New Vixion Versi Motogp dan Old Vixion, apa kekurangan serta kelebihan keduanya…

vx versi motogp

New Vixion Motogp

2011-Vixion-merah

Old Vixion

Keduanya menggunakan mesin yang sama beberapa perubahan tentu telah dilakukan pabrikan untuk menyesuaikan perubahan disektor asseories yang sangat berbeda baik ukuran dan dimensi, seperti lebar velg depan belakang new menggunakan ukuran lebih besar juga dengan ukuran ban 120 dibelakang jauh diatas ukuran old vixion, penambahan part sistem disk brake belakang juga berpengaruh terhadap berat total motor varian terbaru dari Yamaha Vixion ini hingga total berat 129kg pada New ini sedang Old hanya 125kg, sedikit perbedaannya tapi itu tetap berpengaruh pada laju motor saat topspeed atau kecepatan puncak, selain itu perbedaan lebar ban belakang juga membawa pengaruh terhadap hasil akhir topspeed motor ini, oleh karenanya tenaga di New dirubah menjadi lebih besar dari Old.

spek n vx

Spek New VX

old vx

old vx 2 New Vx 14,5 pada torsi dan Old 13,1 pada torsi akhirnya….tapi yang saya rasakan saat pengetesan memang sangat terasa sekali tenaga pada kedua jenis motor yang berbeda edisi. Si New terasa lebih pada putaran bawah dibandingkan Old tapi topspeed Old tetap tidak terlawan menembus angka 140km/jam sedangkan si New yang saya coba hanya 134km/jam itupun diangka 130an terasa lebih lama dibanding si Old. Berat dan lebar roda belakang membawa pengaruh, sepertinya Jenis New ini diriset khusus untuk berakselerasi lebih dengan bahan bakar oktan rendah….hmm enak juga, sementara si Old tenaga bawah sangat terasa berbeda…seperti dia harus menggunakan bbm dengan oktan lebih tuk bisa menggunguli si New ini. Perbedaan sistem injector pada New lah yang sebenarnya banyak membawa dampak tenaga ini, karena si New menggusung jenis injector terbaru dibanding si Old seperti tipe yang digunakan di Mio terbaru Yamaha, sepertinya tipe Injector tipe generasi ke tiga….ok, bro tinggal pilih yg mana, keduanya tampak ok, bentuk yang baru lebih seksi dari belakang dengan kesan mtr kelas lebih besar dibanding 150cc atau bro tinggal pakai old tuk mengalahkan scorpio ditopspeed.

back vx

side

Bentuk serta warna baru edisi Motogp ini benar-benar membuatnya wajib dimiliki bagi penggila Motogp, ah mulus tinggal tiap sore dicuci dan dipandangi sambil minum kopi diteras klo bagi saya. Old Vixion pun tak kalah keren…mtr santai dan enak juga digunakan karena lebih langsing terlihat dengan struktur lampu yang sama2 bentuk yang keren dgn Si New. Kekurangannya keduanya ada dimasalah pindah gigi baik turun atau naik saat menggunakan congkelan depan, tidak saat menggunakan sistem seperti naik bebek injak belakang…terasa jeglek-jeglek keras tidak halus seperti yang seharusnya…ini kekurangannya dibanding motor sport dikelasnya, tapi masalah ringan ini dapat diatasi jika anda menggunakan footstep racing, terasa sekali ringan dan mudah congkelan perpindahan giginya terutama saat naik atau saat engine brake, walau tidak seenak Suzuki FXR 150 atau sistem perpindahan gigi Honda CBR150 yang sangat halus dan terasa real racing bike.

