Test TopSpeed Yamaha Vixion dengan Knalpot RX8 TRIOVAL SS SERIES

8 rx gab

RX8 Bikeart s

RX8 adalah brand murni buatan anak bangsa, knalpot dengan bahan full stainless pilihan dengan cita rasa khasnya. Mewah, halus rapi sistem pengelasannya dengan tehnologi tinggi serta riset baik dimesin-mesin dyno serta ditest lapangan dengan turun langsung dikelas motor-motor dragbike, road race 110 cc, 115cc, 125cc, 135cc, 150cc, 200, 250cc baik dengan jenis motor 4 tak, tetapi mereka tetap membuat untuk motor2 2 tak juga seperti Ninja 150, NSR 150. Dimotor harian saya juga telah mencoba tenaga dimotor Vixion diatas ini, pengetesan sebelum diset ecunya dan setelah diset…tipe knalpot yg digunakan dalam pengetesan Trioval SS Series.

Tampak perbedaan jelas, banyak sekali anggapan motor bercc 150 kecil ini tak lari, macem ayam sayur karena blum dohc, menggunakan tehnologi injection model lama dan segalanya…sampai-sampai motor yang bercc lebih besarpun beranggapan ah topspeed lawan beginian pasti menang. Pernah Scorpio 225 pun kalah mungkin bukan test secara akurat karena kebetulan saja bertemu dijalan dan mungkin karena Scorpio itu tidak pas settingannya.., oh kalau begitu kalau ketemu vixion yang katro belum disett dan pemakainya blum paham bawa motor itu bisa berlaku, seperti motor teman saya…” ah pelan Vixion Pak, topspeed cuma 115km/jam aja gigi 5, makanya lalu gw jual dan beli NSR 150 R aja jauh lebih kenceng,” ujarnya. Nah bener klo pengen kencang beli 2 tak…, tapi beli yg masih terawatlah…jgn yg dah ancur dibeli, maklum Nasir atau sebutan akrabnya NSR single R itu dah muncul dari tahun 1994 … saya maklum aja, dia mungkin blum bisa bawa mtr itu.

Hasil Dyno Test: Sebelum dan Sesudah ….

test-dyne

 Tetapi setelah disetting secara maksimal oleh ahli sett yang tidak bisa disebut namanya, dan yg jelas dia dari orang racing pabrikan motor ini…tampak performa maksimalnya keluar, semua kondisi standart bahkan motor ini keluaran tahun 2008, jadi sudah jelas bukan motor baru yang semua masih ting-ting. Saya pertama pakai juga baru ganti oli mesin dan filter dalam penggantian berkalanya secara rutin kecuali rantai dan gir std…, selain itu ban depan belakangpun saya blum ganti walau sudah nampak gundul….mungkin bagi sebagian orang itu harus sudah ganti dgn ban baru….buat saya nanti dulu karena masih ada kebutuhan mendesak lainnya, atau ganti battlax… yah nanti topspeed tambah pelan, emang saya pake buat miring-miring macem turing master pa jagoan road race…, itupun jaman balap pakai rxz walau mesin dah korekan ban std aja cukup.

bikeart-bike s

Sett mesin motor pada dasarnya tidak semudah balik telapan tangan, pabrikan tentunya telah meriset sedemikian rupa agar mtr yg dijualnya berdaya guna tinggi, baik ergonomis-efisien dan bisa lari kentjang juga,…sekarang mudahnya coba dilihat basic rangka deltabox-mesin dipersenjatai injection-4 klep-1 camshaft(SOHC)-mesin dengan tehnologi euro dgn knalpot katalisernya- suspensi monoshock khas Yamaha dan dimasukkan ke kelas 150cc-160cc dimana para kompetitornya menggutamakan motor-motor irit seperti Honda Megapro 160, Bajaj 180. Motor ini walau dimasukkan dikelas 150-160 jenis turing tetapi tetap mempertahankan gaya yg diusung Yamaha terdahulunya dikelas 150 2 tak..motor apa itu ….Yamaha TZM 150, dengan rangka kekar suspensi monoshock ready to fight balap berfairing seram dengan mata mirip alien. Ah jadi panjang lebar …..so pasti intinya mtr dirancang tuk berlari cepat gesit juga hemat secara efisien. Topspeed std saya claim sanggup 140km/jam test dijalan skitar 700meter dalam kondisi settingan cukup baik. Cukup lumayan dengan kelas 150cc 4 tak SOHC dimana mtr SOHC lainnya dgn cc segitu tidak ada yg meraih topspeed sepertinya, New Megapro atau Megapro atau mtr lamanya GL-PRO.

