Foto Gallery Final Suzuki Indonesia Challenge 2015

Peserta Suzuki Indonesia Challenge
Peserta Suzuki Indonesia Challenge

Suzuki Indonesia Challenge adalah sebuah program balap yg dibuat PT Suzuki Indomobil Sales (PT.SIS) roda 2, dalam rangka audisi pencarian pembalap muda berbakat, bernyali dan terbaik di Indonesia. Program ini telah memasuki season 2 yg diadakan sejak bulan Mei 2015 hingga November di 9kota, dan kemarin ini adalah tahap grand final, untuk kembali mencari 3 pembalap muda Indonesia terbaik yg akan dapat berkesempatan bertanding di tingkat yg lebih tinggi yaitu Suzuki Asian Challenge 2016.

Sebagai catatan, Suzuki Indonesia Challenge season 1 telah sukses diadakan sejak Des 2014 hingga Maret 2015 dan berhasil mencetak pembalap berprestasi di tingkat Asia yaitu Andreas Gunawan, Adhi Chandra dan Dedi Kurniawan. Andreas Gun pembalap berusia 20 tahun asal Lampung berhasil mengharumkan nama Indonesia di tingkat Asia lewat kejuaraan Suzuki Asian Challenge 2015 ( Asia Road Racing Champhionship). Perbedaan antara penyelenggaraan season 2 dengan sebelumnya adalah penambahan kelas Young Star Cup, pembatasan usia pembalap dan penambahan lokasi audisi dengan total 9 kota.

Audisi pencarian pembalap muda berbakat ini difasilitasi penuh oleh PT. SIS sebagai penyelenggara. Sepeda motor yg digunakan yaitu Suzuki Satria FU 150 dan Suzuki Satria F115 Young Star telah berspesifikasi khusus balap dan memiliki keseragaman seting sehingga para pembalap hanya perlu untuk membawa peralatan safety riding gear pribadi dan tidak perlu terbebani dengan bayangan biaya balap. Suzuki Indonesia Challenge diciptakan sebagai balap yg mudah dan murah untuk diikuti oleh para pesertanya.

Sebanyak 45 pembalap yg terdiri dari 27 pembalap kelas Satria Cup dan 18 pembalap kelas Young Star Cup mempersiapkan fisik dan mental masing-masing sebaik mungkin dan memanfaatkan fasilitas yg diberikan oleh PT. SIS seperti training dari pembalap pro Nobuatsu Aoki untuk membiasakan diri dengan karakter sirkuit dan memperbesar peluang untuk menjadi pemenang. Kelas Satria Cup diikuti oleh pembalap berusia 14 – 20 tahun, sedangkan kelas Young Star diikuti oleh pembalap berusia dibawah 14 tahun. Tujuan pembatasan usia tersebut adalah guna mendapatkan talenta terbaik yang prestasi dan mentalnya masih dapat dibentuk 5 hingga 7 tahun kedepan, dengan harapan dimasa depan nanti para juara bisa menjadi kebanggaan Indonesia untuk berkompetisi di tingkat Int yang bergensi seperti WSB dan Motogp di usia yg matang.

(Danspeed-Didi-Niko-Majalahbikeart 2015)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s