Solusi Untuk Mesin Brebet (fun story) : Share Pengalaman Motor Crew Bikeart NSR R:

IMG_0136e

Tip berserta dialog : berikut cerita asal muasalnya…..silahkan dibaca..

Crew :Pak motor saya kenceng nih klo diadu ma motor2 lain,….
saya: motor apa brow lainnya itu?
crew: ya motor-motor yg ada dijalan itu pak….bebek-matic scorpio…
saya: ah masa sih….(perasaan motor lo ga kerawat gitu)
crew: coba aja pak, monggo ditest….
saya: setelah cek sono sini kondisi motor, mulai liat rantainya masih nempel ga?, cek kabel gas bisa nyangkut pas digas pool nga nih,…cek suratnya masih idup pa motor bodong nih, cek bannya masih bisa napak ma aspal ga nih….baru naikin motor sambil diencet 2….gimana ayunan suspensi depan belakang…apa bisa bikin gw mental pas akselerasi, apa aman bener nih…., nah trus ambil helm pake jaket tebel, sepatu juga yg mirip racing…
langsung keluar garasi redaksi…test cari jalan aman menuju tempat track…tapi sewaktu blum jauh dah coba2 gas saat jalan sepi…ko” kayanya berat bener nih…ah jenis motor racing nih…soal diblok mesinnya ada tulisan honda racing,…(pikir gw wah ni mtr balap ga bisa jalan pelan kali)
…nah terus sampe tempat track…..coba dari gigi 2 sambil jalan…langsung gas poll…weehh ko nahan di rpm 7000 nih, lanjut masuk gigi 3 …masih juga berebet parah…masuk lagi ke gigi 4 5 dan 6 waaa….cuman dapet lari 90km/jam….duh pie ikie…kwkwkwk brarti bener nih,….maksudnya bener2 brebet abadi ni motor crew gw……kwkwkwkk

Ga lama langsung bosen ngetest nih motor….harus balik ke markas nih, sesampai dimarkas….crew : gimana pak, kenceng kan…pak? saya : ah yang bener bro…brebet abadi itu mah…ko lo bilang bisa ngacir gitu lawan motor2 laen…pegimana ceritanya? crew : bener orang itu dah disetting di 3 bengkel abis banyak saya pak..jelas kenceng donk…mekanik2nya aja bilang ni spesial mas….emang ga mau langsung, situ bawanya harus ngurut dulu (nah dalem hati saya….apaan pake ngurut-ngurut emangnya badan pegel musti diurut…) saya : ok gini bro…mo gw bantuin nga ngatasi mbrebet abadinya ini….? crew : gimana tu pak? saya : (dalam hati…hhmm ga pernah baca tulisan disini nih…bacanya apaan ya, bisa jadi begini…) ok gw bantuin secukupnya ya asal ga brebet abadi lagi…soal lo ga cocok kenceng2 sekarang bahaya, lagian dah berkeluarga kan lo bro…. crew : ok pak…setelah beberapa saat mtr sudah didiamkan dan dingin..beberapa peralatan bengkel standart seperti obeng ples, kunci2 tuk buka tangki bensin nsr ini dan cover samping motor…skalian cek barangkali ada masalah kelistrikan……

satu persatu bagian motor dilepas….jok pertama dgn kunci standart, cover belakang kanan kiri, lalu lepas selang bensin dari tanki ke karbu…ok….dan telanjang ni motor, pertama cek seperti apa warna busi…untuk mengetahui kondisi busi(baca warna kepala busi) itu hal yg wajib dilakukan pertama kali bila ada masalah seperti mrebet, nembak2…dsb.

Ternyata keadaan busi pada motor ini hitam, berjelaga penuh kerak…..berarti ketahuan dgn pasti sebabnya kira2 terlalu boros bahan bakar berlebih…., ok lalu saya ganti businya dgn busi baru dengan tipe sama…yaitu busi standart nsr. Setelah pasang busi itu….saya buka karburatornya..tuk mengecek bagaimana kondisi semua partnya apa lengkap dan sesuai ukuran stdnya paling tidak. Setelah lepas karbu…kepala tutup karbu yg berisi piston skep dan jarum karburator saya lihat ada diposisi klip keberapa dari kalau ga salah ada 5 setelan klip atau tiga….rada2 lupa karena kejadian ini sudah hampir setahun lalu…, dan ternyata posisi klip ada diposisi paling bawah..itu tandanya kemungkinan setelan itu terlalu boros bensin yg keluar dari karbu dan masuk ke ruang pembakaran, karena setelan posisi standartnya ditengah ….kalau terlalu boros sudah jelas pembakaran dgn perbandingan komposisi udara, bensin dan api tidak tepat yg bisa menyebabkan brebet parah…lalu posisi saya kembalikan ke klip ditengah lalu pasang semuanya seperti sedia kala dan dihidupkan…dipanaskan beberapa saat ..lalu test kondisi stasioner dan digas ditempat ga terlalu tinggi hanya di rasakan feeling apa seperti tadi ada gejala brebet atau berat saat rpm bwah hingga di angka 7000, dan bagaimana diangka diatas itu…ternyata dirasakan sudah lumayan tentu dengan set setelan angin yang tadinya 4 setengah putaran buka..dgn kondisi sekarang klip sudah ditengah brarti lebih irit..tentu setelan angin juga saya kecilkan…diangka 1 seperempat putaran buka…dicoba hingga 2 putaran buka…ternyata lebih pas dan enak di 1 setengah putaran buka….ok lanjut saya persiapan dan test dijalan yg sepi dan aman….ternyata cukup melegakan semua masalah tadi hilang…mtr ringgan sekali….tanpa ada berat dan bunyi diknalpot juga walau masih knalpot standart mtr ini terdengar lebih garing dan bisa meraung lepas….gigi 1 ga digas dengan pelan tapi bertahap juga melewati gerak RCvalve yg bekerja awal di 7000rpm hingga 9000 aman tidak ada sendatan brebet parah hanya nahan saat rpm belum cukup membuka RCvalve…aman sampai rpm tertinggi…lanjut ke 2 aman juga..masuk ke 3 aman, lalu lanjut ke 4 tapi di gigi ini tidak sampai top..karena trek sudah tak memadai…dan saya pikir sudah cukup mtr ini sudah masuk 100 lebih dengan ringan…agar crew saya juga aman dan ringan ….saya rasa ga perlu saya test tuk topspeed …karena buat saya juga ga aman selain itu…yg punya motor juga terlalu mahir untuk main gila2an…

kira2 seperti itu, setting motor berdasarkan analisa langsung dgn sedikit cerita tentunya….yang ringan2 aja…fun …dan yg membuat saya juga santai tentu buat pembaca bikeart juga bisa selow sambil senyum tentunya…dan kalau ada yg ingin konsultasi di sini monggo dipersilahken…..tapi ingat ” jalanan milik orang2 ramai juga bukan milik kita sendiri, kecepatan tinggi mempunyai resiko tinggi dan jarak pandang yang semakin sempit juga……no room for error “danspeed-bikeart 2014,…this story dedicated for our Friend and Bikeart Crew Alm. Teddy…Died in Sirosis last des 2013….

(bersambung-danspeedbikeart2014)

3 thoughts on “Solusi Untuk Mesin Brebet (fun story) : Share Pengalaman Motor Crew Bikeart NSR R:”

Leave a Reply

