Adrenalin Rio SB tak hanya di Mobil..

/rio 1e

Pribadi yang kalem, santun dan ramah..Dialah Rio SB/Rio Saputro, sosok pembalap mobil Indonesia pertama yang dibahas diBikeart. Walau dia dikenal luas hingga Asia sebagai pembalap mobil Drift dan Touring Car namun sesungguhnya jiwa balapnya muncul berawal dari kegemarannya memacu sepeda motor sewaktu dibangku sekolah.

Motor underbone/ motor jenis bebek incarannya pertama, karena memang motor ini banyak dimiliki kawan2 dan sebagai kendaraan untuk mobilisasi ke sekolah paling aman waktu itu, dibandingkan dengan angkutan umum seperti bis yg berisiko untuk diserang karena tawuran pelajaran yg sangat marak diJakarta hingga kini.

fb s

CBR 2 fb

 

Balap liar, nongkrong bersama teman2 dan setting motor hingga full dibengkel untuk mempercepat laju motor tentu juga dijalani pembalap drift ini pada awalnya. Seringnya ikut balap motor liar dijalanan, tak membuatnya jera waktu itu..ujarnya. Hingga Ayah melarangnya tuk kegiatan nekat seperti itu. Tentu jiwa muda yang meledak2 juga kita rasakan diumur belasan seperti kebanyakan orang, hanya kesempatan untuk bisa serius balap tentu tidak sama. Ayah Rio menghendaki agar anaknya ini dapat menyalurkan hobinya kearah yg positif, kucing2ngan agar tidak ketahuan orang untuk balap akhirnya disudahinya…setelah sang ayah meminjamkan mobil honda estillo tua  untuk dipakai latihan balap. Dimulai tahun 2006 lalu…ia menekuni keseriusannya diroda 4 karena lebih aman menurut sang ayah. Turun dikelas pemula touring car dia selalu mempelajari lawan2 seniornya. Tempel terus, rem jarak dekat dan banting setir diracing line yang tepat menjadi pelajarannya dibalik kemudi mobil estillo tersebut.

Prestasi demi prestasi diraihnya, hingga dikelas balap Touring Car kejurnas 2012 ia bergabung dengan Honda Racing Indonesia mendampinggi sang master Alvin Bahar dengan mobil Honda Jazz 2012 hingga tahun 2014 ini. Prestasinya luar biasa juga, ditahun pertama dia berhasil masuk jajaran 5 besar grup terdepan, beberapa kali finish terdepan. Di balap kelas Drift car prestasinya juga luar biasa hingga menjadi Runner-up Asean Drift dibelakang pembalap Jepang ternama.

Ngebut diatas motor dan mobil yang membuat adrenalin semakin terpacu adalah kegemarannya, walau profesinya pembalap mobil touring car dan drifter namun kecintaan kepada motor tak luntur, bahkan dari jenis bebek hingga motor sport multi silinder dimilikinya tuk sekedar melepaskan penat dimusim kompetisi dan jadwal latihan yang padat dipertengahan tahun. Bikeart sempat sowan kerumah Bro Rio sambil ngopi dan ngebul diiringgi raungan test motor pilihannya yg padat berisi ini, Honda CBR 600RR 2012 ini. Menurutnya tenaga dan pengendalian termasuk suspensi lebih enak dan lembut dibandingkan Yamaha R6 lamanya. Walau motor ini masih standart ada sedikit modif pada bagian silencer yang dia rubah menjadi pipa free flow stainless agar suara menjadi lebih mantab terdengar dibanding silencer standart menurutnya. Pernah ditest topspeed diSentul dalam kondisi seperti ini hanya sampai 200km/jam dengan time masih slow menurutnya 1:56/ lap di Sentul. Ada limiter kecepatan hanya sampai dibatasi di angka 200km/jam…oh sayang sebenernya, menurutnya gpp mungkin ini prosedur keselamatan dari pabrikan Honda untuk jenis CBR 600RR jalan raya. Tentu saya juga masih belajar mengendarainya  diSirkuit, ujar Rio dengan rendah hati…., saya masih mempelajari karakternya, terutama profile ban standartnya yang lebar namun tidak tinggi sehingga saat menikung terasa berat dan ada gaya narik kearah lurus, padahal saat nikung sudah saya tekan habis kearah racing line…sepertinya memang profil ban leban tipis yang membuatnya susah dimiringkan, di CBR250 yang pada berlatih saya melihat mereka dapat menikung dan rebah dengan mudah karena profile ban yg tinggi…, tapi memang jiwa saya dimotor tidak bisa dihilangkan, adanya terpaan angin langsung…rasa jenggutan tarik kebelakang saat akselerasi cepatnya motor 4 silinder ini dan posisi miring di tikungan membuat saya tambah tergila2 akan nikmatnya riding diatas jok motor hahahahaha,…ujar Rio saat bertemu Bikeart kemarin. ( jawara yang rendah hati serta ramah….pasti banyak gadis2 akan puyeng tujuh keliling jika mengenalnya…hahahhahah keep rolling bro Rio, Bikeart menantikan semua seri balap bro Rio….)

(danspeed-bikeart2014)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s