Untuk sistem pengereman disk depan, jangan main-main dengan motor keluaran Yamaha, hampir semua motor keluaran pabrikan ini, terjamin mutu pengeremannya bahkan dimotor yang bertenaga kecil seperti matic standart atau bebek harian. Di motor Old maupun New ini luar biasa sistem pengereman disk depannya, mungkin dari ATPMnya dipikirkan bahwa pengereman itu nomer satu untuk kepentingan safety saat ngebut, tapi ati2 dan berlatihlah dulu sebelum ngebut dengan motor jenis ini….karena kepakemannya hampir setara dengan motor Yamaha TZM 150…,ya Yamaha kelas 2 tak yang terkenal bertenaga besar 36 hp kurang lebih dibandingkan dengan Vixion ini yang hanya sekitar 15an hp. Pelajari mengerem yang benar disertai engine brake agar aman, porsi rem depan lebih besar….dan rem belakang menurut saya tidak terlalu perlu, yang perlu itu engine brake untuk menghindari dead lock/ posisi roda mengunci dan sliding saat hard breaking, dari pada sistem ABS diperangkat pengereman saya lebih pilih cukup belajar engine brake dan hard braking yang baik. Itu cukup saat balapan dan tentunya saat pemakaian harian. Ah…rem blakang tak terpakai apalagi ABS tuk motor sepertinya tidak perlu, karena ABS tidak mengenal jalan itu berpasir atau tidak, atau jalan itu ada sisa ceceran oli apa tidak tapi mata kita malah bisa melihat dengan jelas apa disitu ada ceceran oli atau jalan yang berpasir tentunya.

Jika anda ingin menggunakan motor ini tuk latihan balap, tak banyak yang diperlukan tuk memodif, paling tidak hanya cukup lepas spion dan lampu-lampu, serta ganti footstep…atau jika skill telah advance, modif mesin serta ban, serta knalpot racing cukup disertai sett suspensi jika dirasakan perlu, untuk saya, bagi pemula suspensi motor ini sudah cukup bahkan saat anda bermain disirkuit besar seperti Sepang sekalipun.

IMG_2319_resize

foto balap ini-danspeed bikeart tentunya yg moto bro…..

(danspeed-bikeart2013)

foto: via Yamaha-Indonesia.Com

23 thoughts on “New Vixion Versi Motogp dan Old Vixion, apa kekurangan serta kelebihan keduanya…”

  1. Saya rasa top speed di speedo jgn dijadikan patokan.
    Krn new berdsrkan putaran mesin, lo old pake putaran roda…
    Saya rasa beda.. Jika salah mohon maap, cm user harian..he3

    1. setuju memang bukan patokan, satunya old spidometer satunya digital…tapi dijalan serta dalam pengetesan dyno dibeberapa kali tempat pengetesan berbeda…hasilnya berbeda, juga diiyakan mekanik unggulan pabrikan yamaha, so bukan berdasarkan data kertas yg saya baca tok bro…saya test lgs…secara optimal dgn semua komparasi byk perbedaan disemua sisi….saya juga pengguna harian, cuma kebetulan hoby test motor dengan sedikit pengalaman real, bukan kerjaan ga sengaja jadi wartawan bikeart.

  2. Maaf, bukan mau menggulingkan, tapi saya liat di video dan coba sendiri, kalo di old vixion standar itu mentok cuma di 125-130kmpj paling bagus saya liat di youtube buat old vixion standar itu 135kmpj, kalo yg 140 itu udah ga standar mesin sama perbandingan gear rationya
    Kalo untuk new, saya coba sendiri di new vixion yg pas lg mas inreyen, ni motor kuat sampe 129-130kmpj on speedo dan 124kmpj on gps garmin xt, trus coba selisih pake ulysee speedometer paling besar sampe 8kmpj selisihnya dan itu hampir konstan di semua kecepatan selisihnya
    Untuk old saya blm coba sendiri lwt gps, tapi dr bloger” yg ngetes sih deviasinya sampe 10%
    Trims, sekali lagi maaf kalo merasa tersinggung atau terprofokasi, tp saya cuma mau share

    1. gpp mas devan, perbedaan saat test itu pasti ada dan sudah terjadi…..yg penting persatuan akan persaudaraan bukan…pro dan kontra..apalagi masukan itu hal yg menyenangkan bagi kita semua…terima kasih atas tulisannya dan pengetesannya juga…kalau mau test vixion standart yg saya maksud…boleh ko…itu mtr yg saya pakai sendiri standart ting ting..mas bisa lihat sampai berapa kecepatan dispidonya sendiri. tentunya ditrack khusus agar sama2 enak dan aman bukan. salam bikeart.

