Plus minus KNALPOT RACING ATAU KNALPOT standart

Pipa saluran terakhir pada mesin motor atau mobil ini sangat berpengaruh dalam proses pembuangan akhir sebuah mesin bakar. Kenapa,…karena tanpa saluran terakhir pembuangan ini atau misal tidak ada lubang pembuangan ini hampir dipastikan tidak akan tercipta pembakaran didalam ruang bakar sebuah mesin….seperti halnya api dinyalakan diruang hampa tanpa udara, tdk bisa hidup sama sekali.

Nah apa pentingnya saluran terakhir ini diciptakan,..apakah modelnya hanya diperlukan untuk keindahan dari mesin atau bentuk motor atau mobil itu sendiri, ataukah diperlukan suara yang besar mengelegar agar mesin dapat perputar cepat….hhmmm tampaknya banyak awam yang belum mengerti, BIKEART akan mengulas ulang apa yang mungkin telah diketahui namun sangat penting untuk ditelaah lebih lanjut bagi awam atau pro.

Jenis mesin motor atau mobil ada yg dua tak dan 4 tak…sistem pembuangannya sama, yaitu sama-sama untuk melepas gas bakar dari ruang pembakaran. Apa yang membedakannya..tentu selain bentuk dan ukuran pada pipa knalpot ini ada perbedaan sekat-sekat didalamnya. Sekat-sekat ini mempunyai fungsi turbulensi atau mengatur agar gas buang tepat membuang sesuai pola pembakaran didalam mesin.

Pabrikan merancang knalpot std untuk motor-motor keluaran mereka yang dinamakan motor standart, tentu dengan hitungan presisi berdasarkan pertimbangan motor untuk penggunaan harian baik untuk antar anak sekolah, blanja ibu kepasar atau bepergian kekantor maupun untuk touring teman-teman bikers. Bahkan untuk latihan balap atau balap pemula sebenarnya sudah cukup memakai knalpot bawaan pabrikan itu, hanya perlu penyesuaian setelan karburator atau ecu bagi yang bermesin injection. Tapi kenapa dijalan dan orang-orang justru senang memakai knalpot racing dibanding knalpot harian. Itu selera pengguna dengan resiko dari mesin yang pasti beberapa tidak mengerti efek negatif apabila tidak mengerti benar tepat atau tidaknya settingan pembakaran dari mesin mereka.

Bentuk knalpot racing mesin 2 tak pipa membesar pada pangkal setelah keluar mesin lalu gembung ditengah atau dibawah mesin kemudian mengecil lagi menjadi pipa kecil lalu diakhiri silencer atau peredam suara, terkesan manis bentuknya apalagi dibuat dari bahan plat tipis. lain dengan knalpot racing 4 tak,..mulai awal pipa kecil lalu biasanya bertahap membesar pipanya hingga 3 tahap lalu diakhiri dengan silencer lebih besar dari motor 2 tak dengan lubang kira3 2 step seperti pada pipa tengah, bentuk ini lurus landai seperti knalpot stdnya namun biasanya lebih pendek dari panjang stdnya.

Sekarang dilihat nilai plus pemakaian knalpot racing baik dua tak atau 4 tak,…dengan memakai knalpot bersuara lebih keras dari knalpot std maka dari jauh orang akan mengerti bahwa kita sedang berkendara.  Dengan knalpot racing ini bagi mtr 2 tak performa naik drastis dibandingkan motor 4 tak. Terasa sekali lonjakan tenaga bahkan dari gigi satu, biasanya pada rpm 7000 tenaga akan terdongkrak drasti memuncak cepat melesat mencapai limit rpm. Hal ini tidak berdampak banyak pada motor 4 tak, dengan pemasangan knalpot racing paling tenaga awal bertambah sedikit sejak rpm 4000 lebih cepat dibanding tenaga yang diperoleh pada motor 2 tak yang baru keluar tenaga dirpm 7000. Penambahan di4 tak terasa signifikan bertambah panjang napas mesin baik gigi awal hingga akhir,…tapi belum tentu dengan pergantian knalpot ini topspeed bisa menyamain ketika mesin 4 tak motor itu tetap menggunakan knalpot standartnya…..why/mengapa…nah binggung juga kan…sedangkan pada motor 2 tak walau belum setting maksimal atau bahkan blum ada settingan yang dirubah tapi performa yang didapat terlihat sepertinya perubahan dengan knalpot racing signifikan. Hal ini disebabkan perputaran kerja dan sistem kerja yang praktis pada mesin 2 tak juga mempengaruhi pola keluar sisa pembakaran tidak serumit pada mesin 4 tak…jadi begitu ganti knalpot langsung wusss…..

 

Trus gimana caranya dan masa sih,…knalpot std diganti knalpot racing pada motor 4 tak ga merubah topspeed atau malah turun dibanding topspeed std….hhmmm

Penasaran mengapa begitu..ya karena mesin 4 tak lebih rumit…perlu kerja 4 putaran kruk-as baru tercipta pelepasan diruang bakar yang berati tercipta ledakan..sehingga perlu pengukuran yang pas dan akurat agar knalpot racingnya bisa setara dengan knalpot buatan pabrikan yang tentu telah diukur mesin komputer dan dibuat berdasarkan riset…sedangkan rata2 knalpot racing dibuat oleh pabrikan kecil bahkan hanya dibuat oleh pengrajin yang rata2 hanya mengejar penjualan tanpa riset. Tapi kalau dipakai sekedar untuk keamanan suara dan gaya it’s ok tentu dengan resiko ada percepatan kerusakan mesin karena pembuangannya diperlancar over dari permintaan mesin…penjelasan detail next topic…

Pada knalpot racing 4 tak agar mesin aman cukup menganti pilot jet berukuran 1 step lebih besar dari angka stdnya, selama mtr itu digunakan banyak pada rpm rendah dan dipergunakan diperkotaan yang hanya diperlukan rentang rpm 5000 sampai 8000 pemakaian normal. Namun bila sering berkitir diangka 6000 hingga 10000 ada baiknya menggunakan main jet juga yg dinaikkan 1 step dari angka stdnya. so mainjet up 1 step, pilot jet up 1 step be accurate setting… on your bike. Boros yang timbul belakangan…karena penyesuaian itu..tapi itu hal yang wajar seperti berlari kencang pasti butuh tenaga lebih kan….

Ada banyak settingan khusus untuk perlakuan simple pengantian knalpot std ke racing…macam2 variasi setting…next topic lah….hhmmm

Untuk mesin 2 tak…..mesin ini walau simple cara kerjanya namun…lebih kejam…beh…coba tenggok Kawasaki Ninja 250 dan NInja 250 atau NSR 150 bahkan RXKing the master off 2 stroke versi jadul yang populer karena murah serta wuuuhh mantep lah…

4 tak dengan cc gambot 250 macam Ninja two fifty belum tentu dapat cepat melesat melawan RXKing 135cc 2 tak.. percaya atau tidak…apalagi bila 250cc 4 tak diadu dengan 150cc 2 tak….wah baik dari gigi 1 sampai 6 sulit terkejar si 150cc ini…itulah dahsyat serta kejamnya mesin 2 tak…belum lagi knalpotnya racing…..tenaga 2 tak bisa terkatrol hampir 20persen dari orinya..

