Deteksi Komstir Rusak (Q & A):

komstir

 Topik :       Bagaimana Deteksi Komstir Bermasalah ?

 Kasus : sewaktu melewati jalan bergelombang sering terdengar bunyi duk-duk pada bagian depan stang.

Q                : apakah bunyi tersebut berasal dari bagian kunci porok yang saya letakkan pada bagian shock depan, mengingat kunci porok saya memang agak bergoyang pada waktu motor sedang dikendarai?

A                ; ya bisa saja itu terjadi dan memang menimbulkan bunyi, tetapi apabila pada posisi kunci tersebut diberi lakban pada daerah yang masuk ke master kunci porok tersebut kemudian bunyi masih terdengar, kemungkinan bunyi berasal dari bagian lain dari stang atau shock depan lainnya.

Q                : apa langkah selanjutnya untuk mengetahuinya?

A                : pertama mungkin komstir yg bermasalah, kedua mungkin dari bearing atau kumpulan gotri dalam bearing roda depan yang bermasalah.

Q                : apa solusinya untuk problem di motor saya ini, dan langkah apa yg perlu dilakukan?

A                : pertama berdirikan motor pada posisi berdiri dengan standart tengah. Lalu duduklah pada jok belakang motor agar berat motor jadi condong ke belakang sehingga ban depan motor terangkat lepas dari tanah. Pada posisi ini gerakkan stang ke kanan dan kekiri apakah ada posisi dimana stang selalu condong ingin berada di kanan atau kiri, lalu taruhlah posisi stang pada posisi tengah secara perlahan, apakah stang selalu ingin berada pada posisi tengah. Apabila ya berarti, komstir motor pada kondisi rusak. Kemungkinan gotri yang ada di komstri pecah beberapa bola atau rumah dudukannya telah longgar. Berarti perlu menggantinya segera. Tapi apabila belum menimbulkan bunyi yang terlalu keras untuk sementara tidak ada efeknya yang terasa, hanya motor kurang stabil sewaktu melewati jalan bergelombang dan menimbulkan bunyi yang membuat kurang nyaman bagi pengendaranya.

A                : untuk kasus pada bearing roda depan , langkah yang perlu dilakukan, berdirikan juga pada standar tengah dengan dilakukan oleh 2 orang, kemudian orang pertama duduk di jok belakng dan yang kedua menekan roda depan ke kiri dan kunci stang dengan kunci pada posisi lock seperti pada waktu parkir ke kiri, lalu gerakkan pelek roda depan kekiri dan kekanan (bukan diputar) sambil stang tetap ditahan pada posisi kiri, maka akan terasa apakah ada selah antara pelek tersebut dengan as roda depan motor, apakah ada terasa jeda\sela , apabila ya maka bearing roda depan rusak maka wajib diganti. (danspeed-bikeart2013)

 

2 thoughts on “Deteksi Komstir Rusak (Q & A):”

    1. ada bunyi oblak glutuk-glutuk misalnya saat lewat jalan bergerunjal, atau coba diposisikan standart tengah,…dan coba duduk dijok blakang, bila stang ngunci diposisi tengah dan saat digerakkan kanan kiri berat maunya kembali ditengah itu tanda perlu ganti komstirnya atau bisa juga stelan komstir terlalu keras, salambikeart

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s