Tenaga motor sebelum diset kebetulan sudah lama skitar 8 bulan tak terurus tidak pernah sett ulang, ya paling hanya ganti oli mesin saja. Dengan kondisi ini langsung saya test tarikan sampai topspeed….wah ternyata kwkwkwkw….jadi lemes loyo nih ga seperti dulu….,lalu bawa test kemesin dyno dan hasilnya tertera diatas. Ah cupu nih jadi pengen ganti bahan bakar oktan tinggi nih, dengan repot pastinya gonta-ganti knalpot dari std mtr blum diset ke ganti knalpot racing rx8 ini lalu test lagi dijalan tarikan dan top, lalu ganti std lagi baru kemudian disett ecu lalu test lagi…wah sekarang enak pool….ringan sekali naik SOHC serasa DOHC ini walau masih std….jadi inget waktu baru, ok lanjut ganti knalpot lagi trus disett ecunya kembali….wow ueenak sekali tambah padet ngebas bro suaranya empuk dan saat rpm tinggi ah melengking juga ala motor 4 tak balap ni,…penasaran topspeed…yah pancen oye sukses…langsung  masukin roda2 dyno dan hasilnya bisa dilihat diatas sepertinya hasil maksimalnya setelah 3 kali penasaran ngetest dengan tepat. Padat mulai bawah seperti knalpot std, lanjut ke rpm tengah makin yes naik dibanding std drastis dan cepat hingga topspeed sama-sama mencapai 11000rpm di angka 140km/jam sama dgn knalpot std namun tentu time yg dibutuhkan lebih cepat, karena dgn knalpot racing ini langsung cepat melesat naik ke rpm teratas.

Pada kondisi std sehat seperti yg saya bilang 140km/jam pada 11000 rpm, saya pernah test topspeed dgn Scorpio 225 dijalan dgn pengendara tak dikenal 2 kali kejadian dan pengendara berbeda juga dengan selang waktu 2 tahun mungkin, dari awal kalah tarikan dgn Pio ini mulai start lampu merah….. hingga gigi 4 lalu topspeed duluan vixion, diangka 125km/jam vixon ini dapat menyusul hingga ujung jalan sepanjang 1 km lebih topspeed 140km/jam dan scorpio tak bisa mengejar walau kondisi saat top bertahan berbeda selisih 1 ban, di sesi kedua ini topspeed 138km/jam mungkin waktu itu terpaan angin berbeda dengan test dijalan sesi pertama itu.

Walau dalam hati puas tapi ini masih jauh dibanding Suzuki FXR 150 std saya dulu twincam DOHC dengan struktur ratio gigi jauh juga lebih rapat hingga bisa tembus 158km/jam dijalan yang sama tersebut dgn perpindahan setiap gigi mencapai 14000RPM tapi tidak sampai gigi 6nya…semua kondisi mtr yg saya test standart bahkan dgn bahan bakar sama….yaitu premium. Dan kedua pengendara diatas benar-benar ngebut…begitu juga dgn 2 pengendara vixion dgn knalpot racing dijalan yg sama tetapi kurun waktu yg berbeda tetap unggul Vixion yang saya kendarai ini, tapi tidak sewaktu bertemu dgn New CBR 150 2013 yg baru gress digigi 4 akhir ya Bro….walau sama2 knalpot saya dan New CBR 150 itu standart ting ting. Jelas menang New CBR 150 donk…beda mesin bro, dia DOHC murni 4 klep lha Vixion kan 4 klep SOHC to….awas ojo ngambek ya!!…klo dengan CB 150R yg dibilang kalah dgn Vixion lama atau Vixion baru….hhmm yg ngetest jgn cuma liat di DYNO Test….test mtr dijalan lah….CB 150R itu beda sistem, dia DOHC Vixion itu SOHC jangan dimasukkan kategori motor turing 150cc 4 tak Mas Bro……klo sama2 standart. Walau blum pernah ngetest ngebut bareng CB 150R adu lawan Vixion, tapi saya paham rasa dan performanya….beda kelas. Dia itu naked DOHC alias Naked CBR ….., DOHC ya lawannya DOHC …SOHC ya lawannya SOHC….pie to….gimana Pesawat Jet lawan Pesawat Baling-Baling TurboProp…ya ga bisa disandingkan.