Namun ati2 bila salah setting meledaklah dia…hancur berkeping2 mulai sehernya, ringnya nempel disilinder, silinder head kop bocel2, hingga stang seher patah dan hancur berkeping….oohhffff…mengapa bisa terjadi…ya itu karena detonasi yang berlebihan dari pola kerja extrem mesin 2 tak…bila salah setting.  Sistem pembakaran itu dibutuhkan kombinasi angin, bahan bakar yakni bensin, dan api…ketiganya bekerja harus tepat dan sempurna tanpa kekurangan. Bila salah satu komposisi kurang maka ada efek negatifnya…..mesin malas bekerja, mesin batuk2 seperti flue,…mesin bekerja semakin boros tanpa tenaga..dan terakhir duarrrr….meledak tinggal menghitung dompet tuk kebengkel…kkkk

Pertama sebelum ganti semua pada mesin 2 tak perlu apa…..one movement check your ignition ….apa itu businya dulu dicek….baca petunjuk pembakaran dari busi itu….waduh Pak saya blum lulus sd nih…..baca dan nulis ejaan aja blum bisa gimana blajar mbaca huruf dibusi ya…heheheh…kkkkkk

Sebentar maksud saya bukan membaca huruf dibusi yang terbakar tapi baca dengan hati tanpa kata2…..hhh,,,,…selanjutnya next topic…SETTING 2 TAK DAN 4 TAK…..

(do-not-copy paste tanpa menyebut sumber atau ijin resmi majalahbikeart)

-write by danspeed bikeart master- undercopywrite majalahbikeart-2012

188 thoughts on “Plus minus KNALPOT RACING ATAU KNALPOT standart”

  1. tuk mesin 2 tak…lebih berbahaya, karena detonasinya bisa sangat besar pengaruhnya…itu terjadi karena kekeringan pada saat pembakaran…pecah kepala piston, ring nempel sebab piston yg kebakar bukan bahan bakar diatasnya…menyebabkan piston meleleh karena panas berlebih dan akhirnya rontok…..tuk itu cek busi tuk lihat kelebihan bensin atau kekurangan bensin…

  2. wah kalo dah porting polish, modif kem terus ganti snalput racing gmn om? apakah tenaga meningkat?
    thank you

    1. pasti ada perubahan, kalau penggantiannya tepat dan settnya tepat juga bisa naik, tapi kalau salah ukuran yg diganti bisa malah turun…..tergantung bro…hrs dgn mekanik yg ngerti dan ilmu yg mumpuni…karena mesin tuk dongkrak adalah masalah kompleks yg rumit juga

  3. Terima kasih artikelnya, cukup memberikan informasi yang dibutuhkan bikers. namun ada yang ingin saya tanyakan, semoga agan berkenan menjawab🙂

    Saya punya motor Yamaha V-ixion tahun 2008 yang kemudian saya modifikasi bentuk menjadi full fairing (model MotoGP). Saat ini menggunakan velg ukuran lebar, ban depan ukuran 100/70/70, ban belakang ukuran 130/70/70, gear dan rantai masih pakai yang standard. Menurut saya, agar mendapatkan tenaga lebih saya mengganti knalpot standart dengan knalpot R9. Nah, karena pipanya agak keluar sehingga sering mengenai kaki (lumayan lonyot juga gan,, hehe) kemudian saya potong pipanya dengan sedikit menggeser ke dalam kemudian disambung kembali dengan pipa Satria F (ukuran pipanya sedikit lebih kecil dari ukuran pipa R9).
    Pertanyaan saya:
    1. Adakah efek negatif yang ditimbulkan dari sambungan pipa yang tidak sama besar tersebut?
    2. Apakah penggunaan knalpot R9 dalam rentang waktu yang lama dapat merusak komponen mesin?

    Sebelumnya terima kasih atas jawabannya gan,, Salam Serambi Mekkah🙂

    1. oh terima kasih atas dukungannya bro Tri, ok lgs saya jawab ya…

      pemotongan dan penggantian pipa dari besar ke kecil atau sebaliknya kecil ke besar jelas ada pengaruhnya…tapi blum tentu pengaruh jelek ya…bisa juga karena mtr 4 tak seperti vixion itu memang perlu tendangan balik disistem knalpot bisa jadi itu malah mendapatkan efek yg baik tuk perubahan tenaga…tapi tuk pastinya gimana menurut bro Tri perubahannya karena saya tentu tidak bisa memprediksi dgn tepat disini…kalau ada keluhan tentu saya bisa memberikan masukan bagaimana seharusnya settnya kemudian…

      tuk penggunaan semua jenis knalpot racing untuk waktu yg lama tentu tidak ada dampaknya negatif….apabila settingan nya pas…jika mtr injection ya hrs pas sett ecunya ..begitu juga jika mtr karburator……sett mtr itu rumit tidak sekedar sett ecu..melainkan ada part lain misalnya gir, filter udara atau tanpa filter….kompleks…tapi klo tepat dan aman knalpot racing atau knalpot std pun tidak menjadi masalah tentunya…..salam bikeart bro Tri…

      1. Terima kasih atas balasannya admin🙂

        Sejauh ini semua berjalan dengan baik, semua komponen motor masih memberikan fungsi yang prima. Saya pikir hanya kekhawatiran saya saja terhadap efek negatif dalam jangka yang panjang sehingga membuat saya bertanya pada forum ini. Over all saya paham. Terima kasih atas informasinya. Maju terus Bikeart😀

  4. aku punya R9 valencia untuk krr 150 .emang betul gan setelah aku ganti knalpot itu rpm bisa melebihi limit.tpi saya pengen tau efek sampingnya gan

    1. efek samping jelas byk…lari tambah cepat bro…kalau tuk kerusakan relatif ya…tergantung bro sett tepat atau tidak, yg jelas semua yg bergerak itu ada jam yg musti dihitung setelah benda itu terpasang…kalau dipsawat terbang semua komponen sangat teliti dihitung jam terbang…atau waktu pakai, karena semua ada waktunya aus atau lose bro….semakin cepat mtr bro laju…brarti smakin cepat waktunya habis to…

  5. Mau nanya ni mas, untuk ninja 250 karbu kalau dari knalpot standart di ganti ke knalpot yg slip on aja apa bisa langsung merubah suara jadi lebih ngebas ? Kemudian mau minta saran ni, kalau emg bisa, mas merekomendasikan merk atau jenis knalpot apa ? Agar suara bisa lebih gede dibanding knalpot standart. Makasi

    1. yang jelas ada perubahan baik tarikan, tenaga menengah dan atas saat topspeed,…pilot jet tuk mtr 4 tak wajib naik tuk menghindari detonasi/ledakan dor saat tutup gas atau saat turun gas pada saat perpindahan gigi turun….ga baik tendangan balik efek ledakan tak terkontrol itu. suara lgs ngebas klo silencernya tebal dan pas, maksudnya redaman dari besar diameter lubang buang silencer dan ukuran tabung besar, semakin besar tabung semakin halus prinsipnya, dan semakin besar lubang keluar semakin keras suaranya….tuk rekomendasi merk…saya tidak bisa, itu selera dan byk faktor kecuali saya yang setting mtr itu sendiri karena bisa melihat dan merasakan apa kurang danlebihnya….kalau hanya via tulisan ….info yg didapat kurang tepat kiranya tuk diaknosa saya,……ada beberapa pilihan suara, ngebass, agak garing ngebas alus, ngebas kasar, cempreng mirip yg umum dipakai dari silencer mobil yg sangat pendek….nah tentukan selera sesuai kira2 tulisan saya diata itu bro….jgn lupa jetting ya, maksudnya set karbu yg pas…yg aman cari silencer yg agak panjang ….walau lubang besar suara lebih adem ngebasnya…susah kan saya jelasinnya….hahahahah ga ada videonya soalnya…nanti saya up lah dichannel bikeart youtube…salam bro

