Helm Carbon Fiber Kuat, Ringan dan Menawan….

corsair_v_carbon_4_zoom

Helm aman yang digunakan untuk bersepeda motor diproduksi dari berbagai material campuran yang khusus. Antara lain plastik, fiber glass, serta carbon fiber, dua diantaranya adalah yang sering digunakan untuk produksi helm yang ada dipasaran Indonesia. Helm berbahan plastik komposite sebutannya untuk material helm yang sering dan kita lihat dipasaran lokal yang berstandart SNI. Helm carbon fiber pun produsen lokal membuatnya, namun sebenarnya masih import dari China. Kekuatan serta ringan dari bahan carbon untuk helm ini lah yang membuatnya menjadi pilihan utama pembalap-pembalap untuk menggunakannya. Design bisa sama namun tampilannya jika carbon lapisan luarnya menjadi corak utama tentu menjadi kelas tersendiri bagi pemakainya.

Kekuatan jelas terbukti apalagi jika brand seperti Arai, HJC serta Bell yang membuat, bukan hanya setara kualitas SNI tapi Snell, Dot yang mereka miliki. Harga diatas $500 tuk merk-merk seperti HJC dan merk-merk medium ini, jika Arai harga bisa diatas 15jt.

Konstruksi Helm

Pabrikan membuat fiberglass dan carbon fiber helm atau helm plastik dengan cara yang tak jauh berbeda. Perbedaan utamanya adalah bahan serta campuran kimia untuk lapisan helm itu sendiri. Tikar atau math dari fiber dan carbon dipress dengan resin dari dalam helm dengan cetakan, sedangkan plastik cukup simple dan cepat karena moulding atau cetakan dengan diinjecksi kedalam moulding/cetakannya secara cepat dengan proses panas, seperti pembuatan barang-barang plastik lainnya. Pada bahan fiber dan carbon fiber pabrikan menutup rapat setiap lapisan dengan resin, sehingga pada proses pengeringan material setiap layer tidak ada celah tersisa sebelum lapisan berikutnya ikut menebalkan bagian dari layer terdalam. Baik fiber atau carbon pada setiap lapisannya dibuat dengan posisi sudut yang berbeda, sehingga menciptakan kekuatan tekanan  yang saling mendukung diantara setiap lapisan yang ada, hanya perbedaannya pada material berbahan fiber lebih berat dibandingkan dengan carbon fiber. Apalagi berbahan plastik agar kekuatan bisa sama dengan carbon fiber memerlukan lapisan plastik yang lebih tebal berimbas beratnya membuat leher anda pegal selama perjalanan. sd          c Berat

Bahan carbon fiber sangatlah ringan dibandingkan fiberglass biasa, sudah biasa para perangkat-perangkat balap, seperti tutup-tutup head silinder menggunakan bahan carbon fiber, juga material pada pesawat, serta perangkat-perangkat militer…baik untuk tank, kapal selam atau prajurit infantri modern. Helm yang ringan sangat berpengaruh terhadap pemakainya juga dalam hal keselamatan, dengan semakin ringan beban dikepala maka beban benturan akan berkurang juga. Helm lokal yang saya gunakanpun salah satunya berbahan dari carbon fiber ini juga, tapi walau enak dipakai dan bergaya berbeda…sepertinya pabrikan yang mengeluarkannya kurang bertanggung jawab terhadap sparepart terutama…dimana saya bisa mendapatkan kaca utamanya lagi..setelah pemakaian 4 tahun wah…..disemua toko tak ada, telepon ke pabrik juga bilang tak adaa…..come on bro….helm 2jt ga ada sparepart gimana ini? lebih baik beli yang bermerk sekalian to Arai atau Suomi yang berbahan fiber saja cukup mahal tapi sparepart banyak….hati2 tuk ingin beli helm carbon fiber produk lokal …bro (danspeed-bikeart2014)

Super-light-100-Carbon-Fiber-Motorcycle-helmet-for-racing-free-shipping-YOHE-911-R4 nexx-xrir-full-face-helmet-carbon IMAG0076 icon-airframe-carbon-fiber-rr-full-face-motorcycle-helmet-blue-81809 default

5 thoughts on “Helm Carbon Fiber Kuat, Ringan dan Menawan….”

      1. masa kadaluarsa helm tetap ada tapi bukan pada shell atau lapisan keras luar helm itu, bukan fiber, carbon fiber atau plastiknya tapi material foam atau busa putih didalam itu baik helm itu digunakan apa tidak digunakan, maka ada masa waktu material itu berubah efek membal atau efek daya serap terhadap benturan …..menurut aturan dari Shoei sekitar 4-6 tahun tergantung dipakai didaerah panas atau dingin yang memberi dampak terhadap material foam putih didalam helm, sedangkan material shell terluar yg keras tidak ada masa expired. selama pemakaian dalam kondisi wajar. Hal ini bukan menurunnya kualitas karena dampak langsung…seperti pernah jatuh, dijemur diatas kompor, atau direndam didalam air laut dalam waktu lama.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s