Merawat Rantai Motor Secara Ekonomis…

IMG_0926

Rantai motor itu tidaklah barang yang terlalu mahal untuk jenis2 motor bebek atau sport sampai dengan kelas 150an cc lokal, tapi yang berasal dari motor buildup seperti FXR, CBR yang jenis rantai menggunakan O-ring…hhmm itu termasuk hitungan satu set dengan girnya mencapai 1jtan lebih….dulu kala saat Tiger 2000 muncul diperedaraan konon rantai setnya ditahun 1994 sekitar 1jt…

Untuk itu Bikeart sekedar mengingatkan betapa berharganya part penopang laju motor kita untuk dirawat sebaik-baiknya, mungkin bagi sebagian orang money it’s not everything…tapi bagi saya…i don’t wanna high side crash because this primary part! broken off cos corotion.

Bayangkan saat topspeed tiba2 rantai putuh dan melilit lengan ayun belakang, atau saat menikung lalu terjadi suspensi bergejolak menyebabkan rantai kencang kendor lalu keluar dari alur gir belakang…hhmm…nyusruk itu pasti, dan terbang bebas bisa terjadi.

Lihat kira2 motor apa sebagai display contoh foto diatas, yg jelas sport bike……apa perlakuan body mulus dengan ban racing serta velg keren cukup aman,..hmm sepertinya itu bukan rider berpengalaman jelas. Karena pertama sebelum berkendara baik dengan motor sendiri atau dengan motor kawan sebelum melakukan pengetesan apalagi tuk test lari topspeed…perhatikan serta cek rantai beserta gir belakangnya, molor atau terlalu tegang ….

Ok kali ini saya bahas merawat secara berkala, pertama kalau rantai baru tetap jaga agar tetap terlumasi dengan pelumas bawaan aslinya, bila terlihat kering…tambahkan oli perawatan rantai atau mudah dengan oli mesin….tapi jangan dengan gemuk atau grese..karena menyebabkan rantai menjadi panas, menjadi tidak melepaskan gram bekas gesekan yg menyebabkan rantai cepat menjadi aus ….

Bila rantai motor anda sering terkena air, misal musim hujan ….seringlah melumasinya…atau apabila terlalu kotor karena banyak kerikil pasir, segeralah bersihkan tapi jangan dengan bensin atau minyak tanah No ! mengapa …karena cara ini justru membuang pelumas grease asli bawaan rantai dan dapat merusak O-ring pada rantai bertipe O-ring seperti pada mtr2 buildup. Ambilah sikat gigi lalu tuang oli mesin secukupnya pada wadah lalu bersihkan rantai dengan menyikat dgn sikat gigi itu atau kuas lukis.

Pada rantai seperti difoto diatas…tenang, masih ada penangkalnya…gunakan minyak goreng untuk membersihkan sisa karatnya dgn koran, setelah itu bersihkan dengan kuas didalam celupan dengan oli mesin…setelah selesai ingat..jangan ngebut dulu atau jalan…karena sisa cipratan oli bisa membasahi roda belakang…nanti anda akan crash, oleh karenanya bersihkan dengan koran sekali lagi…lanjut berdirikan motor dengan standart tengah lalu hidupkan lalu masukkan gigi 1, 2 lalu diamkan tunggu beberapa saat hingga cipratan mulai mereda, jgn lupa bersihkan roda belakang dgn sabun sebelum cau brow…smoga bermanfaat.

(pengalaman penulis: danspeed-bikeart 20130) no copy2 tanpa cantumkan MajalahBikeart….

13 thoughts on “Merawat Rantai Motor Secara Ekonomis…”

  1. Tips mantap mas.. Saya juga sering pake minyak sayur, asal jangan pake oli bekas atau gemuk karena dapat mengikat debu dan Kotoran yang bisa menambah keausan pada rantai bila menyelusuk ke dalam bushing dan pin dan oli bekas mengandung serpihan besi yang berasal dari gesekan antarkomponen di dalam mesin…

  2. great info,, buat saya yang sering dapet masalah dengan rantai motor…. sering kering,, gampang melar,, dan gampang karata.. kadang dijalan klo liat biker lain yang tunggangan n rantainya kinclong suka malu ndiri… ngiri pastinya.,….. tpi skrg,, jkrn udah dapet tipsnya,, boleh lah di adu,, heheh

  3. Setel rantai kendor baut roda dikendorkan dulu gak masbro..takut roda bergeser ke belakang ketarik setelan rantai..dan kalo udah mentok gak bisa diset apa rantainya dipotong berapa biji tuh masbro..nuhun ahh.

    1. tentu as rodanya dikendokan dulu mas bro…..setel setelan rantainya setelah pas,…kan ada penguncinya…setelah dikunci, kalau menggunakan rem tromol…maka set rem tromol blakang diposisi paling ngerem atau mentok keras, baru kunci as roda dengan kencang…lalu buka kembali sesuai kebutuhan setelan rem tromol tersebut….so…silahkan jalan dgn pas bro…untuk pemotongan rantai ..ini khusus kondisi urgent..misal ga ada dana…tapi disarankan tidak..karena tetap aja rantai molor ya molor…hanya menolong sedikit. salam bikeart

    1. lho apa pengaruhnya rantai ko jadi blok mesinnya,…tips ini saya yg pergunakan sendiri…..kalau maksudnya pada gear depan….mungkin bukan karena tips ini yg jelas…..rantai diberi minyak goreng dan diberi oli bekas….melumasi bukan membuat kering rantai, kecuali disemprot kaleng pembersih karat….salam bikeart

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s