Tips Perawatan Suspensi Motor

IMG_2294e

Tingkat kekentalan oli didalam shockbreker motor baik pada posisi shockbreker depan atau belakang ada waktu toleransinya. Maksudnya cairan oli ini bisa berubah kekentalannya dalam jangka waktu pemakaian lama. Sebaiknya ketika menginjak kilometer 40,000 km harus digantikan dengan oli shockbreker yang baru pada suspensi depan. Harganya pun relatif murah sekitar 20-50 ribu rupiah untuk sepasang suspensi/shockbreker depan. Sedang untuk suspensi belakang biasanya, pada suspensi standart bawaan pabrik motor unfixable(tidak bisa diperbaiki) maka sebaiknya diganti dengan yang baru ketika seal penahan oli telah bocor). Untuk part ini memang lebih mahal biaya yang dikeluarkan untuk menggantinya minimum 250 ribu untuk bebek dan berkisar hingga 1,5 juta untuk motor sport seperti Honda CBR. Namun keseimbangan dan daya redam dapat kembali seperti motor baru, karena suspensi memegang peranan penting dalam hal kestabilan berkendara selain ban. Terutama ketika suspensi berkerja dalam kondisi motor membawa beban berat atau dari proses motor mulai jalan/ akselerasi, proses motor dalam kondisi kecepatan tinggi hingga akhir proses deselerasi/ tingkat penurunan kecepatan sampai motor berhenti.(danspeed-bikeart2013)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s