Ingin mencari part yg susah atau barang bekas murah….berikut tipsnya

IMG_9687

Kebutuhan untuk modif atau mencari sparepart secara mendadak disaat kita kesulitan uang atau part yang dicari, bukan menjadi masalah kalau kita sering berburu barang diloakan…atau lebih dikenalnya pasar barang bekas. Terkadang motor-motor lama milik kita ketersediaan part menjadi masalah terutama saat dicari didealer resmi, sparepart simpanan sudah menghilang dari peredaran karena motor telah stop produksi dan mungkin mtr yg kita miliki itu keluaran era jauh jaman pemerintahan orde baru.

Jangan strees atau mabok dijalan lalu uring-uringan, tunggu dulu bro…coba jalan-jalanlah dengan meluangkan sedikit waktu saat senggang untuk iseng ke tempat-tempat pasar loak tersebut. Untuk daerah Jakarta Selatan anda bisa menemukannya disepanjang jalan raya Pasar Minggu sebelah bengkel resmi VOLVO, atau disepanjang jalan akses kelapa dua depok menuju Kampus Gunadarma Kelapa Dua. Disana barangkali bisa menemukan barang-barang yg tidak terpakai namun masih dalam kondisi layak untuk pengganti sparepart motor anda.

Ada tips ketika anda ingin kesana :

1. Jika ingin membeli dengan harga murah…tampilan apa adanya mulai dari tampilan anda(hilangkan kesan anda biker berduit) mulai sepatu bisa saat kesana coba gunakan sendal jepit yg sudah uzur, motor juga jika tidak ada mtr buluk coba parkirkan jauh agar para pedagang disana tidak melihat motor superbike anda yg  penuh dengan perangkat accesoris meling-meling..salah salah selain harga yg didapat malah mahal sekali….ehh motor anda digondol pencuri yg ingin menjual perangkat serta mendapat accesories meling-meling juga untuk motornya, dari yg katanya superbike anda itu…kalau begini siapa yg untung ?…pencuri atau anda.

IMG_9698

2. Anda kesana sudah menalokasikan dana atau belum, jika belum sebaiknya alokasikan dulu. brapa dana yg sekiranya ingin dibelanjakan, karena jika tidak…ketika anda melihat barang yg diinginkan tapi kantong belum mendukung..maka pedagang tersebut akan menggandakan harganya ketika tidak hari itu anda mengambil brg tapi beberapa hari kemudian setelah anda didukung pasokan dompet anda…, dengan alasan pedagang mengatakan ” wah mas brg itu sebenarnya sudah ada yg dp saat kemarin mas ga jadi ambil, “….hmm enak bukan.

3. Cari sparepart yg masih ori, lihat ada bekas-bekas repair….bisa dilihat ada colekan bekas obeng disana yg terlalu terlihat jelas, atau ada bekas las -las, baik las listrik, las argon atau las lainnya.

4. Telitilah disitu berbagai part dengan tidak ada recomendasi pabrik, berarti apa yg ada disitu terserah pedagang yg menjual…baik asli ori, kw 7 sampai kw 11 bahkan ada part terkadang sparepart kapal boat bisa juga ada disitu….cek jenis part itu..apa bisa diaplikasikan atau malah salah2 mtr anda menjadi trouble karena penambahan prangkat tersebut.

5. Boleh membeli tapi tak hanya melihat bentuk luar, ini yang sering salah kaprah…dikira brg bgs setelah dibeli sampai dirumah ternyata isi dalam tanki bensin itu full karat abadi walau dilihat luarnya mulus.

6. Jangan lupakan sebaiknnya anda mengenali ciri khas part ori…karena disitu pasti banyak barang bekas, dan walaupun bekaspun barang itu kw 9…nah mampus apa mampus klo dibeli dgn harga part ori bekas tapi ternyata kw-kw an….harga sama.

7. Cara menawarnya…tawarlah serendah mungkin, karena brg disitu byk yg didapat dengan murah atau cuma2 ….misal tawar dibawah separoh harga yg mereka tawarkan.

ok selanjutnya nantikan edisi komplit dimajalahbikeart lainnya…-copywrite lho dari bikeart-

2 thoughts on “Ingin mencari part yg susah atau barang bekas murah….berikut tipsnya”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s