Tipe Kompon Ban Motor

IMG_0539_resize

Salah satu komponen untuk mempercantik kuda besi kita adalah ban. Dalam keseharian ini adalah satu dari beberapa hal vital yg harus dikenali dalam tunggangan kita. Perbandingan yg tepat antara lebar dan tinggi, alur serta bahan ban sangat berpengaruh dalam memprindah tampilan dan menjaga keselamatan.
Banyak bikers ingin terlihat sporty dengan memperlebar tapak ban atau memilih ban bertype sport untuk motor kesayangan mereka. Dan tidak jarang mereka memilih merk2 tertentu dengan harga selangit hanya untuk mengejar gengsi berkendara.
Terkadang banyak yang salah dalam pemilihan ban sehingga bukan hanya membuat mesin bekerja extra keras tapi keselamatan kita juga dipertarukan.

Beberapa hal yg perlu diperhatikan salah satunya adalah compound atau biasa kita sebut kompon. Ini adalah material dasar dari ban itu sendiri entah dari karet alami atau karet buatan atau sintetis. Kompon sangat berpengaruh karena berhubungan langsung dengan aspal karena itu sering kita dengar soft coumpound atau hard compound dalam perlombaan balap.
Soft compound atau ban berbahan karet lunak ditujukan untuk mencapai grip atau daya cengkram tertinggi jadi artinya semakin lunak bahan ban yang digunakan semakin tinggi daya cengkram yang dihasilkan. Tapi bukan berarti ban ini tanpa kekurangan karena lunak bahan ban ini cepat aus atau terkikis oleh permukaan aspal jadi ban dengan kompon lunak kurang cocok untuk penggunaan harian, selain itu ban ini biasa diperuntukkan untuk kondisi yang panas, semakin panas suhu ban akan semakin tinggi daya cengkeramnya. Untuk balapan sendiri kadang dibutuhkan tyre warmer untuk menaikkan suhu ban, kalau untuk harian sangat susah untuk membuat ini mencapai suhu yg optimal tanpa tyre warmer, jadi terkadang ban ini baru mulai panas saat beberapa saat motor berjalan dikondisi aspal yg juga panas disiang hari.

IMG_0171_resize
Selain tipe soft ada juga yang disebut medium compound ban ini satu tingkat diatas bahan soft sehingga tidak terlalu lunak untuk digunakan jadi daya tahan ban ini diatas bahan bertipe soft tapi masih memiliki daya cengkeram yang bagus.
Yang terakhir adalah tipe hard compound, ini adalah tipe terkeras dari semua ban. Sangat cocok untuk penggunaan jangka panjang karena tidak mudah aus atau terkikis namun untuk daya cengkeram jauh dibanding kedua tipe diatas.
Sometimes karena kurang pengetahuan kita membeli tipe ban yang salah, kadang juga karena gengsi kita membeli ban yang mahal sehingga terkesan kita menghamburkan uang hanya untuk hobi, jadi pilihlah dengan bijak apa kebutuhan anda bukan keinginan anda karena keselamatan anda dan pengguna jalan yang lain tergantung pada pilihan anda yang bijak.
Untuk alur ban dan pengaruh ban lebar atau kecil akan kita lanjutkan pada artikel selanjutnya.
Salam bikeart. (Teddy-bikeart2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s