Tips ringan: setel rantai

IMG_6600e

                Penyetelan rantai, walaupun mudah sebenarnya merupakan hal vital dan sangat penting untuk keselamatan berkendara. Untuk itu perlu dijelaskan dengan rinci mengenai bagaimana seharusnya menyetel rantai itu.

                Pertama pada kondisi rantai yang sudah berumur atau telah dipakai sekitar 8 bulan. Pada kondisi ini rantai pasti telah mengalami korosi, baik dari karat atau juga penempelan kotoran dari jalan pada rantai itu sendiri. Maka dari itu perlu trik khusus untuk melakukan penyetelannya. Rantai yang kendor atau telah mulur wajib dikeraskan lagi penempatannya pada gir depan dan belakang. Caranya lepaskan mur pengencang as roda belakang kemudian juga kendurkan mur pada baut pada setelan rantai (biasanya menempel pada bagian lengan ayun belakang, dikiri dan kanan) lalu ukur jarak posisi untuk mur tersebut sesuai setelan klik kiri kanan pada kedua bagian setelan rantai kiri dan kanan. Selain itu ukur jarak kerenggangan rantai pada posisi tengah-tengah gir depan dan belakang. Atur jaraknya kira-kira 1cm, tapi sebelumnya putar roda belakang pada posisi standart tengah berdiri. Lihatlah rantai pada saat roda belakang diputar, carilah pada posisi mana tingkat kerenggangan rantai paling rapat. Pada saat itulah posisi tengah dari rantai kita renggangkan sampai jarak kerengangan 1 cm.

Tanya    : Mengapa harus pada posisi rantai merapat dan keras tidakrenggang kita mengukurnya?

Jawab    : Dikarenakan umur rantai yang sudah tua, tingkat kerenggangan rantai pada setiap mata rantainya berbeda( ada yang masih baik dan juga ada yang sudah renggang sekali). Oleh karena itu diperlukan tenhnik khusus untuk menyetel rantai tersebut.

Setelah semua telah dilakukan, kemudian kembalikan mur pada bautnya dan kencangkan seperti sedia kala. (danspeed-bikeart2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s