Petunjuk Penggunaan Knalpot Racing

s tz

Knalpot racing sebagai pelepas gas buang dari motor merupakan salah satu kunci dari bagian dari motor yang dapat diupgrade. Dengan penggantian knalpot ini dari knalpot standart ke knalpot racing biasanya dapat menambah tenaga atau malah sebaliknya menurunkan tenaga.

 Dari pabriknya sendiri pasti sepeda motor berserta knalpot standartnya telah didesign sempurna untuk kegunaannya yang disesuaikan biasanya dengan tipe dan jenis motor. Namun dalam kenyataannya motor yang diperuntukkan untuk kaum hawa pun kini dipakai untuk balap. Sedangkan dari pabrikannya sendiri sebenarnya sepeda motor bebek atau skubek matic ini dirancang untuk keperluan ringan. Sehingga rancangan knalpotnya pun hanya disesuaikan dengan tenaga yang ingin dikeluarkan sebesar untuk keperluan ringan tersebut, misalkan: dipergunakan Inem pergi kepasar, atau ibu mengantar anak-anak ke sekolah (bukan mengantar anak-anak kesekolah balap lalu si anak memakai motor tersebut untuk latihan balap! ). Namun pada kenyataannya justru kaum lelaki yang dominan menggunakan motor jenis bebek dan skubek ini untuk aktifitas harian dikarena motor jenis ini lebih lincah dikendarai dan praktis,juga motor jenis ini digunakan untuk beberapa aktifitas balap. 

Tentunya agar performanya dapat meningkat diharuskan untuk mengganti salah satu bagian dari motor, yaitu pilihan alternatifnya dengan penggantian saluran buang ini atau disebut dengan knalpot. Pilihan yang seperti apakah knalpot yang sesuai untuk meningkatkan performa pacu motor-motor kita?

 Secara dasarnya untuk lebih mudahnya Knalpot Racing ini dipergunakan untuk(jenis pengguna):

1. Pengguna Umum-Kategori Style only-Penggunaan Pergi ke kantor, touring master dan aktifitas rutin sehari-hari (non-racing) hanya agar mendapatkan suara yang lebih empuk dan ngebass dan agar suara dapat terdengar dengan tujuan agar orang lain/pengendara lain lebih hati-hati didekat si pengendara..

2. Pengguna Medium-Kategori Style-Gaya balap-ngebut kalau ada kesempatan-Pengguna Pergi Ke Sekolah, Kampus, Kantor.

3. Pengguna Advance-Kategori Street  illegal Racing-Penggunaan khusus untuk balap liar dengan kondisi motor akan dipakai hanya untuk balap liar.

4. Pengguna Profesional-Kategori Full Racing is legal-Penggunaan khusus untuk balap resmi dengan spek motor full racing/medium racing Mp3 dan MP 5, dengan rider seorang pembalap professional.

Untuk Mendapatkan knalpot sesuai criteria kategori diatas berikut petunjuknya:

  1.  Pengguna Umum-Kategori Style only

 Yang diperlukan disini cukup hanya dengan mengganti silincer/peredam suaranya saja.

Apabila pipa dari leher knalpot hingga silencer bisa dilepas tanpa memotong seperti model motor jenis 4-tak Scorpio, Thunder 250,CBR 150, Minerva, Thunder 125, Shogun 125, Arashi, Honda Supra 125, Satria FU, Nova Sonic. Untuk motor jenis 2-tak seperti NSR,King, Ninja 150, TZM 150, Tiara 125(JR 120), 125Z( bila 2 tak cukup dengan memotong sebagian isi dari silencer yang menempel pada pipa letaknya didalam silencer) namun suara menjadi lebih garing dan keras.

 Notes: Untuk jenis motor 4 tak, pilihlah jenis silencer dengan bentuk yang lebih besar dari knalpot standart namun memiliki lubang yang paling tidak sama dengan besar diameter pipa knalpot yang akan menuju silencer( karena dengan silencer yang berukuran besar suara yang dihasilkan akan sangat meredam dan halus juga menghasilkan suara yang ngebass)

  1. Pengguna Medium-Kategori Style-Gaya balap

Yang diperlukan pada kategori ini diperlukan mengganti system knalpot standartnya dengan full system( system full termasuk dari leher knalpot yang menempel di blok mesin hingga ujung silencer, atau juga hanya mengganti silencernya juga tanpa mengganti pipa knalpot.