Semua pengetesan dilakukan dgn kondisi motor benar2 standart dan diset sebelum dan sesudah diset ecu, dan jangan dibandingkan dgn mesin korekan atau penambahan part lain…., ini ditujukan agar hasil objektif seperti motor para pembaca bikeart pada umumnya.(foto dan tulisan serta test by danspeed-bikeart2013)

DOHC enak tapi skrg turun dulu dgn motor mesin SOHC macem Honda Jazz aja lah,kan tetap menang terus lawan Toyota Yaris yg mesinnya DOHC…atau Suzuki Swift DOHC di Kejurnas ISOM dari dulu….kondisi mesin tune-up ya bukan seperti mtr dalam review diatas yg semua std ting ting….bro, yg penting liputan bisa jalan terus…

http://www.rx8.co.id/

31 thoughts on “Test TopSpeed Yamaha Vixion dengan Knalpot RX8 TRIOVAL SS SERIES”

      1. saat posisi set tepat dan bahan bakar yg tepat juga, kalau semua tidak maksimal….seperti knalpot std dan pada kondisi mtr sedang turun….lemes juga, intinya performa puncak harus semuanya secara maksimal kondisinya….seperti saat pengetesan

    1. tergantung modelnya aja brow…suka yg mana, tuk produsennya sama aj…klo dilihat dari bentuk pipa sepertinya bentuk dan ukuran sama, keduanya nah tinggal settingnya aja …., tapi tuk keamanan mesin pilih tipe yg silincernya lebih panjang…..disamping itu bunyinya juga lebih kecil dbnya…tentu redamannya lebih baik

    1. salam kenal juga bro Andre…cocok apa nganya tergantung setelan dipasang dimotor, dan setelan mengikuti karakter mesin, sebenarnya yg pas…nah ada banyak knalpot dipasaran sekarang ini…harus coba-coba dulu…mana yg menurut bro Andre enak setelah dipasang…paling tidak sebelum dipasang…sett stdnya dgn knalpot std sudah enak maksimal…setelah itu pasang coba…klo knalpot yg baik seharusnya terlihat penambahan tenaga ditenaga tengah keatas….ada beda deng!! maksud saya ada perbedaan tendangan atau lonjakan tenaga yg keluar walau belum maksimal…karena kan ecu blum disett ulang setelah pakai knalpot racing itu…kisaran harga berselang 1,25jt sampai mungkin diatas 3jtan bahkan lebih jika pakai merk 2 brand luar ….selera bro…klo mo crative tentu bikin sendiri juga bisa..tapi tentu panjang prosesnya…tentu kualitas tampilan jauh dibanding beli merk ngetop ya…

  1. salama kenal boss…
    cocok gak tipe 3 oval series nih buat NVL pemakaian harian ??
    bagaimana dengan suaranya, sopan gak ??
    temperatur mesin cepat naik gak ??
    settingan CO yang mantap tuh ciri2 bagaimana yah ??
    thanks sebelum dan sesudahnya

