Dampak Debu Vulkanis Erupsi Gunung Kelud Indonesia pada Kendaraan

COLLECTIE_TROPENMUSEUM_Solfataren_in_de_krater_van_de_vulkaan_Gunung_Kelud_TMnr_10023721

Kelud_eruption_2014_ash_in_Yogyakarta

Foto : Debu Vulkanik Erupsi G. Kelud di Jogja 2014

Bukan saja menutupi jarak pandang, debu ini memberikan dampak berbahaya bagi pernafasan mahluk hidup. Letusan Gunung Kelud di Jawa Timur ini merupakan rekor terbesar dalam hal debu vulkaniknya yang terbawa angin hingga hampir menutupi sebagian besar pulau jawa.  Bagi pengendara motor dan mobil diharapkan kewaspadaannya terhadap jalan raya dan jalan-jalan dipedesaan, karena semua permukaannya tertutup debu yang sangat tebal dan membuat licin traksi grip roda kendaraan anda. Harus ekstra waspada selalu, dan perhatikan untuk tidak menambah akselerasi secara mengagetkan atau deselerasi dengan cepat.gambar 3

Tentu filter saringan udara pada mesin juga akan sangat kotor karena filter akan menampung seluruh debu yang tersedot ke dalam mesin. Setelah musibah debu berakhir diharapkan untuk membersihkan atau menganti part busa filter pada motor-mobil kesayangan anda.

Yang perlu diwaspadai :

1. Permukaan jalan baik diperkotaan dan dipedesaan tertutup debu sehingga licin bagi pengendara

2. Filter saringan udara kendaraan kotor karena menyaring debu ini.

Cara Bersihkan Filter :

gambar 4

1. Lepas Box filter dari kendaraan seperti gambar diatas, lalu lepas busa filter dari boxnya

2. Cuci kedua bagian tersebut baik boxnya maupun busanya dengan air bersih…setelah kering kedua part itu, untuk sementara ini basahilah part busa maupun boxnya dengan oli yg telah dicampur minyak bertujuan agar debu2 alus cepat tersaring lagi difilter tersebut, sehingga busa filter lebih efisien menangkap particle debu halus, juga pada permukaan dalam box filter. Walaupun tidak terlalu baik untuk pernapasan motor pada saat kondisi udara bersih(tidak berdebu) tetapi langkah ini dapat berguna mengantisipasi particle debu masuk ke ruang pembakaran yg dapat menyebabkan kerak bertumpuk, kemudian dinding seher anda menjadi baret….gpp kan tidak ngebut-ngebut dijalan saat kondisi tidak memungkinkan seperti saat ini to mas?

(bikeart2014-sumber foto gunung-lokasi  wikipedia)

7 thoughts on “Dampak Debu Vulkanis Erupsi Gunung Kelud Indonesia pada Kendaraan”

      1. bahaya tentunya bro…prihatin nih kita yg dari jakarta, asep terdahsyat letusan sepertinya….dari pada merapi dan sinabung, semoga krakatau kecil tidak ikut2an meletus….abunya dulu sampai swedia..itu lebih parah lagi….

      2. tapi abu ga sampe jakarta kan om? bandung td info dr org rumah kebagian abu. saya di purwakarta Alhdulillah ga kebagian sampe td plg kerja….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s