ASIA DREAM CUP Free Practice 1 & 2 Seri 2

TMS_2417

5 Juni 2015, Sirkuit Sentul

Sesi FP 1 dan 2 pada siang hari tadi diikuti oleh 19 peserta dari berbagai negara asia seperti Jepang, Malaysia, Philiphina, Singapura, China, Indonesia, Australia, Srilanka, India, Thailand, Taipe. Pada latihan bebas Free Practice/FP 1 tadi beberapa peserta yang baru mencoba sentul terlihat masih meraba-raba bentuk racing line yang tepat dalam mengitari sirkuit Sentul, namun bagi peserta tuan rumah seperti Yogha Dio(#9) dan Md Febriansyah(#10) yang telah hapal Sentul hanya tinggal mencari settingan suspensi dan settingan ecu dari motor Honda CBR 250 Fi tunggangan mereka tersebut. Setelah menyesuaikan beberapa lap-lap di FP 1 yg diberikan waktu selama 40 menit, di 2 putaran awal Yogha mengatakan bahwa perlu pengerasan suspensi belakang pada motornya..terutama ketika masuk tikungan R7 dan R11 bummpie atau track yg bergelombang sangat menganggu konsentrasi titik gas buka di R7 dan titik lapping point tuk total menikung kekanan. Dari beberapa sesi test latihan ini motor sudah terasa bertenaga dan ringan walau sempat beberapa kali setting ecu…beberapa kali Febri sempat mendahului saya di tikungan S kecil, namun itu tidak menjadi masalah..malah saya dapat lebih mengerti dimana nanti pasnya untuk bisa lebih rapat kedalam tikungan untuk defensive saat race besok.

IMG_8794

Settingan sudah lumayan dibandingkan saat FP1 pagi tadi, beberapa lap hingga akhir saya bisa memimpin grup terdepan, walau dipepet terus oleh pembalap Jepang namun itu menjadi lebih seru bagi saya, tinggal sedikit penyesuaian lagi di sisi set ecu, saya rasa saya bisa lebih ringan saat start besok,” ujar Febriansyah(#10)

IMG_8820

Sementara itu Muklada Sarapuech(#18) pemimpin klasemen Asia Dream Cup mengaku masih kesulitan untuk mencari line yg tepat saat masuk ke tikungan S kecil, walaupun sebenarnya jenis tikungan cepat ini saya suka..namun beberapa kali sempat masuk ke gravel walau saya tidak terjatuh,” ujarnya.

Kelas balap Asia Dream Cup ini sebenarnya ajang menjari bibit pembalap unggul di Asia yang diselenggarakan oleh Honda Motor Asia, menggunakan motor Honda CBR 250 standart yang hanya diperbolehkan menganti footstep, knalpot dan mapping untuk ecu serta kombinasi sprocket yang disesuaikan oleh permintaan para pembalap yg membawa motor tersebut. Dari pemilihan pembalap-pembalap terbaiknya ini akan dilanjutkan untuk memacu motor kelas 600 Supersport untuk selanjut naik kekelas Moto3 GP.

TMS_2381 TMS_2423

(Foto/tulisan Danspeed-M Chrysa -MajalahBikeart2015)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s