  6. gue mau tnya gan, kn motor gue suzuki tornado, yg jadul itu. knlpot ny masih ori, nah gue kpngn gnty knalpot 2 tak jadi 4 tak. krn knalpot 4 tak tu lebih cool knalpotnya Trs bnyk pilihan modelnya, sdgkn knlpot 2 tak cuma gtu” aja,
    prtnyaan gue..
    – apa bisa motor 2 tak dipasang knalpot 4 tak? trs klo bisa, dmpak negatif & positif nya apa gan? sblm ny thankyou🙂

    salam bikers

    1. ga lari bro…klo 2 tak cuma pipa lurus dgn silencer…saya pernah coba itu, efeknya ga lama bro..mtr jalan pelan banget…paling kalau umpamanya motor bro 150 cc 2 tak…bisa lari 170 std, nah pakai ini knalpot 4 tak cuma 70km/jam tarikan awal gila tapi sebentaran aja…gigi satu meloncat seram…gigi 2 heheheheh nambah dikit aja paling 5 km/jam ….sampai topspeed paling baru gigi 5 mesin jebol mas bro…ati2…jangan deh saran saya…kecuali cuma kliling komplek.

  7. Halo Om,

    Artikel yang menarik sekali untuk dibaca nih. Kebetulan saya pengguna Satria FU dan terpikir untuk mengganti ke knalpot Racing R9, tapi masih memikirkannya. Iseng brosing nemu artikel ini jadi lebih paham mengenai plus dan minusnya menggunakan knalpot racing.

    Sepertinya mulai dari knalpot, nanti akan merembet kemana2 ya? upgrade koil, CDI, karbu, jadi banyak deh. hehehe..

    Apakah berkenan jika postingan ini saya reblog / repost di blog saya sebagai bahan informasi ?

    Terima kasih sebelumnya,
    Salam Kenal.

      1. assalammualaikum bro om
        saya punya mtr cbr repsol 150 r thn 2014/2015 gitu om….. trus kenalpot mtr sya, sya lepas om kenalpotnya. pertanyaan saya
        1. apa bener mesin motor sayaa jadi cepet rusak
        2. dan itu mengaruhnya kemana ya om kalo knalpot stndrt sya lepas??

      2. klo knalpot std diganti maksudnya dgn knalpot jenis free flow atau racing …ga rusak, disini salah pengertian sebenarnya bukan dgn ganti knalpot trus jadi rusak….yg dimaksudkan adalah tidak tepatnya settingan std pabrik saat awal settingan untuk knalpot std lalu dipasang knalpot berbeda dgn std tapi tetap settingan pabrikan alias std….nah itu bisa membuat rusak….klo ingin aman dgn adanya pengantian ke knalpot racing…settingan karbu atau ecu pada motor injection hrs dirubah mengikuti kemauan atau disesuaikan dgn kebutuhan knalpot racing tsb….pasrahkan kepada mekanik berpengalaman …atau bengkel yg memiliki peralatan sesuai khusus tuk mtr injection….salam kenal, dari saya…Danspeed

  8. Bro mau tanya nih??
    Kalo knalpot mobil std ,,trs dipotong seperempat ujung knalpotnya yg blkng(bukan di leher ),,dampaknya bisa trjdi apa yah?..

    1. jelas tarikan kemungkinan nambah, tapi belum tentu…perlu test and try….tergantung mesinnya juga…terutama knalpot yg pakai sistem sambungan kontrol ke ecu pada mobil atau mtr injection terbaru….langsung ketahuan ecu ada pemotongan itu lantas …ecu memberikan perintah tuk kembali sempurnakan pengabutan bahan bakar…silahkan test bro…

      1. Saya mau tanya ni mas bro,vixi saya pake knalpot HM1, nah inii setiap saya over gigi, pasti 1″2 kali pasti adaa ledakan dor, karbu yang saya gunakan masih ori dari pabrik, kira2 pengaruh gak ni mas bro ke mesin saya, tks, slm bikers

      2. jelas ada pengaruh klo dengan penggunaan knalpot racing, kalau pas bentuk dan ukuran dalam volume yang diinginkan mesinnya maka si pelepas gas buang ini akan membawa dampak efek positif seperti tarikan meningkat atau saat akselerasi, bisa juga topspeed ada penambahan sedikit…..hal ini sesuai karakter motor 4 langkah…ga terlalu byk penambahannya tdk seperti mtr 2 langkah…nah set ecu injection motor hrs diset ulang…kecuali mas menggunakan karbu…perlu jetting ulang, pilot jet minimal, mungkin mas salah vixion menggunakan injection bukan karburator itu ralat dari saya…smoga membantu

  9. Gan, motor ane satria fu, udah ganti knalpot racing karbu standart, trus ane mau ganti pj ukuran 15 , setel udara (air screw ) yang pas berapa ya,?
    trus, efek kalau pemakaian yang lama buat harian apa ?
    Supaya fu ane masih awet, trimksh ats jwbn’a gan,

    1. gampangnya bawa kebengkel, ini pembahasan detail…tapi klo bro dah baca dipost saya yg lama ada cara baca busi cek dulu disana…..itu termasuk cara set mesin bakar yg tepat dan agar efisien brow…

  10. gan. saya pnya motor CB150r, jka saya pasang R9 itu apa keuntungan n kelemahanya? pa bs ngerusak mesin jka pakai jarak jauh terus? terima kasih.

    1. knalpot racing merk apa saja tetap bro kalau sesuai set dimesin dan juga ukuran knalpot maka efeknya positif dan kalau kebalikannya brarti sett dan ukuran mulai lubang dpan knalpot, pipa hingga lubang blakang ga sesuai ukuran mesin bro…maka efek negatifnya ada juga….nah ga ada cerita knalpot ini atau merk itu bisa rusak mesin terutama yang sudah ada nama, karena mereka meriset sesuai tuk kebutuhan mesin juga ditest dalam balap….tinggal bro sett ditempat yg tepat tuk set mesin. Mesin rusak jarak jauh bisa karena sett yg saya utarakan tidak tepat.

  11. um pengen nanya nih , motor saya vario techno 125 kalo saya ganti CDI racing kemudian saya pengen ganti kenalpot tsukigi(kenalpot racing) nah apa perbedaan nya kalo saya pake kenalpot tsukigi+cdi racing sama kenalpot standar+cdi racing? (minta saranya um)_

    1. perbedaan suara jelas, tuk lari nanti dulu…klo set ga pas malah dibawah mtr std bro…khususnya top speed, karena 4 tak ga banyak perubahan tuk topnya dgn beberapa penggantian tsb, kalau tidak 100 sempurna settnya….cdi dan knalpot hanya nambah tarikan saja biasanya……jarang top bisa didapat. kecuali sett oleh ahlinya….tapi tuk performa gaya dan selera ok ok saja….selain itu….lebih aman dgn knalpot racing bagi orang sekeliling kita…karena suara tanda kehadiran kita lebih terasa….huhhuiiii serasa orang top akan lewat…kwkwkwk

  12. wah mantap bgt artikelnya..sy jd tau tentang knalpot racing.

    gan sy mau tanya,motor sy honda absolute revo 2009.
    sudah stahun ini knalpotnya sy ganti knalpot racing merk nobi…gmn tuh gan?

