IRS seri 2 2013, racer kelas 600 semakin advance, begitu juga kelas 250…

Imanuel-Pratna-B

12 Mei 2013 Seri 2 IRS berlangsung di Sentul, seperti biasa dibagi dalam dua sesi perlombaan sabtu dan minggu, motor-motor pembalap 600 dan 250 juga mengalami peningkatan. Terlihat laptime tahun 2008 1:34 sekarang menjadi 1:31 dipegang M. Fadli dengan Kawasaki ZX-6 R. Serta dikelas 250 cc record dipegang Wawan Hermawan dengan CBR 250. Dibeberapa tikungan sliding dan hampir high side dialami beberapa pembalap kelas 600 dan kelas 250 juga.

Wawan Hermawan
Wawan Hermawan

Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya mereka bermain halus, mungkin sekarang skill dengan motor-motor cepat kelas 250 dan 600 ini semakin meningkat jauh tentunya. Disirkuit internasional Sentul ini, mengasah skill sangat tepat tidak seperti disirkuit dadakan dengan motor-motor bebek atau matic tentunya. Dulu tidak banyak pembalap-pembalap muda ini berlaga dikelas bergensi dengan cc besar seperti dikelas supersport 600 atau motor 250 yg untuk harga lumayan diatas rata-rata motor sport di Indonesia. Beberapa tahun yang lalu mungkin hanya satu-dua orang dari pembalap bebek diangkat menjadi pembalap suppersport, dan hanya para pengusaha saja yg bisa balap kelas ini karena mereka bisa membeli motor 600cc. Tapi perkembangan dunia motor di Indonesia khususnya telah  berkembang dengan pesat setelah ATPM Kawasaki meluncurkan Ninja 250nya. Tadinya kelas 250 hanya dianggap kelas hiburan tapi kali ini kelas ini menjadi kelas utama juga dan yang mendorong para pembalap muda mencicipi motor kelas lebih besar diatas 125 cc …ya kelas motor 250 yang besar seperti moge. Dari kelas ini menjadi ajang belajar yang tepat tuk melangkah ke jenjang lebih tinggi, jenjang balap sebenarnya…bukan dari bebek atau matic. Karena kalau terbiasa dgn mtr-mtr kecil dan pelan serta terbiasa menggunakan sirkuit dadakan….ya bisa dilihat sejarah ajang pembibitan hingga saat ini…apa hasil pembalap kita di kancah internasional.

Imanuel Pratna dan Hendra Rusbule, adalah jebolan kelas Ninja 250cc pembalap yang terlarang lagi tuk turun dikelas 250 IRS tahun ini…I. Pratna sekarang bergabung di tim Indoprom menggunakan Yamaha R6, waktu tercepatnya 1: 33 dikelas 600cc untuk ukuran pembalap kelas 600 yang belum lama ikut ini adalah suatu prestasi besar.

Rusbule juara Superbike seri2 ini berangkat dari kelas Ninja 250cc, sekarang menggunakan Ducati 848 evo, serta KTM RC 8 di MSS Malaysia, dan bisa mendapatkan catatan waktu yang semakin baik disetiap latihan serta balap. Contoh pembalap yg sekarang seeded dan yang saya rasa bisa terus meningkat ke jenjang yang lebih tinggi tentunya. Semoga seri ARRC minggu depan tgl 19 Mei…kita bisa unjuk gigi menghadapi peserta negara-negara sahabat…saya rasa ya bisa ..smoga paling tidak 3 besar terdepan..(foto&tulisan :danspeed-bikeart 2013)

2 thoughts on “IRS seri 2 2013, racer kelas 600 semakin advance, begitu juga kelas 250…”

  1. hmmm…
    mungkin karena keadaan ekonomi makin jozz
    makanya pembalap newbie bisa main motor 250cc
    semoga dunia balap indo maju terus deh

    1. ya sepertinya begitu….karena dibanding maintenance mtr bebek sampai jadi mtr balap juga 50an jt bahkan bisa lebih juga sampai jadi mtr balap, sedangkan kekuatan mesin mtr 250cc tentunya lebih sehingga cost yang dikeluarkannya selama balap tidak sebesar motor-motor bebek…thx bro redbike92

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s