Arif Budiono, Mohammad Fadli yg tahun lalu memakai motor supersport juara nasional 600cc juga berasal dari balap kelas vespa ini.

Tenaga 2 tak ini tidak bisa dianggap main-main, kapasitas 150cc dengan sistem oli campur layaknya motor GP jadul dan tenaga liar power khas 2 tak memang merupakan tahap belajar pembalap-pembalap sekaliber M. Fadli. Sehingga skill keahlian pun terasah dari mulai pengguasaan mesin 2 tak hingga posisi menjinakkan motor yang sangat berbeda perlakuan dengan motor yang menggunakan monoshock pada sistem kemudi roda depan….motor luar biasa, yg lain baru beriklan monoshock di belakang namun motor ini aslinya sejak lahir di tahun 60an bersuspensi monoshock depan belakang.

Ajang balap ini digagas oleh para club-club vespa seindonesia, silahkan simak sejarah serta cikal balap motor vespa ini.(write & photo by danspeedbikeart).

——————————————————————————————————————————————-

ARTICLE VBI( Vespa Balap Indonesia)

Balap Vespa sudah ada sejak jaman dahulu, mulai tahun 50an sudah diselenggarakan di Eropa, merambah ke Inggris sampai akhirnya wabah kecintaan terhadap Vespa balap menular sampai ke tanah air Indonesia di era tahun 60an.

Ketika itu, balap Vespa sifatnya masih semacam balap internal para penggemar Vespa dan diselenggarakan oleh para pencinta kecepatan, dan balap Vespa pertama kali digelar di Bandung

Balap Vespa sendiri, ketika itu, tidak pernah menjadi balap utama, dan hanya menjadi pengisi acara, atau selingan (supporting race) dimana hal itu berlangsung terus sampai era tahun 2011.

IMG_9216_resize

Sejarah berdirinya Vespa Balap Indonesia

Berawal dari kenginginan untuk memajukan olah raga balap Vespa di Indonesia, maka beberapa pecinta kecepatan dari Jabotabek dan Jawa Barat sepakat untuk mengadakan semacam pertemuan guna merumuskan peraturan balap untuk kemudian diterapkan di balap Vespa di Indonesia.

Para pecinta Vespa balap, kemudian melakukan pertemuan di Cisarua, pada tanggal 29 November 2012. Dengan tujuan, selain mempererat tali silaturahmi antara sesame penggemar balap Vespa, di Jabotabek, Banten dan Jawa Barat, kemudian dilanjutkan dengan saling tukar pikiran, tentang regulasi yang paling sesuai dan adil untuk semua pihak.
Setelah draft regulasi balap versi VBI disepakati, kemudian dilanjutkan dengan uji coba regulasi tersebut, dikemas dalam acara “Arisan Suka Suka”, dan diselenggarakan pada bulan desember 2011. Pihak penyelenggara sendiri tidak menyangka begitu banyak animo masyarakat umum dan para penggila kecepatan di Vespa. Gelar acara “Arisan Suka Suka” tersebut diikuti lebih dari 150 starter, yang merupakan rekor tersendiri untuk suatu gelar balap Vespa yang diselenggarakan hanya dengan bermodalkan semangat kebersamaan sesama penggemar Vespa.
Besarnya animo masyarakat, menambah semangat panitia untuk melakukan gelar balap vespa yang lebih bergengsi lagi.

Dengan penggabungan beberapa bengkel dan team balap (Sito Racing, Ayo ST 234, Setia Scooter Speed, Arayata Racing, RAMS) ternyata berhasil menggelar balap Vespa untuk pertama kalinya, yang diselenggarakan pada tanggal bulan …………….. 2012, yang merupakan balap khusus Vespa yang terdiri dari lima kelas utama (Standart Pemula, Tune Up Pemula, Standart Open, Tune Up Open dan FFA) ditambah beberapa kelas pendukung (supporting race) seperti kelas PTS, kelas Piaggio Matic, kelas Lambretta dan kelas Motor Tua.
Yang paling menggembirakan adalah animo peserta yang makin tinggi dimana jumlah starter mencapai lebih dari 200, dan dalam satu kelas bisa dipertandingkan sampai lebih dari 50 starter.

Kesukesasn gelaran pertama tersebut dilanjutkan dengan Event seri ke 2 VBI CUP yang diselenggarakan pada tanggal 28 / 29 April 2012,

berlanjut pada Event seri ke 3 VBI CUP yang diselenggarakan pada tanggal 9 Juli 2012.

Saat ini, VBI telah memiliki anggota yang terdaftar sebagai peserta seri VBI CUP, mencapai lebih dari 200 starter. Mereka berasal dari berbagai kalangan, mulai dari pengusaha, PNS, Bengkel Vespa hingga mereka yang bergerak di bidang industri kreatif.
Kegiatan VBI, yang pada awalnya hanya bersifat penyaluran hobby balap telah berubah wujud, menjadi suatu gelaran balap Vespa paling bergengsi di tanah air.
Dengan rasa kecintaannya terhadap kendaraan pabrikan Italia ini, semua kegiatan itu dikerjakannya dengan penuh rasa bahagia, karena klub ini berawal dari sebuah hobby dan sarana silaturahmi.

Sifat keanggotaan komunitas VBI sendiri, bersifat terbuka, bukan merupakan sesuatu yang sifatnya eksclusif bagi segelintir orang, tetapi lebih kepada sarana bagi seluruh penggemar Vespa sekaligus penggemar kecepatan.

http://vespabalapindonesia.net/in

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s