Test Ride Suzuki Batman 1300 at Sentul

_MG_9442

Hayabusa dengan body naked ya motor Batman ini, body besar knalpot ala sayap kelelawar Batman, oleh karena itu saya sebut Batman Bike…nama aslinya Suzuki B-King mungkin nama B didepan Batman. Mesin persis sama tentu ada perbedaan dipanel-panel spidometer. dengan tiga mapping pilhan A, B, C untuk dipilih A untuk jalan normal, B bila ingin ngebut disirkuit dan C custom atau setelan saat ingin tenaga bawah berat dan tenaga atas dahsyat…atau kembali ke default utama untuk kondisi trak basah/jalan ujan.

Handling untuk ukuran motor gede dengan berat 235 terasa berat bagi saya yg ukuran orang Indonesia normal, dan memiliki ukuran lebar tanki bahan bakar cukup membuat kaki seperti ngangkang….benar2 lebarrr, seperti memeluk pohon beringgin lebar sekali. Itu berguna mengguranggi terpaan angin saat digas pol ditrek lurus yg waktu itu baru sampai 243km/jam di gigi 6 ditrek lurus Sentul…masih ada tenaga lebih tapi menurut saya cukup dari pada ga bisa liat depan dan nyusruk. Naked bike ya rada susah untuk dipakai topspeed karena helm sudah gedek-gedek terkena terpaaan langsung serasa ditarik satu kontainer kebelakang saat dikecepatan 60km/jam keatas hingga 220km/jam karena disitu akselerasi gilanya mulai membuat jantung srot-srot deg-degan.. Lain dengan si Hayabusa yang bawahnya lebih halus dan gila diatas, si Batman naked ini tipical mesin motor naked yang dibentuk untuk tenaga akselerasi gila. Di Sentul terasa sekali kurang panjang treknya jika naik B-King ini itupun digigi 5 dan 6 masih rpm 12000 saya sudah pindah gigi ke 6 juga saat digigi 6 baru rpm 11500 saya harus rem tuk persiapan masuk R1. Mungkin bisa masuk 290an km/jam jika gigi mtr ini dah diset lebih besar pada ratio gir belakangnya.

General information
Model: Suzuki B-King
Year: 2012
Category: Naked bike
Rating: 74.1 out of 100. Show full rating and compare with other bikes
Engine and transmission
Displacement: 1340.00 ccm (81.77 cubic inches)
Engine type: In-line four, four-stroke
Power: 181.04 HP (132.1 kW)) @ 9500 RPM
Torque: 146.00 Nm (14.9 kgf-m or 107.7 ft.lbs) @ 7200 RPM
Compression: 12.5:1
Bore x stroke: 81.0 x 65.0 mm (3.2 x 2.6 inches)
Valves per cylinder: 4
Fuel system: Injection. Suzuki SDTV fuel injection system with dual injectors per cylinder and ram air intake with large volume airbox
Fuel control: DOHC
Ignition: Electronic
Lubrication system: Wet sump
Cooling system: Oil & air
Gearbox: 6-speed
Transmission type,
final drive: Chain
Driveline: 6-speed constant mesh
Exhaust system: 4-into-2-into-1
Chassis, suspension, brakes and wheels
Frame type: Twin-spar cast aluminum alloy
Rake (fork angle): 25.7°
Trail: 107 mm (4.2 inches)
Front suspension: Inverted telescopic, coil spring, oil damped
Front suspension travel: 120 mm (4.7 inches)
Rear suspension: Link type, coil spring, oil damped
Rear suspension travel: 137 mm (5.4 inches)
Front tyre dimensions: 120/70-ZR17
Rear tyre dimensions: 200/50-ZR17
Front brakes: Double disc. 4-piston
Front brakes diameter: 310 mm (12.2 inches)
Rear brakes: Single disc
Rear brakes diameter: 260 mm (10.2 inches)
Physical measures and capacities
Dry weight: 235.0 kg (518.1 pounds)
Weight incl. oil, gas, etc: 255.0 kg (562.2 pounds)
Power/weight ratio: 0.7704 HP/kg
Seat height: 805 mm (31.7 inches) If adjustable, lowest setting.
Overall height: 1,085 mm (42.7 inches)
Overall length: 2,220 mm (87.4 inches)
Overall width: 800 mm (31.5 inches)
Ground clearance: 120 mm (4.7 inches)
Wheelbase: 1,525 mm (60.0 inches)
Fuel capacity: 16.50 litres (4.36 gallons)
Other specifications
Starter: Electric
Instruments: Analog tachometer, digital speedometer, fuel gauge, water temperature gauge, twin tripmeters, clock, maintenance interval, running time, average speed, gear position indicator, and a S-DMS mode indicator.
Factory warranty: 1 year limited warranty, unlimited mileage.
Color options: Blue, black

batman2

Sistem pengereman soft dan pakem serta empuk sekali mudah untuk ngerem dengan pasti karena dalam kondisi hanya test jalan sepertinya, tidak tuk balap, menurut saya cukup, begitupun suspensi depan blakang adjustable nyaman dan sangat efektif meredam bobot beratnya. Dengan suara halus juga karena masih menggunakan silincer standart tenaga bawah atas lumayan padet dan cepat menurut saya. Dijual dengan harga 340jt di Suzuki Indonesia sepertinya wajar melihat pesaing lainnya untuk kelas 1000cc dan model superbike dengan harga berkisar dirange 320an jt…ini 1300cc cukup dan pas menurut saya. (danspeed-bikeart 2013)

8 thoughts on “Test Ride Suzuki Batman 1300 at Sentul”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s