 Untuk keperluan dalam kategori ini yang diperlukan mencoba beberapa silencer buatan handmade dengan ukuran yang sebaiknya tidak jauh dari ukuran silencer standartnya baik bentuk juga lubang keluar dari silencer, selain itu setting spuyer yang tepat diperlukan. Contohnya: untuk motor jenis 4-tak proses setting dapat dimulai dengan menaikkan spuyer pilot jet sebanyak 1 step angka kenaikan, misalkan dari angka pilot jet 12,5 menjadi 15 untuk karburator jenis mikuni. Dari 15 menjadi 17,5 dan seterusnya kenaikan sebesar per 2,4 (juga disesuaikan dengan setting bukaan skrup udara di karburator). Untuk jenis motor 2tak selain pilot jet naik satu step, sebaiknya mainjet juga dinaikkan satu step untuk mengatasi kekeringan diputaran atas dari mesin.

  1. Pengguna Advance-Kategori Street  illegal Racing

Yang diperlukan pada kategori ini diperlukan mengganti system knalpot standartnya dengan full system( system full termasuk dari leher knalpot yang menempel di blok mesin hingga ujung silencer). Biasanya para pengguna knalpot ini tidak memperdulikan suara yang dihasilkan, mereka lebih perduli hasil tenaga yang dihasilkan dari penggantian jenis knalpot racing. Untuk memilih knalpot yang tepat bagi kegunaan mereka. Ada baiknya banyak mencoba beragam knalpot racing, namun bukan hanya sekedar merk saja yang berbicara..pada kondisi untuk keperluan balap oleh pengemar adu kebut untuk kelas mesin standart, mesin korekan medium dan korekan full racing memerlukan tipe knalpot yang berbeda. Hal ini yang banyak kurang dipahami oleh para pengguna di kategori Advance ini. Karena tidak sedikit knalpot bermerk yang sebenarnya fungsinya kurang dimengerti oleh pemakainya. (misalnya untuk beberapa knalpot luar ada peringatannya :” Racing use only not for daily use”)ini berarti hanya bisa digunakan untuk mesin full balap dan bukannya mesin yang semi dan juga mesin yang hanya diganti spuyernya saja!

Selain itu terkadang mesin yang telah dibore-up masih memakai knalpot yang

sama dengan cc mesin motor yang telah dibore-up dengan kondisi cc standart sebelum dibore-up (ini hal yang keliru sebaiknya pesan langsung ke pabrik knalpot atau membuat ulang knalpot sesuai cc baru hasil bore-up tadi)

Karena bisa juga petunjuk dari knalpot tidak dipahami oleh pemakainya atau bisa juga karena dari pabriknya Knalpot yang dikeluarkan dipasaran khusus hanya untuk style only, kecuali dipakai oleh tim balap dari pabrik knalpot itu sendiri.

  1. Pengguna Profesional-Kategori Full-Racing is legal

Yang diperlukan pada kategori ini diperlukan mengganti system knalpot standartnya dengan full system jenis “Racing use only”. Untuk knalpot jenis ini yang produk dari luar negeri seperti Yoshimura Jepang, USA dan yang versi Thailand juga mudah ditemukan hanya saja sepertinya Produk dari negara-negara seperti Thailand dikhususkan dan hanya diproduksi untuk motor-motor kelas 150cc tidak untuk motor besar. Sedangkan untuk produk lokal yang berbahan dasar stainless steel rupanya hanya orderan dari tim-tim balap besar yang dapat memilikinya langsung dari sang produsen, sementara yang ada dipasaran hanya jenis vernekelan. Oleh karena itu untuk dapat memiliki harus order ke produsen langsung, hal ini hanya dari data lansung yang bikeart dapat dilapangan. Para pengguna yakni racer juga tidak mempermasalahkan suara yang dikeluarkan dari knalpot di kategori ini, namun ada aturan baku di balap motor yang dikeluarkan oleh PP IMI untuk balap local yang berisi mengenai aturan knalpot dan juga FIM region Asean untuk kelas balap FIMAseanGP. Pada dasarnya yang disoroti mengenai tingkat suara DB dari ujung silencer yang mengeluarkan gas buang dari motor balap. Biasanya tim-tim karena mereka berorientasi kemenangan, maka pengetesan untuk part racing pada tunggangan dilakukan dengan berbagai pola, baik test langsung dilintasan juga test dengan mesin Dyno test untuk membuktikan hasilnya.(danspeed-bikeart2013)

3 thoughts on “Petunjuk Penggunaan Knalpot Racing”

    1. tipe yg pertama bro…secara umum, tapi kalau bobokannya untuk keperluan balap kelas pemula ya masuknya jadi tipe pemakai profesional, seperti balap kelas 135 std tune-up,atau balap std 2tak 110cc Force-1 misalnya….begitu kira2 bro Yudha..thx

  1. gan mo tanya mtr sy kan revo absolute, mo d ganti knalpotnya mo pke knalpot r9. nah p’tnyaanya apa sj yg hrs d ganti atw settinganya gmn? biar nggk ngaruh sma mesin
    sy inginya spt kategori no 2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s