    1. ya terima kasih bro…gpp itu pakai racing…asal lubangnya tdk terlalu besar, atau klo mo tepat settnya harus pas….saya ga bisa bilang ga baik atau tidak, tapi sesuai kebutuhan pembakaran mesin…lihat businya,, bisa baca busi bro..atau nanti saya ulas khusus baca busi…karena kalau tidak tepat pemakaian knalpot…ring cepat bosan/longgar jadi asep putih oli mesin ikut kluar, sering liat kan motor asepnya kluar dan mesin kasar ….pada motor berknalpot racing…..maaf bikeart baru on lagi….

  13. kaga ada bosen ny gua baca ini artikel buat tambah2 wawasan, thanks buat tuan rumah.

    gini bro, ponakan gua mtor ny beat injeksi.. bru td sore dia ganti knalpot racing, ga tau deh apa merek nya.
    pertanyaan ny: “adakah efek nya kalo mtor injeksi knalpot ny di ganti pake yg racing alias gandeng ?
    apa pengarup k mesin ny ?

    thanks bro, maju terus BIKEART!!

    1. ya thx bro raden satria, ada pengaruh jelas bro….tenaga bawah biasanya kliatan nambah dikit….beda dgn std…tapi tetep perlu diset ecu…coba ke bengkel resmi yg punya alat set ecu mtr merk tersebut…klo ga diset tentu tenaga bisa dibawah std dan hanya suara yg lebih besar….untuk amannya bro, segera sett baik pemakai injector atau karbu semua hrs disesuaikan dengan si pelepas gas buang itu….karena knalpot std dan racing sama2 harus memiliki tendangan balik yang berguna tuk meninggkatkan tenaga motor,…bukan hanya membuang selepas-lepasnya salah kalau ada pendapat seperti itu….knalpot benar berfungsi sebagai pelepas tapi tetap dia juga sebagai penambah tenaga dengan memanfaatkan ruangnya tuk meredam tendangan balik yg akhirnya menambah daya guna dari efek ledakan dari pelepasan pembakaran diruang bakar tersebut….knalpot byk hitungannya yg rumit…tuk mencari set yg tepat tidak sembarangan, tenaga mungkin mudah digapai tapi jebol dalam hanya jarak mungkin skitar 400m….itu tidak baik, hitungannya tenaga nambah, durabiliti atau ketahanan mesin juga tetap harus terjaga…..mtr 4 tak naik sedikit tak berbeda byk dlm kondisi mesin std dgn hanya pengantian knalpot racing, mtr 2 tak byk penambahan hanya dari pemakaian knalpot racing….

      sebenarnya knalpot racing dan knalpot std mirip,….yg lebih tepat sebenarnya knalpot yg pas tuk mesin kita…baik knalpot masih std tapi kalau di set yg pas misal tambah atau kuranggi chamber/ruangan dalam silencer dan bikin pipa dgn ukuran yg pas…hhmm jauh performa meningkat juga…

      salam bikeart,

  14. Mas saya dulu buat dibengkel korek langganan saya, Saya di jakarta. Kata mekanik saya yang asalnya dari jogja suruh ganti knalpot nya dengan creampie racing jogja, akhirnya saya googling nemu di : http://knalpot-racing.com/. emang bener tuh knalpot cocok buat jupi ku 130, tapi gara2 masuk2 gang agak fly pas itu knalpotku sobek kena pot beton, terus saya order lagi ke toko online itu tapi korek harian, eh tenaga beda sama yg awal, apa aku harus ganti lagi dengan order yang 130, apa saya akalain lagi mesinnya biar tarikannya balik, soale mau beli lagi kasian knalpotnya yang baru ini. Tolong infonya ya biar motor saya balik kenceng lagi.

    1. ok mas bro…sebentar…akalinnya dgn jetting…, menurut bro knalpot yg tuk 130 itu mungkin ukurannya lebih besar lubang kluar, sehingga jettingnya awalnya pas…nah dapet knalpot kedua mungkin lubangnya lebih kecil dan pipa lebih panjang dikit jadi jettingnya beda….caranya…coba kecilkan pilotnya dulu…atau setelan anginnya dibuka lebih kecil dikit…trus cek busi klo bisa baca disamakan warna pembakaran dibusinya….selain itu bisa dgn mudah coba gir blakang ditambang 2 mata lebih besar bro

  15. Wuihh mantep nihh artikell tambah tau aja dehh ane😀

    Ini gan Rencana ane mau ganti knalpot standard si ninin ini jd R9 (knlpot rcing)
    Nahh saya mau tanya, efek ke mesin kalo ga di jetup karburatornya apa ya? Trs. Misal bisa PJ/MJ naik brp step gan? Makasih sebelumnya

    1. ok bro…klo ga jetting tenaga kurang, baik atas atau bawah biasanya atau salah satu…efek ke mesin kerusakan pada element part diruang bakar hingga ke stang seher, ring bisa loss, seher bolong saat topspeed, dinding baret dan bro hrs beli blok mesin baru….stang bengkok atau oblak pada lahernya…dan bahaya lain saat mtr laju bisa ngejim alias brenti mendadak dan roda belakang mengunci…anda bisa terpental kedepan……ini sebab jetting tidak tepat atau malah tetap karbu std tidak dijetting atau diset peruntukan setelah pemakaian knalpot racing itu….smoga bermanfaat. ….tuk kenaikan tergantung permintaan…lebih tepatnya baca busi…dia bisa bicara sesuai panduan sett mbah2 tuner …..kadang bisa turun atau naik itu juga tergantung selera…..klo bawa kesaya nanti saya sampaikan ke bro bagaimana permintaan mesin dan seperti apa karakter bro bawa motornya..

  16. Salam mas, motor sdh di porting sudah pake knalpot racing, filter udara sdh d ganti, kampas kopling sdh di ganti jg ,sekarang pgn ganti ke knalpot std lg, ada pengaruh ny ga mas, baik d tenaga ny, settingan ecu ny, keawetan mesin nya, mohon bantuan nya

    1. salam juga mas adhit, pengaruh jelas ada mas, bisa jalan tapi kemungkinan ada gejala tersendat2 atau mejen, karena ada portingan yg lebih besar tentunya…tuk sett ecu coba diset ulang lagi disesuaikan dgn knalpot standart lagi itu mas….tuk keawetan mesin, karena memakai knalpot std tentu bawa mtr tidak terlalu kencang seperti sewaktu knalpot racing….tapi semua tergantung pola mas sendiri membawa motor, knalpot racing dan std jelas lebih aman std karena banyak sekat chamber didalam tabung knalpot yg membuat mesin awet, hal ini karena pabrikan meriset mtr sehari2 sesuai dgn knalpotnya……

      1. Ok mas terima kasih, selama ini salah cara untuk upgrade, ternyata penggantian knalpot itu bagian yg terakhir, sekarang bnr2 bingung karena sdh d porting dgn kondisi knalpot sdh racing, kondisi skrng d jalan pak polisi sngt senang dgn mtr yg pake knalpot racing, karena itu ane pgn pake knalpot std lg. Apa lebih baik knalpot racing ny pake db killer aja y? Dgn harapan suara tidak terlalu besar tapi tenaga masih ok, db atau std y???

