Komunitas Kita

3 Big Legend and 1 muscle little bike
3 Big Legend and 1 muscle little bike

Beragam forum motor, beragam club-club atau communitas dunia kita, yakni dunia bikers sangat banyak dan beragam. Bikeart berkesempatan untuk hadir untuk melihat dan melaporkan kegiatan positif mereka untuk para pembaca setia majalahbikeart. Liputan dikumpulkan pada beberapa kesempatan dan waktu yang berbeda dan akan terus secara kontinue mencoba untuk mencari kegiatan yang menarik dan berharga untuk diulas.

Komunitas Fun Race Motor di Kaskus beberapa saat yang lalu mengadakan acara Fun Race sebagai ajang saling kenal dan berlatih diSirkuit Sentul. Mereka terdiri dari berbagai jenis motor-motor seperti Vixion, Ninja 150, TZM 150, Megelli 150-250, Skywave 125, NSR 150, walau semua motor sangat berbeda-beda kapasitas dan bentuk sport dan matic tapi mereka sangat antusias dalam mengikuti acara ini. Dari segi positif, kebersamaan dan kekompakan mereka kami acungkan jempol. Walau tidak terlalu ada aturan yang mengikat atau petunjuk brieffing yang sangat ketat namun kegiatan ini sebagai langkah awal untuk menumbuhkan minat dunia balap dan pentingnya safety berkendara yang baik, disamping menyalurkan hasrat gaspol dimotor.

Disirkuit ngebut jelas aman walau belum semua yang menggunakan baju balap dan protektor lengkap, paling tidak kegiatan ini tidak membahayakan pemakai jalan umum seperti jika ngebut dilalu lintas diluar sirkuit.

IMG_1151_resize

Vixion

Motor injection sport dari Yamaha ini juga banyak diminati terlihat mereka sekitar 15 motor yang datang dan ikut mencoba fun race ini, motor yang bisa menembus 140km/jam dijalan raya ini tentu cukup lumayan dipakai disirkuit Sentul. Dari segi pengereman jelas rem disk depan Vixion sangat mumpuni walau dipakai dalam pengereman kondisi extreme saat topspeed. Pabrikan dari Yamaha sangat selalu concern pada sistem pengereman semua motor-motornya, terutama motor keturunan dari Yamaha R6 sang legendaris Supersport itu. Perpindahan gigi dari 1 ke 5 cukup walau tenaga tidak terlalu rapat dibandingkan motor-motor 150cc DOHC, namun dengan settingan ECU yang tepat Vixion sanggup dengan cepat mengapai kecepatan puncak 140km/jam. Suspensi dari Vixion terasa nyaman untuk digunakan rebah dan pada trek lurus disentul, asli dari pabriknya dibuat untuk kondisi semi balap, dengan settingan medium tidak terlalu empuk seperti Honda Megapro jadi menurut saya sangat cocok untuk digunakan balap. Injection yang menjadi keunggulannya sangat baik, tenaga bawah halus namun tetap mau naik dengan cepat ke RPM tertinggi sangat cocok menjadi motor tunggangan diperkotaan, baik keperluan turing maupun latihan balap disirkuit.

Walau Bikeart tidak turun kala itu namun Vixion telah ditest dengan setting maksimal dalam kondisi standart hingga batas limitnya pada kesempatan lain.

IMG_1436_resize

NSR 150 SP & NSR 150RR

Honda NSR 150 generasi ke tiga keluaran Thailand ini memiliki bentuk yang unik pada swingarm yang menganut model Pro-arm seperti motor-motor balap jenis endurance, dan memang dirancang untuk keperluan endurance/balap ketahanan jadi saat ban menipis penggantiannya tanpa melepas as roda belakang dan tak terhalang knalpotnya namun di NSR 150 SP ini knalpot tetap menghalanggi sisi kanan, jadi penampilan racing ala endurance rupanya diincar Pabrikan Honda pada motor jenis ini. Dengan harga barunya dulu sekitar 32jt dan harga bekas yang tak tergolong turun bahkan naik atau bahkan tetap walau jenis SP ini keluaran tahun 2000 di importir umum, tetap saja motor ini idola para 2 stroke lovers karena nuansa pro-arm, Michael Doohan Repsol dan kecantikan bentuk serta mampu mengapai RPM tertinggi dikelas 150cc 2 tak. Topspeed kondisi standart hanya sekitar 180 km/jam dalam pengetesan ori tahun 2001 yang lampau disirkuit sentul, mungkin karena ratio gigi 6 terlalu lemah untuk memutar roda belakang pada posisi gir standart yang lumayan susah menemukan pengantinya di Indonesia. Motor terasa tetap menjerit walau gigi 6 telah digas habis menandakan perlunya menurunkan gir belakang..mungkin sekitar 2 atau 3 mata, mungkin pergantian dapat dilakukan dengan merubah gir depan lebih besar 1 mata didepan, namun waktu pengetesan dulu dealer yang meminjamkan motor tidak memberikan waktu sett lebih. Pengetesan ini bukan baku hanya data fakta tanpa setelan maksimal menurut saya karena waktu yg terbatas.

Tak banyak yang membawa motor jenis ini karena langka tetapi tetap saja beberapa anggota kaskuser datang dengan semangat untuk mengisi waktu fun race saat itu.

WAIT THIS ARCTICLE ..TO BE CONTINUE …..

(photo & write by danspeed bikeart)

4 thoughts on “Komunitas Kita”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s