Rubrik Konsultasi Mesin

Silahkan bertanya segala hal seputar dunia sepedamotor, baik problematika seperti kerusakan mesin, settingan atau hal lainnya..atau mengenai tehnik berkendara/balap, segera mungkin dan sebisa mungkin akan kami bantu jawab. thx

atau untuk chat langsung ke Facebook Majalahbikeart silahkan klik foto link dibawah ini  s

12 thoughts on “Rubrik Konsultasi Mesin”

  1. Salam bikers,

    Bro mohon pencerahannya. Skrg saya lagi custom knalpot standard ninja S tahun 2002 milik saya, perut di bersihkan rata, dan silencer ditata ulang. Dengan kondisi mesin standard,efeknya plus minusnya apa ya?

    Terima kasih,

    Jaja

    1. klo knalpot std dibersihkan maksudnya dibuang saringan tabung maka efeknya nafas pendek ga panjang….jadi topspeed ga bisa tercapai. kecuali knalpot standart bentuk racing….lumayan atas bawhh….,minus standart dibobok habis top ga dapet paling lari 100km/jam mentok, dan bawahnya bringas cuma sampai rpm 7000an…kira2 bgitu bro jaja

  2. saya pnya ninja 250 entah pmgaruh knalpot apa bkn… kalo kondisi mesin dingin mesin susah dinyalain, kadang malah harus pakai choke biar bisa nyala…tp kalau panas mesin agak stabil wlopun stasionernya naik turun… 2 hari ngga dinyalain kok tiba2 pincang alias pembuangan malah yg klwr cm satu yg satu yg klwr..jd 2 silinder tp yg fungsi 1 itu knp yaa????

    1. coba mas cek kedua busi, dan perhatikan…bisa terjadi ada kebocoran disalah satu ruang bakar…misal piston kiri, atau piston kanan…semua nanti terlihat dibaca, istilahnya baca busi…..bagaimana kondisi busi…dari situ mas bisa lihat, apa salah satu busi terbakar dengan baik diruang bakar, posisi lebih hitam kelebihan pengaturan pembakaran, warna busi kuning berarti pas, warna busi putih berarti kurang dibahanbakar yg terjadi diruang bakar….atau kondisi busi ada embun air, dan berwarna hitam oli atau abu…berarti packing ada kebocoran…air dari radiator masuk ruang bakar,…apa kondisi knalpot bro mengeluarkan asap berlebih…klo hitam kelebihan bahan bakar ketika digas dalam kondisi stasioner, kalau putih bisa ada kebocoran air radiator atau oli mesin masuk lewat ring yang telah menurun kondisinya…byk faktor penyebab semua ini…coba cek dulu satu persatu..lalu share ke bikeart…nanti kita bahas bersama, atau ada teman2 lain mau menambahkan…

  3. saya pnya ninja 250 entah pmgaruh knalpot apa bkn… kalo kondisi mesin dingin mesin susah dinyalain, kadang malah harus pakai choke biar bisa nyala…tp kalau panas mesin agak stabil wlopun stasionernya naik turun… 2 hari ngga dinyalain kok tiba2 pincang alias pembuangan malah yg klwr cm satu yg satu yg klwr..jd 2 silinder tp yg fungsi 1 itu knp yaa????

  4. Mohon pencerahannya bro.. ninja 250 mono saya klo nesin dingin setiap baru dinyalahin/dipanasin terdengar berisik dari samping kanan dan atas seoerti tektektektek…. setelah panas kuranglebih 5 menit baru hilang.. padahal sebelumnya ga begitu?

    1. gpp bro budy…itu biasanya proses pemuaian part metal, biasanya terjadi pada knalpot2 motor2 4 tak karena bahannya, normal ko itu gpp…kalau suara itu berasal dari bagian blok mesin…brarti panas yg datang setelah mesin dihidupkan masih perlu penyesuaian pemuaian…jarang sepertinya kalau blok mesin itu bunyi tek tek tek…karena bahan blok mesin itu almunium dycast …dia beda jenis pemuaiannya dengan besi…selain itu bahannya padat tidak seperti bahan pada tabung atau pipa knalpot…., coba perhatikan dan deskripsikan lagi…kesini..agar saya lebih jelas samping kanan dan atas bagian dari mana ? apakah itu suara dari mesin atau knalpot..salam bikeart

  5. Mohon pencerahannya mas,saya punya ninja 250 karbu th 2008,mesin saya ada bunyi cik cik cik klo pas rpm rendah atau pas stasioner. kaya suara kamrat .yang mau saya tanyakan apakah karakter mesin ninja 250 yang karbu memang begitu.
    terima kasih mas…

    1. bukan karakternya….suara itu kencang atau kecil relatif, tapi memang mesin dgn cc 250 tentu sedikit beda…rantai kamrat atau ketang kendor bisa juga, atau rumah kopling sudah goyang …bisa diketahui saat stasioner handle kopling ditarik maka suaranya jika lebih kencang brarti rumah kopling oblak istilahnya….kalah rantai kendor coba cek stelah penekan rantai tsb apabila sudah mentok brarti benar, tapi klo blum brarti bukan itu…salam bikeart from danspeed

    2. bukan karakternya….suara itu kencang atau kecil relatif, tapi memang mesin dgn cc 250 tentu sedikit beda…rantai kamrat atau ketang kendor bisa juga, atau rumah kopling sudah goyang …bisa diketahui saat stasioner handle kopling ditarik maka suaranya jika lebih kencang brarti rumah kopling oblak istilahnya….kalah rantai kendor coba cek stelah peneka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s