      2. dengan db bisa juga dengan tetap knalpot std juga gpp, tapi yg penting diset ulang ecunya di dealer yg berpengalaman…tetap dgn db killer klo masih kencang percuma, tapi yg jelas…lari lebih enak knalpot std..dgn db turun drastis terutama ditopspeed, untuk tarikan klo settnya pas lebih dari standartnya….selamat mencoba mas…

    1. ngaruh maksudnya gimana mas kurang jelas pertanyaannya? lebih besar tenaganya atau melorot itu tergantung setelan mas bro…..klo sett dikarburator pas yg bgs klo ga pas atau ga diset bisa turun dari performa standart……intinya semua tergantung mas sett kolaborasi yg tepat….

  17. Infonya sangat bermanfaat. Tapi saya masih ad beberapa hal yg blm mengerti.
    nih saya mau nanya gan, Motor saya New Vixion Lightning ane pake knalpot AHM, kalau masalah suara knalpotnya gak kalah sma R9, Nah leher knalpotnya (pipa) kecil, setingan karbu,mesin dll masih standard, tpi itu motor cuman dibuat kekampus aj jaraknya juga g terlalu jauh, kira” kalau dipakai dalam jangka waktu panjang dapat merusak mesin nya gk gan? dan jga kata temen saya leher knalpot (pipa) diganti ukurannya yg lebih besar supaya g rusak mesinnya, bener gk tuh gan?
    Mohon banget jawabannya gan
    Terimakasih Sebelumnya

    1. ga juga tuk leher knalpot kecil itu justru bagus seperti bentuk standart to…karena knalpot racing justru yg baik ga beda jauh dgn bentuk standart, karena …pabrik bikin dengan ukuran tertentu agar pembuangan itu sesuai kebutuhan dari pembakaran dimesin motor itu sendiri. kira2 mudahnya pabrik membuat agar tendangan balik itu sesuai kebutuhan yg memang benar2 diperlukan jadi bukan dilebihkan…nah tinggal set ecu di vixion yang harus dikalibrasi ulang karena silencer racing itu kan tidak mempunyai chamber/ruang sekat yg berguna tuk menahan sisa terlalu cepat keluar….tetapi kalau diameter dalam pipa dan panjang serta besar lubang pas tentunya dgn bentuk knalpot yg lebih panjang, maka justru tendangan baliknya bisa lebih maksimal. Melebihi knalpot std namun juga tetap aman dimesin…coba diset ecu dengan juga membaca keadaan kepala busi…itu resep dan kuncinya, baca busi apa putih, kuning, coklat atau hitam berjelaga….yg pas agak kuning…dan saat engine brake tidak jedar jedorr…selamat mencoba dan semoga berguna…,set dulu yg ada klo ga ketemu…baru bisa coba cara lain misal ganti tipe knalpot dgn merk lain, asal knalpot ahmnya itu ori…sepertinya dahsyat tenaganya tetap dgn diset dulu ecunya..salam bikeart. danspeed selalu akan membantu bro…

      best regard,
      pemred bikeart

    2. ga juga tuk leher knalpot kecil itu justru bagus seperti bentuk standart to…karena knalpot racing justru yg baik ga beda jauh dgn bentuk standart, karena …pabrik bikin dengan ukuran tertentu agar pembuangan itu sesuai kebutuhan dari pembakaran dimesin motor itu sendiri. kira2 mudahnya pabrik membuat agar tendangan balik itu sesuai kebutuhan yg memang benar2 diperlukan jadi bukan dilebihkan…nah tinggal set ecu di vixion yang harus dikalibrasi ulang karena silencer racing itu kan tidak mempunyai chamber/ruang sekat yg berguna tuk menahan sisa terlalu cepat keluar….tetapi kalau diameter dalam pipa dan panjang serta besar lubang pas tentunya dgn bentuk knalpot yg lebih panjang, maka justru tendangan baliknya bisa lebih maksimal. Melebihi knalpot std namun juga tetap aman dimesin…coba diset ecu dengan juga membaca keadaan kepala busi…itu resep dan kuncinya, baca busi apa putih, kuning, coklat atau hitam berjelaga….yg pas agak kuning…dan saat engine brake tidak jedar jedorr…selamat mencoba dan semoga berguna…,set dulu yg ada klo ga ketemu…baru bisa coba cara lain misal ganti tipe knalpot dgn merk lain, asal knalpot ahmnya itu ori…sepertinya dahsyat tenaganya tetap dgn diset dulu ecunya..salam bikeart. danspeed selalu akan membantu bro…

      best regard,
      pemred bikeart

    3. ga juga tuk leher knalpot kecil itu justru bagus seperti bentuk standart to…karena knalpot racing justru yg baik ga beda jauh dgn bentuk standart, karena …pabrik bikin dengan ukuran tertentu agar pembuangan itu sesuai kebutuhan dari pembakaran dimesin motor itu sendiri. kira2 mudahnya pabrik membuat agar tendangan balik itu sesuai kebutuhan yg memang benar2 diperlukan jadi bukan dilebihkan…nah tinggal set ecu di vixion yang harus dikalibrasi ulang karena silencer racing itu kan tidak mempunyai chamber/ruang sekat yg berguna tuk menahan sisa terlalu cepat keluar….tetapi kalau diameter dalam pipa dan panjang serta besar lubang pas tentunya dgn bentuk knalpot yg lebih panjang, maka justru tendangan baliknya bisa lebih maksimal. Melebihi knalpot std namun juga tetap aman dimesin…coba diset ecu dengan juga membaca keadaan kepala busi…itu resep dan kuncinya, baca busi apa putih, kuning, coklat atau hitam berjelaga….yg pas agak kuning…dan saat engine brake tidak jedar jedorr…selamat mencoba dan semoga berguna…,set dulu yg ada klo ga ketemu…baru bisa coba cara lain misal ganti tipe knalpot dgn merk lain, asal knalpot ahmnya itu ori…sepertinya dahsyat tenaganya tetap dgn diset dulu ecunya..salam bikeart. danspeed selalu akan membantu bro…

      best regard,
      pemred bikeart

    4. untuk dapat merusak mesin atau tidak,…terjadinya ledakan jedar-jedor atau yg dinamakan detonasi/ledakan yang tak diinginkan didalam ruang bakar tentu akan ada dampak yg ditimbulkan…stang seher, dinding baret dsb…jgn perlakukan kasar kalau mau aman, knalpot racing ecu std…jln pelan2, tapi kalau bro tetap jarak dekat tapi gasnya grasak grusuk…wajib set ecu didealer yg dapat dipercaya..

