Perlunya pemanasan sebelum berkendara dengan roda dua

 _MG_6169eeeee

Sebelum melakukan aktifitas, tubuh perlu adanya pemanasan, hal ini perlu dilakukan seperti halnya mesin sepeda motor. Menurut Dr. Budi Haryadi penasehat kebugaran salah satu rumah sakit di Jakarta.

Mesin motor sebelum melakukan hal-hal berat misalkan  untuk balapan atau perjalanan jauh pasti akan mengalami stress atau ketegangan karena paksaan akan beban berat di dalam mesin itu sendiri, dikarenakan adanya gesekan-gesekan antara part-partnya sendiri. Nah hal seperti ini terjadi juga pada tubuh manusia. Ketika melakukan gerakan-gerakan yang berulang-ulang dan dilakukan dalam waktu lama maka akan menimbulkan strees body contact. Ini yang dimaksud dari dokter, bahwa pergerakan yang menimbulkan gesekan dan proses tarik ulur otot-otot persendian membuat tubuh menjadi cepat lelah yang kemudian membuat memar otot tersebut dan persendian, sehingga proses dihari berikutnya menyebabkan tubuh terasa pegal-pegal. Untuk itu diperlukan pemanasan yang tepat, menjaga agar tubuh menjadi stress dapat dihindari.

Apa yang diperlukan untuk mengatasi masalah ini sebelum beraktifitas khususnya yang boleh dan perlu dilakukan juga pantangannya.

Pertama sebelum touring  dipagi hari sebaiknya, jangan tidur larut malam.

  1. Sewaktu akan berangkat touring jangan minum kopi karena akan membuat tekanan darah meningkat, menyebabkan jantung berdetak keras. Hal ini akan menimbulkan perasaan was-was.
  2. Makanlah makanan dan minuman yang mengandung kalori untuk tenaga dan karbohidrat yang cukup secukupnya jangan sampai kekenyangan, juga konsumsilah buah-buahan untuk menjaga kesegaran tubuh.
  3. Untuk pemanasan atau streeching, lakukanlah sekitar 5 menit , dengan cara peregangan otot-otot tangan, kaki, pinggang, serta leher. Ini berguna agar setelah diperjalanan otot telah terbiasa bergerak dalam tekanan-tekanan santai atau mendadak. Lakukan seperti contoh gambar diatas.(danspeed-bikeart2013)

 

4 thoughts on “Perlunya pemanasan sebelum berkendara dengan roda dua”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s