    1. salam kenal juga bro Yura, cocok aja buat harian atau balap, tuk suara adem nih setelah dipakai jalan, sopan ko..apalagi klo pas ditarik kenceng spertinya lebih halus lagi suaranya, tuk temperatur mesin cepat atau tidak itu tergantung settingan ecunya klo tepat ya ga panas,…tapi gini tandanya paling tidak hampir pas itu saat turun gigi atau tutup gas tidak ada tembakan kluar dari knalpotnya dor…dor, kalau istilahnya dimtr karburator itu tanda pilot jet mtr 4 tak kurang gede bro….selain itu di 7000rpm hentakan tenaga terasa sekali meningkat seiring irama putaran gas ditangan…nah itu tanda sett sudah much better atau pas…tapi tuk lebih pasnya lagi…tentu akselerasi hingga topspeed harusnya lebih baik dari saat bro memakai knalpot standartnya ….

  2. Mas, untuk knalpot vixionya make rx8 tipe trioval yaa??klo trioval buat cbr apa kenaikan hpnya sama?? (sama2 tipe trioval ss series).. terima kasih..

    1. benar bro tipe trioval ss, tergantung settingan juga, pastinya ada perbedaan karena ukuran panjang-pendeknya pipa knalpot beserta tekukan disetiap mtr kan berbeda, mungkin bisa lebih besar tenaganya…karena cbr kan lebih tenaga yg dihasilkan dan ratio gir perbandingannya lebih rapat, wah pasti lebih joss menurut saya

  3. bro…saya sudah pakai knalpot RX88 SS ini…untuk mencapai tnaga 17hp harus seting seperti apa?salam knal galih saya pakai old vixion

    1. setting dgn alat penyetel co milik dealer bro…sett yg pas, topspeed paling tidak sama ketika mtr bro masih dgn knalpot std bro…coba konsultasi dgn bengkel langganan.

  4. masalahe kalo cb 150 itu beda jauh dengan cbr,
    cb bukanlah cbr telanjang. hal itu harus dipahami,
    karakter mesin aja beda, cuma casingnya aja yg sama.
    top speed cb sama aja dengan new vixion, bahkan ada beberapa kasus yg kadang unggul vixion, kadang unggul cb.

    1. cb bukan cbr telanjang….fxr dan satria fu sama mesin beda beberapa jeroan begitu juga cb…..tetap unggul dohc menurut saya dari test secara umum…apalagi secara khusus jauh, pandangan tentang komparasi ada yg test begini begitu bisa terjadi….tapi test resmi tanpa embel2 sponsor pabrikan dan merk knalpot sudah dilakukan juga secara fair….tanpa komersial dan dengan para ahli, ada mekanik senior pabrikan ada pembalap pabrikan ada orang awam dan juga bikeart sendiri…kira2 mungkin kurang tepat tapi kenyataan free tanpa sudutkan pihak mana2. agar semua secara gamblang bisa berbagi info secara tepat tanpa ragu….

  5. om ane mau tanya kalo di compare rx8 trioval ss sama leovince cobra untuk pemakaian vixion lama.
    lebih yahud mana ya.
    thanks..

  6. salam kenal nie om.
    ane lg bingung pilih kenalpot wat new vixion… ane pengen
    yg suarnya gak keras” banget nie om….

  7. maap sebelumnya…klo boleh naya, motor vixion 2014 trus pakai knalpot racing rx8 mesti sett COnya ke berapa yah??
    Saya sendiri udh naekin CO setinggi 23…
    di balas yah…
    Makasih…

    1. maaf baru balas, kemarin masih semedi dipuncak gunung…kwkwkw, waduh itu tergantung kondisi mas bro, maksudnya sett co itu harus dipaskan dgn kondisi iklim…seperti temperatur suhu ditempat domisili mtr berada, saya dijkt yg panas dan mas bro di daerah yg lebih dingin misalkan dimalang tentu berbeda, juga byk perbedaan lainnya misalnya…mulai gap klep mtr saya dan mas bro, kerenggangan yg lain juga didalam komponen mesin serta didalam ruang bakar, bahan bakar juga sangat berpengaruh…coba pakai yg oktannya tinggi…itu bikin mtr tua terasa joss….klo masih lemes juga coba cek semua dimtr …sperti itu gambarannya,….salam bikeart

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s