      1. Thanks banget gan infonya bener” bermanfaat saya jadi lega. Saya sih bawa motornya nyantai gan, palingan muter muter solo kec juga paling kencang 70Km/jam. Kalau buat bawa jauh ane jga takut gan takut mesin rusak takut ditilang Polisi juga gan.ehehheheehhe. Nah ane bingung yg ECU gan, itu apaan y? dan juga bisa mempengaruhi injeksi motor saya gk gan?
        Mohon infonya gan (y)

      2. electronic control unit…ini perangkat disemua kendaraan yg menggunakan injection…ga tau istilahnya setiap kendaraan dgnmerk bermacam2 pasti berbeda…tapi nama umunya tuk perangkat pengontrol kinerja injection ya ini ecu…jelas mempengaruhi injection karena otak pintar komputer mtr ya disini letaknya khusus yg pakai injection…perlu diset ulang bro..agar efisien pembakaran sesuai pelepasan gas buang yg telah jadi free flow atau tanpa sekat…bisa bikin boros atau irit tergantung set di ecu ini…

  18. gan ane mau nanyak kalo motor mx standar di berikan knalpot brong , settingan yg tepat gmna untuk sehari” ?
    alasan ganti knalpot , karena cuma sneng denger suara yg garang .. terimakasi sebelumnya gan (y)😀

    1. naikkan ukuran angka pilotjetnya satu step dulu naiknya…coba jalan cari, kalau masih ada gejala nembak2 saat turun gigi…naikkan lagi satu angka lagi, misal pilotjet angkanya12.5 naikkan ke 15 kalau masih naikkan lagi ke 17.5, juga putaran bukaan setelan angin dikarburator, tapi tentunya bro hrs sudah paham set karburator itu buka atau tutup putaran…klo belum, coba bawa kebengkel langganan yg tentu sudah paham benar. salam bikeart

      1. Pengaruh positif atau negatif dari perubahan oli terhadap mesin ya…kalau oli palsu merusak mesin, juga oli yg kekentalannya tidak sesuai dengan spek mesin dapat merusak mesin dalam jangka waktu tertentu. Seperti mesin2 DOHC viscositas atau kekentalan oli yg diharuskan bisa dipakai berbeda dengan mesin SOHC, di mesin DOHC lebih baik menggunakan tipe SAE 10-40 oli ini lebih encer lebih cocok untuk diaplikasikan dimesin2 terbaru yg memiliki banyak part2 seperti bagian dari mesin2 DOHC yg lebih rumit dibanding SOHC, dgn 10-40 mesin lebih ringan bekerja namun suara yg ditimbulkannya aga berisik dibanding jika memakai oli 20-50 yg lebih adem tak terlalu berisik. Untuk SOHC cukup menggunakan 20-50 untuk mudahnya dan amannya. Tapi penggunaan dan memilih kekentalan oli ini berdasarkan suhu dimana anda berada saat menggunakan sepeda motor/mobil anda. Dengan oli 10-40 diperuntukkan didaerah sejuk dengan suhu berkisar 15-25 C sedangkan 20-50 untuk daerah dengan suhu udara 25-35 C. Rata2 motor DOHC pada tutup oli tertera 10/40 karena motor-motor ini CBU untuk pasar EROPA-ASIA yg bersuhu sekitar 15-25. Untuk di Indonesia khususnya cukup 20-50 agar lebih awet berdasarkan suhu….kira2 penjelasan umumnya dari bikeart, semoga membantu.(danspeed-bikeart2014)

      2. gan mau tanya lg.aku kan pake motor Jupiter z new 2010.nah pertanyaannya motorku sering terdengar suara meledak kaya petasan dknalpotnya.ITU terjadi apabila aku gas skitar jalan 60-90km/jam dispedometernya Dan turunin gasnya secara mendadak.nah disaat itulah terjadi ledakan TDI.ITU dibagian mananya yg bermasalah.tlong dbantu ya.

    1. pengaruh jelas ada, dan rata2 semua knalpot racing pada bagian silencer atau peredam suara ada gas woolnya…., nah baik atau tidak saya tidak bisa melihat berdasarkan penerawangan semata kecuali ditest lgs dan perlu test bermacam2….untuk menentukan knalpot itu baik tuk mesin atau tidak…kalau memakai dgn benar dan sett karbu serta bagian lain dari motor pas ya awet, tapi kalau sembrono….tetap walau pakai knalpot standartpun ga awet sepertinya mas, contoh : gas-gas throttle secara ngawur seperti ala kampanye, atau belum panas mesin lansung diajak topspeed, atau knalpot nembak2 tetap diteruskan permainan gasnya….smoga membantu mas bagas….thx atas pertanyaannya…

  19. gan mau
    tanya
    lg.aku
    kan pake
    motor
    Jupiter z
    new
    2010.nah
    pertanya
    annya
    motorku
    sering
    terdengar
    suara
    meledak
    kaya
    petasan
    dknalpot
    nya.ITU
    terjadi
    apabila
    aku gas
    skitar
    jalan
    60-90km
    /jam
    dispedo
    meternya
    Dan
    turunin
    gasnya
    secara
    mendada
    k.nah
    disaat
    itulah
    terjadi
    ledakan
    TDI.ITU
    dibagian
    mananya
    yg
    bermasal
    ah.tlong
    dbantu
    ya.

    1. ini timbul karena detonasi, atau pembakaran yg tidak tepat….ledakan yg seharusnya ada pada saat busi memeletikkan api…tapi ini terjadi dua kali saat busi seharusnya memeletikkan api…lalu ada ledakan yg bro sebut itu/detonasi bukan disebabkan oleh letikan apidari busi, melainkan karena seher masih nyala membara sisa pembakaran tadi….ini bisa disebabkan bahan bakar yg tidak bgs, bisa disebabkan karena setelah angin terlalu kecil atau miskin angin diruang bakar….bisa sebaliknya setelan angin terlalu besar, bisa juga sebab pilot jet terlalu kecil…..nah coba dicek dikepala busi lalu tulis lagi disini…apa warna kepala busi mas bro hitam kerak, putih atau kuning……byk sebab ada detonasi di ruang bakar…., busi sudah hampir mati …juga menimbulkan detonasi tsb…salam bikeart

  20. Mas saya mau nanya motor saya blade yg model baru saya ganti knalpotnya jadi nobi ,nah itu berdampak apa ya mas thx

    1. dampak atau efek pemakaian knalpot racing di mtr 4 tak seperti punya mas…blade ada penambahan nafas motor lebih panjang, dan suara lebih besar….tentu penambahan knalpot ini ada efek bahan bakar lebih boros karena saluran buang lebih ngeloss, dan biasanya mas sering gas2 dibandingkan waktu pakai knalpot std…itu karena suara knalpot racing tentu memancing pengguna untuk sering ngegas2…atau sering memacu motor pada kecepatan diatas kecepatan bawa knalpot std….jangan lupa menaikkan pilotjet spuyer mas..agar tidak ada ledakan2 suara saat turun gigi atau saat mau berhenti…..ledakan itu dinamakan detonasi…atau pembakaran yg tidak pas, salam bikeart

  21. Bro kalo r9+ngk iridium+cdi brt kira-kira nambah kecepatannya tinggi ga? Terus brt yang bagusnya apa? Ada efek negatif ga gan kalo dipake untuk sehari-hari? Tolong bales ya gan.

    1. maaf baru bales mas dirham, untuk mtr 4 tak performa atas ga terlalu byk bisa naik…bisa sama dgn kecepatan standart aja sudah sip itu berarti setelannya…yg penting justru klo bisa walau top sama, tapi akselerasinya meninggkat drastis hingga waktu tuk menempuh top lebih cepat dari stdnya…nah tuk part seperti yg bro maksud diatas itu…bisa asalkan yg set mengerti dan paham karakter dan setiap part tersebut….smua kemungkinan bisa terjadi mas dirham…., tuk tipe brt coba lgs tanya ke dealer resmi brt disana lebih pas tuk menjawabnya, tentu ada efek negatif jika dipakai tidak sesuai aturan….ada plus minus tentunya, semua ada takaran kekuatannya….dan jam berjalan disetiap komponen yg dipakai…semakin cepat berkitir tentu waktunya semakin pendek bukan….itu analoginya. karena gesekan setiap metal dimesin pasti membawa pengaruh terhadap kualitas bahan metal itu sendiri, baik karena pengaruh panas bisa merubah material metal itu dsb.

