Kelebihan Mesin 1 Silinder 150cc….Murah, Cepat, Ringan (Balap MCR ala Bikeart)

IMG_1856 fbSingle piston tentu memberikan banyak kelebihan daripada twin, apasaja kelebihannya…..bisa dibayangkan sendiri.

Ok seperti ini kisahnya…hhmm, tentu 1 lebih ringan dibanding 2, maksudnya dengan satu piston tentu lebih ringgan berat dibanding adanya 2 silinder. 2 berarti 2 silinder memiliki 2 stang seher, bentuk blok mesin yg lebih besar,2 boring piston serta dua karburator…tapi dimesin pembakaran tidak harus 2 piston dgn 2 karbu sepertinya ini tidak juga,4 jadi 1 seperti di jenis mobil harian..bisa banyak piston tetapi tetap 1 karburator atau 1 injection bukan? coba apa mobil anda 4 piston 4 karburator/injection( tidak mobil balap four barrel).

5

Nah sedang dimotor 2 piston berarti kebanyakan 2, seperti istilahnya mirip 2 mesin digabung menjadi satu walau tidak sepenuhnya dua blok mesin dan 2 gear box, tetap memiliki kelebihan dalam hal bobot….mesin satu piston jelas menang. Dalam hal tenaga cukup asalkan diset sesuai dengan kapasitas maksimalnya. Mengapa 1 menguntungkan…..karena simple dan tidak perlu set 2 pembakaran yg tentunya hrs sama sempurnanya, seperti contohnya motocross se semua 1 piston, contoh praktisnya seperti itu.

CBR 150 R
CBR 150 R

Dalam hal perawatan jelas terbukti lebih mudah dan murah tentunya, piston lebih sedikit tentu tenaga lebih karena bobotnya itu tadi sebanding dgn tenaga. Praktisnya pabrikan juga menjual motor dengan harga lebih terjangkau untuk konsumen khususnya di Indonesia dan Asia pada umumnya. Dimana motor dikawasan tersebut kebanyakan digunakan untuk durabiliti yang lebih tinggi dan berjam tinggi lebih banyak dibanding pemakai moge. Kilometer motor2 bercc kecil kawasan Asia tentu lebih banyak dibanding pemakai mogenya. Seperti itu gambaran kasat matanya…., Dalam hal suara single tentu kalah cool menurut saya, juga getaran yg dihasilkannya tidak sehalus pembakaran mesin diatas 1 piston.

Tenaga dalam hal topspeed2 dibeberapa superbike kelas 1000 dibatasi 2 silinder sedangkan motor 4 silinder/piston hanya boleh 750cc dalam aturan balap WSBK dulu hingga sekarang. Ducati 2 piston waktu jaman balap WSBK diSentul 95 1000cc sedangkan Yamaha, Honda serta Suzuki dan Kawasaki menggunakan mesin 4 piston hanya boleh 750cc, Ducati unggul ditorsi sedang Japan Bike unggul di Topspeed. RPM Duc 10.000 sedangkan Japan Bike sanggup 15.000RPM. Ini sebagai pengambaran saja….

1

Jangan lalu minder dengan motor 1 silinder…tergantung sekarang yg setting, dan komparasi mtr balap prototipe dan produk massal tidak bisa disamakan. 4 tak ke 4 tak 2 tak ke 2 tak, moge ke moge, mocil ke mocil….single ya ke single, twin ke twin…tehnologi dohc ketemu dohc dan sohc ketemu sohc. Di tahun 2014 ini balap 1 silinder akan lebih ramai lagi, segera persenjatai motor kesayangan bro….dan turun dgn persiapan matang, part racing, accesories itu semua hanya sarana yg penting mental yg harus ditingkatkan dan jam terbang. Apapun motornya yg akan naik kepodium adalah yg pembalap yg bermental juara. Ada Yamaha Vixion, Honda CB 150R, Ada Honda CBR 150 R, Suzuki FXR 150(sudah tdk produksi jgn dipakai balap ya mas!) dikelas 150 yang cukup terjangkau untuk dijadikan pacuan menuju cita-cita MOTO3 kelas dunia ayo start your engine bro. (balap MCR ala-danspeed-bikeart2014)

2 thoughts on “Kelebihan Mesin 1 Silinder 150cc….Murah, Cepat, Ringan (Balap MCR ala Bikeart)”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s