Pengaruh Fairing Dalam Balap Motor…Nambah irit itu salah satunya…..

banhi-octan-banner_IMG_5413

Semakin cepat suatu benda bergerak maka akan semakin besar juga tekanan yang diperlolehnya karena ada tekanan angin yang melawan benda bergerak itu. Dalam dunia sepeda motor khususnya, di dunia balap modifikasi bentuk muka motor dimodifikasi dengan penambahan fairing atau bentuk tudung dimuka motor untuk menguranggi beban karena terpaan angin sewaktu motor itu berjalan. Berbagai macam bentuk fairing keluaran pabrikan untuk motor-motor jenis sportnya, apalagi motor-motor yang walau dijual untuk keperluan harian namun dengan sedikit modifikasi motor itu diperkenankan juga untuk turun kelas balap. Ada yang bentuk muka fairingnya lancip, seperti Kawasaki MotoGP, ada yang bulat seperti Honda CBR 1000 versi jalan raya seperti gambar dibawah. Semuanya itu bertujuan tidak hanya untuk mempercantik tampilan tapi juga untuk tujuan meringankan terpaan angin saat motor melaju. Ninja SSR & Serpico nampak lebih cool dibanding jenis fairing Ninja std pabrikan…simak gambar paling bawah pada gallery.

bikeart milimoto racing cbr 1000

Pengukuran bentuk-bentuk body fairing agar sesuai dengan peruntukannya tentu dilakukan pabrikan secara maksimal, dengan test airflow body seperti gambar dibawah ini. Pengetesan sewaktu pembuatan fairing Suzuki Hayabusa 1300, motor ini adalah motor tercepat sejagad raya bukan aja versi Suzuki yang melansirnya tetapi itu pendapat para bikers moge sehingga menjadi pilihan basic untuk turun diajang dragrace.

aerodynamicsuzukihayabusa

foto diatas ini, diambil dari Suzuki motorcycle R&D Department, yang dibuat hanya untuk menunjukkan bagaimana efektifnya fairing melawan angin dan efek mulus sampai kebagian buntut motor saat angin melibas motor dan pengendaranya.

Adakah dampak lain selain laju motor semakin luar biasa, tentu dengan meminimalisir terpaan angin tentu ada dampak lain yakni kestabilan dalam membelah angin saat topspeed dan menambah irit konsumsi bahan bakar dalam perjalanan, adalah efek positif yang diperoleh oleh motor dengan fairing dan itu pasti, sebagai contoh tombak yang runcing apabila dilempar walau dengan tenaga yg pelan tetap akan memberikan dampak masuk ke objek lebih dalam saat mendarat dan menancap ditanah dibandingkan tombak yg ujungnya tumpul, maka tenaga yg dibutuhkan untuk melempar sehingga menimbulkan efek kedalaman yang lebih benar2 lebih sedikit dibanding tombak yg tumpul.

IMG_5418

Tidak berfairing tidak masalah, walaupun tetap ada dampak efeknya bagi laju performa motor saat bersama pembalapnya, tetapi performa mesin yang pas beserta keahlian atau skill dari pembalap juga utama, asalkan memang benar-benar lebih lihai membawa motor disirkuit saat balap dibandingkan pembalap yang kurang skill namun motornya berfairing. Jadi tetap jangan kuatir apabila anda turun dikelas balap dan anda belum menggunakannya sementara pembalap-pembalap lain menggunakan fairing yang cool. Pertama rilex dan hadapi kenyataan tetap pertahankan racing line, pergunakan segala daya upaya untuk tetap konsisten pada setiap racing line yang dilalui, apabila belum beruntung untuk mendapatkan podium, sebelum seri-seri mendatang banyaklah berlatih kalau perlu ajak Bikeart turut serta dalam sesi latihan anda, ok good luck and see ya around those corner!

(photo by danspeed-bikeart2013)

2 thoughts on “Pengaruh Fairing Dalam Balap Motor…Nambah irit itu salah satunya…..”

    1. sebenernya klo dgn ada fairing bisa nambah cepat juga, ikut membantu dlm menguranggi terpaan angin, tapi fairing ringan seperti diluar yg tipis disini sulit tuk membuatnya…terkesan merepotkan dan berat jika disini dipasang fairing…mungkin seperti itu kondisinya bro yudha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s