      1. Gapapa mas. Kalo misalnya part yang saya bilang diatas itu di pasang di motor 2 tak, kecepatannya nambah drastis gak? Dan juga ada gak cara nambahin kecepatan motor 2 tak tanpa harus di korek? Tapi buat harian. Maaf ya mas nanya banyak.

      2. gpp tanya aja sebanyak2nya…smoga saya bisa bantu, nambah drastis diknalpot racing…lainnya klo lebih bgs dari part std tentu nambahin lagi….tapi saya blum tau karena macem part aftermarket dan jenisnya apa…tuk nambah kecepatan atas ganti gir lebih kecil misalnya, atau knalpot racing yg sesuai merk pilih yg sudah byk pakai tuk balap paling tidak yg ori ya…

  22. Banyak pelajaran ane dapat dari artikel ente bro. Jempol dah 👍👍👏👏👏👏👏👏👏

    Motor ane jupi burhan taon 2005. Udah ane pasang kopling, kampas kopling daytona, pernya 2 daytona 2 per asli (terlalu keras klo pake daytona smua:D) gas spontan yamaha YZ punya, CDI BRT, knalpot CLD. NAH.! Tanya bro. Ane lumayan sering jalan jauh, pas naik tanjakan yg lumayan curam gtu, ni motor kurang greget. Putaran bawah kurang dapat bro. Yg musti ane setting yg mana ni.? Supaya tampil maksimal gtu. Hehehe.
    Thank bro.

    1. susah jawabnya itu mas bro, byk faktor….coba semua perangkat yg disebut dan accesories lainnya dilepas…balikin std ting 2 dulu…..apa masih sehat dan enak mtrnya…, cek kondisi std dulu bro…mesin pembakaran itu kompleks sekali….kalau sudah seperti punya bro….tentu susah deteksinya kecuali dibalikkan std…dari jauh saya hanya bisa prediksi sedikit tapi tidak tepat…kecuali bro dateng dan bertemu lgs dgn saya…saya bisa cek ada masalah dibagian apa, apa sudah konsul dgn bengkel langganan bro memen?….coba cek dulu, salam bikeart

      1. Salam mas bro..ane mau nanya nih..motor ane vixion old 2010 rencana ane mau ganti knalpot racing tpi takut ngerusak mesin…kalo misal knalpot std ane bongkar(di bedel) biar dpet suara yg garang boleh nggak? Apa ada pengaruhnya di mesin nggak bro..?makasih sebelumnya..salam bikers

      2. knalpot racing ga merusak mesin ko bro..asal diset ecunya yg benar…jika nga nembak2 saat turun gigi atau saat digas dan pembacaan dibusi pas …itu tanda aman, sedang dibedel ya gpp klo ingin suara lebih keras…pengaruh sama aja tergantung settingan klo salah sama dgn pemakaian dgn knalpot racing namun salah settingan..bisa merusak juga…pembakaran terlalu kering kan jadi rusak mesinnya…salam

  23. Mas mau tanya,
    Saya habis ganti knalpot std ke r9
    Ketika masuk gigi 1 memang nafas lebih lumayan,namun tarikan sperti berat
    Kata teman saya suruh naikin settingannya
    Hla,,,
    Settingan buat motor vxion yang pas,paling pas di sett berapa mas?
    Terimakasih

    1. coba dinaikkan ukuran gir belakangnya bro klo berat, untuk sett co-nya beda2 setiap motor…set ini tergantung kondisi motor bro suryo, dia sedang prima atau nga kan saya ga bisa liat….bisa diset min atau plus angka didial remote ecunya….liat dari businya, terlalu kering, basah atau gimana, itu dulu dicek …hrsnya setelah set pas warna busi kuning agak putih, apa warnanya saat skrg tarikan berat itu bro suryo?

  24. Om…saya agung dari Bali,
    Saya mau nanyak nih, motor saya Yamaha Byson baru saya pasang Knalpot R9 Generation, gimana setelannya byar nggak merusak mesin om? Motor saya di pakai harian dan masih standar pabrik, mohon pencerahannya😀
    Terima Kasih🙂

    1. Ok bro. Cukup naikkan angka dipilotjet bro..satu step dari angka std spuyer pilotjet byson itu.misal pilotnya 17.5 naik jadi 20. Untuk kondisi msin std itu cukup agar detonasi tdk ada…

      1. Bang sya punya stria fu tapi leher knalpot nya penyok bagian bawah nya rencana sya mau ganti pake leher racing tapi slincer nya pake yg stdr gmna menurut abng bgus gak klau pake leher racing tarikan apa makin mantap atau seblik nya dan apa efek nya pada mesin

      2. perubahannya dikit ga banyak…jelas aman klo leher dari knalpot jenis racing silencer std…gpp asal setnya pas bisa lebih naik juga mungkin ditenaga bawah atau tengah atau atasnya…relatif ya bro, dimesin ga ada efeknya yg jelas aman menurut para mekanik senior dan saya

  25. Mau tanya gan, knalpot tsukigi ane suaranya cempreng banget, udah gitu suka nembak gan, itu sett atau emang knalpotnya gan ? Motornya beat gan

    1. tsukigi setau saya khusus hanya untuk ninja 150 dan jenis2 mtr 2 tak, bukan matic 4 tak….suara cempreng karena memang jenis knalpotnya mungkin peredam suara ga maksimal didalam silencer…kalau tembakan biasanya sett karburator atau injectornya tidak tepat….jika pakai knalpot racing perlu dinaikkan pilot jet…atau ada perubahan di sett co untuk yg injection bro..smoga membantu

  26. gue mau nanya an, klau suzuki satria fu menggunakan knalpot racing R9 evek negatifnya ke mesin ada kah bro

  27. Salam kenal, Saya Langgeng dari Jakarta.
    Artikel yg sangat bagus gan..banyak memberi ilmu.
    Oya saya ada pertanyaan smoga agan bisa membantu tentang knalpot kolong 3v3 untuk RX King…saya dulu pernah ganti knalpot kolong 3v3 tuk RX King saya,tapi stelah kembali pakai knalpot standar,suara mesin jadi sangat kasar. Dan pertanyaan sbb:
    1. Apakah benar knalpot kolong 3v3 efek sampingnya pasti merusak mesin RX King?
    2. Adakah cara agar menggunakan knalpot kolong 3v3 tapi tidak merusak mesin?bila ada mohon tips nya.
    3. Berapakah ukuran diameter lambung knalpot 3v3 yg ideal untuk RX King penggunaan harian?dan brp ukuran PJ & MJ nya?

    Karena sya mau ganti knalpot 3v3 lagi,tapi trauma bila efeknya mesin jadi kasar.

