Motor 4 tak karbu vacum ingin kencang kenapa ganti karbu motor 2 tak….ingin boros dan repot?

IMG_6026

Tuk memperoleh lari kencang atau topspeed terkadang salah kaprah banyak terjadi, misalnya motor 4 tak berkarbu vacum lalu diganti karburator motor 2 tak misalnya bekas RXking/Rxz atau yg banyak dipilih karbu motor-motor 2 tak seperti copotan NSR-SP150. Ya hal ini sah-sah saja asal budget dan maintenance tidak menjadi masalah…ya konsumsi bahan bakar jadi kelewat boros, jeroan mesin motor 4 tak bertumpuk karbon, tenaga bawah mantap tapi atasnya ngos-ngosan, busi sering ganti, hingga polusi emisi kelewat banyak.

Dengan karbu sistem 2 tak yang simple memang didapat tenaga responsive ditenaga bawah, tapi untuk settingan laju/lari motor…kita hanya bisa memilih tenaga bawah yg akan diraih dengan cepat, tenaga tengah yang mantab atau topspeed tertinggi dari motor sejenis yang akan kita cari. Anda tentu harus mengerti bahwa semua pilihan tentu ada konsekwensinya …kecuali seperti yang saya tulis diatas itu, hal itu lain cerita. Apalagi dengan karbu tersebut dengan cara open filter..yakni melepas filter bawaan untuk kemudahan setting seperti motor-motor road race. Kenapa pula orang banyak melakukan open….pertama ” yakni cara termudah untuk setting yang diinginkan…..kenapa cara ini dipilih walau untuk pemakaian harian, karena sulitnya sett dengan full box dan filter terpasang”…apa resiko open filter ini?….debu dan krikil dapat masuk dan mengotori ruang bakar, mengotori karburator juga dll….top speed yg mudah dan murah ya tanpa lepas box dan filter, dgn cara full filter anda tak perlu beli magnet racing mesin dikorek yg mengabiskan uang jutaan rupiah.

Mesin 4 tak dan 2 tak berbeda oleh karenanya sebelum jaman injection motor-motor 4 tak dipersenjatai oleh karbu vacum….., pasti anda juga mengerti, untuk menginginkan performa diatas kecepatan rata2…saya hanya memberi sedikit tips dengan maksud agar perawatan motor anda tidak terlalu mahal, ya ganti karbu sesuai jenis 2 tak atau 4 tak anda, jangan mempertahankan keyakinan bahwa karburator sangat berperan penting namun melupakan unsur lainnya, seperti bila anda tidak memikirkan masalah budget so…gpp, tapi tuk penghematan dan keefesiensiannya…karbu 4 tak vacum sudah dirancang cukup untuk tenaga bawah tengah dan atas yang cukup kalau perangkat utama seperti knalpot yang benar2 tepat serta setting pilotjet, mainjet, jarum skep telah anda setel dgn maksimal, juga part lainnya….jadi maksimalkan dulu part2 lainnya sebelum dengan cara mudah ganti karbu. (danspeed-bikeart 2013)

About these ads

2 thoughts on “Motor 4 tak karbu vacum ingin kencang kenapa ganti karbu motor 2 tak….ingin boros dan repot?

    • tuk mtr 4 tak, setel klep dan sett pilotjet mainjet karburator dan perbandingan gir depan belakangnya bro…coba itu dulu sampai maksimal…baru lainnya, kecuali punya dana lebih bebas mo seperti apa mtrnya….secara umum gambarannya yg saya sarankan seperti itu…nah skrg tergantung dana anda dan keperluannya…nanti saya coba kasih masukan lagi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s