Beda Bentuk Knalpot Racing Indonesia VS Malaysia

Motor balap identik dengan suara keras,…dari mana suara itu berasal, yakni berasal dari bunyi gas pembuangan yang lepas dari knalpot atau saluran buang dari sisa pembakaran mesin bakar tersebut yaitu mesin motor. Tapi apakah anda tahu bahwa setiap knalpot yang dipakai pada setiap motor itu mempunyai settingan berbeda pada mesin motor yang memakainya.

Coba kita lihat knalpot-knalpot motor 4 tak bebek underbone dari negeri Malaysia dan Thailand serta motor 4 tak bebek tim Indonesia…apa perbedaan mencoloknya….lihat gambar dibawah ini

motor tim Indonesia


motor tim Malaysia 

motor 4 tak tim Thailand

Kedua tim dari dua negara ini mempunyai teori serta cara pandang yang berbeda menurut keyakinan masing-masing terhadap pengembangan serta motor pacuan mereka ini. Motor tim Indonesia hampir semua menganut pemakaian knalpot racing yang sangat pendek berbanding terbalik dengan dua negara tetangga yakni tim Malaysia dan tim Thailand semua menggunakan knalpot dengan bentuk panjang.

Malaysia yang memiliki kontur litar sirkuit atau bentuk sirkuit yang banyak memiliki tikungan lebar-lebar dan trek panjang tentu kebanyakan setting mesin mereka mengutamakan endurance atau ketahanan pada lintas sirkuit panjang, seperti ujar salah satu mekanik seniornya dari  tim STAR YY-PANG yang pasti tentu telah dikenal di Indonesia dengan knalpot racing merk YY-PANG. MR. Pang adalah pemilik merk dari produk tersebut juga skaligus mekanik senior yang merupakan tuner sebagian besar tim-tim berbendera Malaysia ‘ untuk litar sirkuit macam sentulpun yang ada sedikit belokan tajam seperti di tikungan s kecil dan s besar tetap lebih aman kalau knalpot panjang, karena tikungan pendek disini ada hanya beberapa persen dari total banyaknya trek panjang disentul, lain halnya dinegara kami Malaysia hampir semua tikungan dapat dilibas dengan panteng rpm tinggi, kami hanya sedikit melepas lega saluran buang agar mesin kami tidak terforsir habis karena tekanan stress dari gaya buka tutup gas dari pembalap yang terkadang bermain kasar, apalagi ini kelas bebek/underbone dimana himpit-himpitan pembalap saling tutup jalur sudah layak terjadi seperti sentul, dengan knalpot panjang ketahanan bermain diatas 12 lap sangatlah kuat, yang harus dipikirkan bukan hanya membuat motor itu cepat, tapi perlu adanya balance antara kecepatan diawal lumba dan diakhir lumba dengan lap time yang sama, menurut saya itu membuat anda bisa menjadi juara…’ujar Mr. Pang saat Bikeart tukar sikit-sikit pendapat dengannya……..Photo by Dhani-bikeart 2012-

2 thoughts on “Beda Bentuk Knalpot Racing Indonesia VS Malaysia”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s