      Pemred
      danspeed

  3. untuk kelistrikan lebih bagus mana ya?soalnya punya saya yg old sering bermasalah dan pernah sampai mati total

    1. ya sama saja bro…ga ada bedanya ko, hanya yg baru ada sambungan tuk baca kadar carbon diknalpotnya lgs ke ecu…seperti tuk auto tune agar pembakaran lebih tepat, itu langkah untuk menguranggi kadar emisi yg diharapkan dari euro, sedang yg lama tidak…tapi tuk performa vixi lama tetap optimal, asal set ecunya dgn tepat di ahli yg benar2 bisa…dan rata2 blum bisa sehingga seri new dikluarkan perangkat tuk mengatasi set yg kurang pada vixi lama tsb, mati total biasanya sekring longgar atau kendor…itu bisa diakali dgn ganti rumah sekring ….atau bongkar rumah sekring itu dan pasang secara lebih pas dan rapat..salam bikeart dari pemred

  4. Admin yg terhormat. Mau nanya dikit nie itupun lari dari tema.. Knalpot racing yg cocok untuk performa, mesin, akselerasi untuk New Vixion apa ya masbro?? Trms. Slm persaudaraan..

    1. Terima kasih atas pertanyaannya Mas Bimo, maaf baru balas….knalpot yg pas pada dasarnya untuk vixion std coba pilih yg memiliki lubang buang disilincer lebih kecil tapi tidak terlalu kecil sekali….tentu hrs dibantu set ecu vixion itu sendiri…agar akselerasi pas….untuk tenaga tengah enak sekali itu dibanding dgn knalpot yg lubang buang yg besar…biasanya hanya saat gaswoll baru tetapi setelah gaswoll sudah tinggal sedikit…terasa ngempos biasanya…itu menurut saya ya,…berdasarkan pengalaman pribadi, karena perubahan banyakpun diknalpot jenis racing belum tentu bisa ngelawan knalpot std vixion itu sendiri dalam hal topspeed….dgn kondisi keduanya sama2 std,…boleh percaya boleh tidak…..
      salam hormat dari Pemred Bikeart

    1. pilih bandel mesin dan enak dinaiki mas, tergantung kebutuhan..klo focus balap …dulu saya perlakukan mtr digantung, maksudnya mtr disimpan ..dan turun saat balap, nah itu contoh dari saya, sedangkan perkotaan perlu akselerasi, gesit…bandel mesinnya tdk sering mogok atau bikin kepala senewen karena partnya sudah dah gitu mahal lagi…

  5. kalo old vix pake gps android ullyse speedometer kalo ga salah. 140 on speedo di gps cuman 130. wkwkwkk bnyk juga ya pnyimpangannya. (Pake premium)

  6. kalo old vix pake gps android ullyse speedometer kalo ga salah. 140 on speedo di gps cuman 130(Pake premium)

    1. yg baru tentu old vixion sudah tdk diproduksi, tapi mungkin beberapa dealer masih ada ketersediaan barang, biasanya didaerah2 diluar kota besar, harga second lumayan stabil baik yg old atau yg new. bandelnya sudah tak diragukan lagi….dan pasti itu. salam bikeart 2015

  7. Mas…butuh bantuan nih…
    Air pada raiator Old vixi saya sering habis dengan cepat terus air radiator yang tersimpan di penampung samping rangka sering muncrat…itu kenapa ya…? Mohon bantuannya…makasih sebelumnya…

    1. itu sebabnya karena, panas mesin berlebihan lalu, tabung reservoir tempat cadangan air berpindah ke radiator, yg panas diradiator dikeluarkan oleh mesin, sehingga nampak air panas itu keluar, ini hal yg wajar pada semua kendaraan beradiator, nah jika hal itu sering terjadi…walau mesin baru sebentar dihidupkan…coba cek apa kipas radiator hidup, atau cek kabel termostat pengontrol panas tidaknya temperatur apa berfungsi atau tidak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s