Dituning dikit…Langsung serem-Yamaha RXKing 97

IMG_0013

King sentul

2 tak yang terkenal simple dan motor yg banyak diminati pengendara harian ya… RX-King. Motor keluaran 97 ini sudah generasi keberapa dari varian awalnya Yamaha RX-K sekitar tahun 81 muncul dengan bentuk mirip King ini namun tentu ada sedikit perubahan minor dibentuk spido tanki yang masih rata serta sistem oli samping yang digenerasi terakhirnya ditahun 95 telah menggunakan sistem komputer YCLS Yamaha Computerized Lubrication System, lumayan canggih dan bisa menghemat secara tepat kadar oli samping yang masuk ke mesin via karburator, sayang byk yang lalu melepas part ini karena dianggap kurang pas…..padahal mereka salah justru oli yang dipilih yg berkualitas jelek sehingga mesin banyak yang jadi rusak-bukan karena YCLSnya sendiri.

IMG_0008

Motor dengan sparepart termurah dan terbanyak hingga kini, packing topset waktu itu seharga 7000 rupiah, sedang full set paling hanya tak sampai 20rb dengan tipe kw tentunya…..apa bermasalah tentu tidak, hanya saja ketebalan khususnya packing headnya lebih tipis..lho ini yang bikin kompresi mesin naik, ini justru yg dipilih oleh yg gemar tuning King. Gampang dan murah to…beli packing kw aja mtr langsung joss. Tapi harus dibarenggi sett karbu dan juga bahan bakar beroktan lebih ….agar lebih pas mesin tak panas. Knalpot std cukup tuk bermain topspeed jika dgn mesin standart maksimal 150an bisa tembus dengan cepat, namun kekurangan mtr ini distang kemudi cenderung bergetar lebih kencang dibanding saudara dekatnya RXZ. Karena King berangka dudukan mesin depan satu berbeda dgn si RXZ yg bertralis dua. Ingin lebih kencang ubah saringan dalam silincer dgn yg lebih pendek tanpa byk sekat, atau ingin lebih toet tinggal potong tabung lalu sett dengan sedikit ruang chamber yg tersisa…namun pilihan ini cocok tuk karakter main tarikan aja, atau tuk cari putaran bwah galak yang cocok ditrek seperti PRJ kemayoran, jangan harap bisa bermain ditopspeed jika ilmu knalpot blum dikuasai dgn benar.(danspeed-bikeart2013)

 

9 thoughts on “Dituning dikit…Langsung serem-Yamaha RXKing 97”

  1. pak,,mskasih artikelnya sgt mengnspirasi bgt,namun ada yg blm sya ketahui
    1. apakah crankcase rxz sama persis dgn rx king,,?mengingat crankcase asli rx king trnyta mnggunakan crankcase rx special berkode 3HB.

    2. apakah pangkon mesin di rangka rxz bisa langsung dipasangi mesin rx king tanpa merubah apa2?

    sya berencana mnggunakan sasis rxz pda motor king sya,,hehehe
    terimakasih sbelumnya pak..

    1. crankcasenya berbeda antara king dan z, di z memiliki bandul balancer sedangkan diking tidak memiliki balancer sehingga bentuk dan beratnyapun berbeda. kalau untuk pangkon atau dudukan mesin itupun juga berbeda tapi dengan sedikit modifikasi penambahan plat dudukan pasti bisa dilakukan mas…selamat merubah tentu enak dengan rangka panjang rxz dgn mesin king..wah seperti apa ya rasanya….sama 2 indah juga untuk bermain ditrek lurus..salam bro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s