Malaysia Surga 2 Stroke Lovers…

911582_174722979352543_423569019_n

Puluhan ribu spesies motor-motor langka khususnya 2 tak tersebar diseluruh negara Malaysia, beragam jenis dari model motor klasik hingga modern dan yang langkapun ada serta masih sehat tuk dipakai beraktivitas. Lihat saja model Yamaha RD 350,Yamaha Rz 350, Yamaha TZR 250, Suzuki RG Gamma 400, Suzuki RGV, Cagiva Mito 125 dengan semua seri mulai lama hingga model terakhir, Cagiva Planet, Yamaha Yasi 125, L 2 Super, Honda NSR 125,150,250,500, TZR 125, RXZ 135 berbagai model dan tipe lama hingga terbaru.

Memang 2 tak dinegeri ini sudah mendarah daging mulai dari tahun 70an. Dikancah Asean Road Racing Malaysia hebat dengan Yamaha 125Z, JR 120, TZM 150 bahkan hingga seri balap diSentul Indonesiapun tim-tim Malaysia dan Thailand yang bisa mendominasi jalannya Lomba, Yamaha TZM 150 dari Tim Hong Leong walau hanya masuk 3 besar dengan pembalapnya Chia Tuck Cheong namun jauh meninggalkan kubu tim Yamaha Indonesia dengan motor yang sama tahun 97 yang lalu pada foto dibawah saya sempat berfoto diatas motor Hong leong ini.

pitw

Kolektor item sebutannya untuk motor-motor 2 tak langka diIndonesia, untuk mendapatkan misalkan Honda NSR 150 R dengan kondisi baik  dan mulus bukan hal yang mudah di Indonesia, begitupun Yamaha RXZ 135 disini…susahnya luar biasa, walau harga jual beberapa RXZ hanya sekitar 3-4jutaan tapi kalau menemukan mesin dan kondisi motor yang mulus, istilahnya layak dipakai tanpa embel-embel musti ganti ini itu tentunya harga bekasnya bisa mencapai 9-11 jutaan. Tidak di Malaysia walau umur motor seperti RXZ ini sekitar tahun 1989 tapi kondisi disana jauh lebih baik…mulai mesin yang terawat, warna dan orisinalitas terjaga baik oleh pemilik-pemiliknya, tentu ketersediaan sparepart juga dijamin oleh Yamaha Hong Leong Malaysia. Hingga kini motor bercc 135cc inipun masih tetap digunakan diajang balap diSirkuit Sepang. Turun dengan cc 135 sanggup melawan motor-motor kelas 150 seperti Honda NSR, Ninja 150 RR dan masih sanggup melawan bahkan dibeberapa video yang beredar di youtube motor ini laju tiada lawan…luar biasa.

912737_174723839352457_2048730004_n

2 Silinder 2 tak artinya motor-motor langka diIndonesia, dulu jaman ada balap disirkuit Ancol diJakarta era thn 80an, motor-motor 2 tak bersilinder 2 ini banyak dan memang menjadi andalan pembalap-pembalap masa itu, bahkan ada balap kelas campuran melawan 4 silinder dengan kapasitas cc yang lebih besar. Yamaha RZ 350-RD 350, melawan GSX 750 4 silinder, atau TZR 125 melawan RG Gamma 400. Saat ini keberadaan motor-motor 2 silinder ini sangat langka dan bila ditemukan kemungkinan dalam kondisi miris..serta menyayat hati. Karena bentuk sudah tak beraturan, mesin terkadang didalam kardus dan sebagainya. Tidak di Malaysia…disana motor-motor lama sangat terawat sekali dan masih hidup serta masih tetap dapat mempertahankan lajunya yang cepat dijalan raya.

Beda budayakah atau beda nasib motor-motor ini disana dan di Indonesia, yang jelas mungkin karena dulu Malaysia dijajah oleh Inggris sehingga semuanya selalu harus tertib, baik tertib memakai barang, tertib dan cakap menggunakan segala sesuatu…yang kemudian menjadikan ajaran ini turun temurun ke keturunan berikutnya. Karena sedari kecil orang-orang bule umumnya diajarkan untuk menjaga barang-barang yang mereka pakai dengan apik/baik..tidak seperti kita kebanyakan yang selalu sembrono dan cuek. Contoh saya dulu pernah bertemu mekanik senior disentul dan menggunakan kunci dengan kekuatan puntiran moment….dia bilang kalau semua itu cukup pakai feeling tapi tak perlu lah pakai kunci moment2 itu….buat apa? ujarnya….tentu saya berpikir pabrikan memberikan batas kekuatan setiap baut dimotor dengan kekuatan moment puntir tertentu …sehingga untuk bongkar dan pasangnya juga diperlukan perlakuan khusus mengenai seberapa keras kita boleh mengencangkan baut didalam mesin tersebut…nah alat itu dipakai untuk keperluan itu..

Jalan tol yang merupakan jalan bebas hambatan didaerah perkotaan atau diluar kota dinegara ini boleh dilewati semua jenis kendaraan, baik roda empat(mobil) seperti di Indonesia, juga kendaraan roda dua(sepeda motor)…disana turing kemana-mana tentu tak sesulit disini, setiap bertemu pasar macet dan awut-awutan istilah ndesoo,…lancar jaya dan ngebut sejadi-jadinya hingga populasi motor-motor besar baik 2 tak ataupun  4 tak lazim digunakan disana. Luar biasa edan klo untuk urusan ngebut dijalan tol…bisa dibayangkan gigi 6 motor mungkin masih cukup kurang untuk para rider yang gila kecepatan. Disini sepertinya disirkuit yang hanya bisa menyalurkan hobby seperti ini, kalau pulang pergi kekantor atau beli rokok harus selalu lewat tol…wah mungkin perlu disambung jembatan antara kedua negara ini agar saya bisa ikut menikmati indahnya perjalanan berpetualang disana…hmmm bsok oktober motogp…mtr apa yg bisa saya bawa kesana?….bersambung…(penulis danspeed-foto:ana contrib malaysia- for majalahbikeart 2013)

 

12 thoughts on “Malaysia Surga 2 Stroke Lovers…”

    1. klo sistem pendidikan dibenahi untuk angkatan-angkatan mendatang, anak cucu kita misalnya…tuk jangka panjang….dan kta sendiri bisa mulai dengan saling support, karena semakin lama batas-batas antar negara akan menghilang seperti uni eropa telah bersatu…maka asiapun bersatu padu untuk kemajuan bersama…..maka akan lebih indah…mari kita mulai…

    1. mungkin masih lama…sulit sepertinya, karena banyak faktor yg tak mendukung tuk terjadinya itu……jangankan sampah, perkara kesejahteraan dan keadilan itu sulit sekali…sampai saat ini.

  1. siang mass atau pak.. maua nanyak ni kepada siapa aja mohon di balas ya pak.. motor yg hampir sama bentuk nya di indonesia f1zR di mslasya namnya motor apaan ya mass atau pakk.mau cari part nya saya pakk.. mohon di bantu ya pakk..

  2. gmn ya.. cara mendatangkat part mesin tertentu., dr malay ke indonesia.
    misal blok silinder yamaha rd135…
    apa kudu transit dulu ke batam, sblm k jkrt?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s