Fastest Lap Of The Race From Bonek Surabaya Gerry Salim…..Honda CBR 250 Asia Dream Cup 2013

boneks

IMG_9192

Mengapa laptime tercepat hanya bisa diperoleh saat qtt/kualifikasi atau saat latihan bebas?, sedangkan saat race tidak… Hal ini tentu dipengaruhi banyak faktor, terutama saat balap…dimana racing line terbaik dapat diperoleh saat qtt atau latihan berbeda situasi dgn saat race dimana ada tutup menutup racing line musuh, situasi yang berbeda juga saat qtt membuat semuanya dapat terjadi terutama perubahan.” ujar Ahmad Jayadi, pembalap senior sekaligus pemilik AJM Racing Team, dia mantan Bos dari Gerry Salim tahun 2010 dimana saat itu Salim masih menggunakan Honda Blade 110cc dan Supra 125 diseri balap Motoprix.

fastest lap

Ban yang digunakan biasanya berbeda, saat qtt dengan ban yang digunakan saat race… ini biasanya umum dilakukan dibalap kelas-kelas motor supersport atau superbike dunia bahkan dimotogp, moto2 juga moto3. Sedang dikelas motor jalanan CBR 250 Asia Dream Cup ini pun sama baik saat qtt atau race, tapi mengapa laptime mereka tetap berbeda?

532363_540980162626369_777941311_n

(foto hafid-bikeart2013)

Perbedaan situasi, dipengaruhi banyak faktor seperti settingan mesin part dan lain-lain bisa sangat mempengaruhi, apalagi situasi tidak tegang dan lebih santai disaat qtt tentu membuat sang pembalap lebih bisa berkonsentrasi penuh dibanding saat balap. Coba apa yg anda rasakan ketikan kejar2an dgn motor lawan dijalan dibandingkan ngebut pol-polan sendirian saat ditrek atau jalan raya…kecuali anda dikejar Polisi saat ngebut dijalan raya…mungkin lari motor bisa tambah cepat, atau mungkin juga…mtr bisa naik trotoal ditengah jalan…karena panik, berhenti sebentar trus angkat mtr nyebrang trotoar….nah!!

Ok back to basic mengenai beberapa settingan, di kelas Asia Dream Cup ini keseluruhan motor Honda CBR 250 ini std pabrikan hanya ganti knalpot, gear, rantai serta perangkat pengereman, istilahnya motor dikunci bagian mesinnya tidak boleh dirubah-rubah oleh mekanik masing-masing tim. Jadi persaingan benar-benar fair, hanya skill yg dituntut dari para pembalapnya.

Qtt ini hanya diberikan waktu beberapa menit ya seperti balap juga ada jangka waktunya, namun mereka dapat memulai gas dengan serius untuk mendapatkan laptime terbaik itu dengan sesukanya, artinya tak ada paksaan dari mulai start hingga finish dia harus diposisi terdepan, berbeda dengan balap….apa kunci yg bikeart cermati disini disamping pengamat senior rekan saya Ahmad Jayadi tadi.., pembalap yang telah berjam terbang tinggi mengerti kunci kencangnya motor…aha perlu dijelaskan kartu truffnya…

result

Jadi satu kuncinya saat qtt pembalap pandai macem Hadi Wijaya dari Indonesia dikelas Bebek Underbone seperti Hiroki Ono dari Jepang juga, cari pembalap tercepat saat latihan dan lihat waktunya…setelah itu tempel abis ditrek lurus menjelang garis finish untuk menghindari angin dari depan….so pembalap depan jadi tameng motornya hingga motornya melaju dengan lebih cepat dibanding mtr didepannya. Ini istilahnya slipstreaming atau nunduk abis dibelakang musuh menggunakan kekosongan flow angin dari depan musuh. Itu salah satu mengapa catatan waktu laptime saat qtt bisa lebih cepat..(bersambung- foto danspeed-hafid-bikeart2013)

One thought on “Fastest Lap Of The Race From Bonek Surabaya Gerry Salim…..Honda CBR 250 Asia Dream Cup 2013”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s