Test Ride MV Agusta F3 2013 675cc…hhmm ringan serasa Ninja 250cc?

IMG_2243

Jam menunjukkan waktu 14:00 siang dan macet sekali kemarin sore….tenaga sudah tidak terlalu fit, tapi dateline harus terkejar bahkan sampai jam 1 malam ini, niat sudah bulat dan tekad membaja…pilihan motor memang banyak diShowroom motor MV Agusta ini, mata saya tertuju ke jenis sport turing yg terlihat kekar berotot dan nyaman tuk jalanan macet siang ini. Tapi ingatan MV Agusta Senna jelas tetap membekas dibenak saya…sepertinya liat MV selalu ingat edisi khusus Senna. Walau berbeda tahun produksi tapi jenis sport runduk ini memang cocok dengan karakter gaya pengendalian saya dikendaraan roda dua. Dari mulai cc kecil sampai besar selalu ingin mencoba testride yang selalu memberikan kesan tak terlupakan. Pilihan pada motor merah abu-abu ini tak bisa ditolak MV Agusta dengan kapasitas 675cc dan menggunakan 3 silinder piston segaris menjadi pilihan tuk test ride singkat sebagai pengisi materi ulasan lengkap diedisi bulan depan Bikeart. Suspensi layaknya motor-motor sport keras ketika diduduki tapi ambles pelan dan bisa selalu menyesuaikan kontur permukaan jalanan saat dikendarai walau dalam keadaan kecepatan tinggi sekalipun.

IMG_2274

Motor dengan berat 170an kg ini dan terlihat besar sebelum dikendarai sangat berbeda ketika saya mencobanya....wah rasa mtr Ninja 250 pikir saya, memang benar tak terasa berat serta mudah mengendarainya selap menyelip kemacetan ibukota dari jalan Sultan Iskandar Muda hingga radio dalam hingga bundaran Pondok Indah. Perpindahan gigi terasa khas ala motor gede dengan powernya yang kuat, walau tak terlalu ngebut ketika saya bawa karena jalanan merayap padet, tapi saya percaya kecepatan puncak dan tenaga responsif yang dahsyat bila digas dengan serius dijalan mulus. Itu bukan menjadi masalah, paling tidak throttle by wire/sistem kendali gas tanpa kawat melainkan kabel dengan sensor khusus sehingga putaran grip gas terasa sangat ringan seperti tak terasa menarik kabel injectionnya….luar biasa canggih seperti pesawat-pesawat keluaran Boeing yang belakangan ini dikumandangkan dalam hal kecanggihan technonya. Selain itu sliding control roda belakang juga diaplikasi agar torsi besar saat menikung dan sliding dapat terkontrol dengan otomatis ala motogp, perangkat canggih TC ( throttle control ini dapat dihidupkan atau matikan…anda rider pro? berarti anda boleh mematikannya, klo pemula seperti saya sebaiknya…belajar sepedaan dulu lebih pas..kwkwkwkkwwk). Besutan cepat ketika digas mendadak, mungkin memang biasa karena ccnya yang besar tapi motor ini sangat aman dikendari bahkan oleh pemula karena ada 4 tipe switch pemindah untuk setelan posisi N(netral) untuk pengendara pemula, C (custom) untuk setelan sesuai keinginan pemilik motor…misalkan pada rpm bawah disetel untuk tenaga besar, masuk rpm 8000 untuk tenaga santai dan di rpm 12000 kembali keluar tenaga beringasnya…sedangkan posisi S (sport) untuk kondisi pengendara sudah sangat menguasai motornya dan ingin selalu berakselerasi layaknya motor sport dengan default setting dari pabrikan….

tak terasa sudah sangat larut malam…akhirnya sementara hanya beberapa foto yang dapat saya perlihatkan…(berlanjut….disentul minggu ini) (foto dan tulisan-danspeed-bikeart2013)

Dealer MV Agusta : PT. MOTO ARTE INDONESIAJl. Sultan Iskandar Muda 168, Kebayoran Lama Jaksel, http://www.mvagusta.co.idinfo@mvagusta.co.id
telp: 021-726 5889

9 thoughts on “Test Ride MV Agusta F3 2013 675cc…hhmm ringan serasa Ninja 250cc?”

    1. buat kondisi jalanan padat juga enak,, karena selain bobot ringan settingan map motor ini bisa diatur dalam 4 kategori yang memungkinkan kita buat memilih enak mana buat jalanan kosong atau padat kaya di jakarta..
      tapi disarankan menggunakan sepatu yang agak tebal atau agak tinggi… karena klo dilihat posisi kaki yang disebelah kanan deket banget sama lubang knalpot…..jadi seperti motor italy pada umumnya panasnya berasa banget hehehehehe…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s