Yamaha XJ 600cc 4 silinder/ Seandainya jadi 250cc tetap 4 silinder untuk Indonesia….

xj 6

Torsi 3000rpm sudah keluar, cocok untuk perkotaan dengan design motor turing, tidak akan panas untuk pulang dan pergi dalam lalu lintas perkotaan yang lumayan macet. Yamaha ini seharusnya ikut meramaikan pasar motor tanah air, sayangnya tidak dijual umum oleh atpm Yamaha di Indonesia. Saat dilampu merah saya pikir ini Yamaha Byson. Sepintas saat menenggok dan tidak ada suara khas motor besar, saya benar-benar tidak menyadari ada motor 600cc disebelah kiri saya. Langsung tancap gas karena lampu merah telah hijau menandakan mulai aman start…tak berapa lama huss…drrumm alus melaju dan langsung didepan saya memimpin dengan santai. Saya pikir ini Yamaha kelas 250cc keluaran yamaha versi naked bike, semakin penasaran terus saya kejar dengan vixion 150cc…tidak terlalu jauh karena pengendara Xj6 ini tetap berjalan santai.

Yamaha XJ6 ini adalah 600cc 4 silinder segaris yang mencapai kekuatan torsi atas 77cv atau torsi 6,05 kgf.m. Nilai yang rendah dibandingkan dengan sepeda motor sejenis lainnya dengan mesin 600  seperti FZ6, Bandit 650, tetapi namun dalam harga jual yang paling murah diAmerika dibanding kelas 600cc lainnya dan tentunya akan bersain dengan Kawasaki ER-6 N dua silinder dalam perbedaan $1000, tinggal pilihan selera bentuk dan suara khas 4 silinder lawan 2 silinder.

xj 6 n 2

Selain harga rendah, sepeda memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan pesaingnya. Menurut beberapa pemakai didalam forum-forum di luar negeri, motor ini sangat nyaman diperkotaan, dan memiliki kombinasi yang tepat antara gigi, mesin dan konsumsi bahan bakar yang terendah atau paling irit diantara pesainnya dikelas 600cc. Dikelas 250 yang sepertinya akan tetap juga dihadirkan di Indonesia oleh pihak Yamaha tentunya basic mesin 4 silinder turunan dari XJ 600 ini yang akan diaplikasikan ke Indonesia, saat ini belum ada atau memang benar-benar disembunyikan, tapi perkiraan saya dengan rentang harga mungkin dibawah 80jt akan sangat layak, walaupun itu tetap diturunkan dalam kelas turing atau dengan design berfairing dan posisi pengendara nunduk akan tetap saja membuat para fans Rossi dan Lorenzo kembali kepilihan hatinya. (dhani-bikeart2013)

4 thoughts on “Yamaha XJ 600cc 4 silinder/ Seandainya jadi 250cc tetap 4 silinder untuk Indonesia….”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s