    Thanks atas pencerahannya gan

    Best Regards

    1. suara kasar setelah pakai knalpot 3v3 di mtr 2 tak itu efek oli saat pemakaian knalpot jenis itu dimtr kurang baik..contoh kualitasnya tidak bagus, namun bisa juga oli samping tsb bgs namun…setting dikarburator tidak tepat jadi ada….situasi didalam pembakaran tidak sempurna yg menyebabkan efek pembakaran tak berjalan dgn baik…tentu dgn adanya penggantian knalpot tenaga meningkat drastis dimtr 2 tak mas bro….jelas diperlukan suplai oli samping yg berkualitas lebih baik dibanding jika tenaga hanya dgn knalpot racing…..coba cermati dulu apa oli yg dipakai baik dan settingnya pas…..biasanya lonjakan tenaga dari knalpot racing dimtr 2 tak akan membuat kinerja mesin semakin dipaksa sampai kelimitnya…nah seperti ring seher, seher, stang seher serta perangkat lainnya seperti laher bambu dll…ikut bekerja melebihi kapasitas beban yg seharusnya….ukuran ideal yg ditanyakan itu berdasarkan kondisi mesin itu sendiri..apa mtr bro sudah ditune dgn pembesaran lubang2 istilahnya korekan atau belum itu tentu membawa dampak….saya tdk bisa menyebutkan ukurannya karena situasinya tidak mengerti mesinnya mas bro….tuk ukuran spuyer biasanya bisa naik 2 step pada mainjet, dan satu step pada pilot jetnya…tapi itu tergantung sikon daerah dan lain2..smoga membantu bro…salam bikeart. danspeed

      1. Thanks atas reply nya gan..mau menambahkan sedikit tentang yg agan tanyakan untuk motor sya sbb:

        1. Motor waktu dulu mesinnya memang korek harian,oli samping sudh disetting boros juga, agar mesin tdk ngelitik,PJ & MJ juga sudh disesuaikan,tapi mesin tetap kasar… &pertanyaannya adalah sbb:
        – apakah efek samping knalpot kolong 3v3 itu slalu membuat suara mesin rx king jadi kasar?
        -Adakah cara agar menggunakan knalpot kolong 3v3 tapi tidak merusak mesin?bila ada mohon tips nya.

        2. Itu kondisi dulu..kondisi skrg mesin full standard krna stelah itu sya ganti blok seher baru & turun mesin…jadi kondisi mesin skrg standard ting2, belum OS, tidak porting polish, pokoknya masih standard…
        & pertanyaannya adalah sbb:
        – Untuk kondisi motor standard tersebut & penggunaan harian, berapa ukuran lambung ideal untuk knalpot kolong nya?
        – Untuk kondisi motor rx king standard seperti tersebut, apakah bila mengganti knalpot kolong hanya dgn mengganti PJ & MJ serta setting, tanpa bermain di lubang2 mesin & part lain, apa itu sudah cukup untuk mengakomodir asupan bensin bagi mesin?& bisa merusak mesin kah?

        Mohon maaf bila pertanyaannya kepanjangan…

        Terima kasih atas pencerahannya…

        Salam…

    1. kebanyakan…stang seher akan melting down serta sehernya juga…jebol bro, awas ati2…jika setelan tidak pas….perlu naik byk di pilot dan mainjet…..apalagi open filter karbu…waa mtr 135cc diforsir habis itu dgn knalpot racing klo asal2an…..tidak dgn mtr 150cc…material lebih kuat, kecuali mtr bro masih build up material dari japs..seperti jenis kluarga king tahun 81an…, positifnya ya jelas…wow..ati2 tuk yg 150cc ada king super teot dibelakangmu…hahahaha, tapi umur mesin part2nya jadi lebih cepat atau singkatnya…..pendek, satu malem minggu ngebut,…minggu paginya…ewer2…stang sehernya minta ganti dan ring pistonnya meleleh setengah bro…

  28. Numpang nanya mas bro….
    Saya baru dpt z250sl… Sebelumnya blm pernah otak atik urusan knalpot Neh….
    Penasaran dgn knalpot after sales yg sesuai sama settingannya. Karena bukan tipe pembalap…saya gak terlalu ngarep motor nie jadi kenceng…cukup suara gagah tapi bisa dinikmati. Mohon advice dunk….

    1. ok bro fata, salam kenal dari pemred….nice itu z 250 sl, knalpot cukup ganti silincer klo tuk mo tambah mantab suara dibanding std…dan tentu tarikan juga berpengaruh…tuk merk, susah saya tuk sarankan…tapi coba dengar dulu dari teman2…mana silencer yg oke menurut bro fata…ada yg ngebass , ada yg bass bulet…dan brisik, gambaran dari saya semakin besar tabung silencer tentu semakin halus db yg dikeluarkan dari redamannya…dan semakin kecil lubang buang..akan semakin kecil juga suara yg dikeluarkan….yg enak klo tuk saya lubang yg kecil, atau ada db killernya mas bro…hhmm enak…padat dari bawah hingga atas, dari pada yg lubang besar,….tentunya hanya suara yg maju terdengar duluan..tapi motornya ga sampai2 depan…

  29. Motor saya cbr 150r injeksi.Saya punya rencana mau ganti knalpot racing tp saya sudah bingung duluan sebelum ganti krn katanya bisa ngerusak mesin kalo tdk pas nyettingnya dan harus dikasih piggyback. Yang ingin saya tanyakan,apa aja yg harus disetting setelah pemasangan knalpot racing dan ada komponen tambahan yg harus dipasang apa tdk? trus apa setiap bengkel mampu nyettingnya?

    1. ga perlu tambahan piggy yg harganya mungkin diatas knalpot itu…dan piggy yg beneran masih kisaran 5jt japun made…bukan thailand yg kluarkan …itu dah pasti china made…., cukup set kotak ecu stdnya dgn alat dari pabrik atau dealer…yg ahli ya….jgn mekanik asal2an….kecuali cbr karbu…cukup bengkel speed freak pasti bisa rata2…jelas hrs setting dgn adanya penggantian knalpot itu..karena ada perbedaan tekanan pada ruang bakar…tentunya bro, tdk ada komponen tambahan diperlukan dgn hanya knalpot racing dipasang…..piggy nanti dulu…itu klo ingin lebih dan ada yg bisa setel kah piggy itu?

  30. Artikel sangat bagus sekali tpi karena saya awam msh bnyk pertanyaan saya mas bro ( mudah”an gk capek jwbnya).hihihi
    Tentunya mengenai knalpot racing mas bro..
    1. Settingan Ecu yg pas buat NEW VIXION LIGHTENING(NVL). Tlg dijabarkan ya masbro.
    2. Busi yg pas buat NVL tdi apa mreknya, warnanya, kodenya, serta harganya.
    3. Saya pemakai yg suka perjalanan jauh(perhari min 60km). Jadi amankah untuk pemakaian lama?
    5. Amankah dipake jika motor masih baru?
    4. Jika setting sdh pas brp persen pnambahan untuk speed, akselerasi, power.
    5. Mas bro tinggal dimana? Maksud saya klo dimedan mau saya datangin buat acak” NVL saya.hihihi
    Trmksh, salam persahabatan. Heri_Medan,

    1. segera saya jawab satu persatu secara detail ya bro…setelah libur lebaran selesai ditgl 14 agustus…kita aktif online lagi bro Heri, tuk markas kita ada diTebet, Jakarta…salam kenal bro Herim tuk busi pakai std sudah lebih dari cukup…dan lebih maksimal tuk pemakaian harian, tuk pemakaian jangka panjang knalpot racing tergantung setnya kalau sangat pas aman2 saja…tentu berbanding dgn kinerja mesin itu….kita kasar cara bawa mtr menguranggi umur komponen mesin, kita slow lebih panjang asalkan semua perawatan std tercukupi dgn baik. tuk sett pas nambah tenaga bawah, tengah dan atas tidak tuk topspeed…masih sulit tuk melawan topspeed knalpot std jika semua juga std…..salam bikeart brother, dari pemred

      1. Bos sy mau tanya..

        Kira – kira tipe knalpot racing yg cocok utk vixion apa ya??
        THx b4..

      2. untuk merk, saya tidak bisa sebut, bukan karena itu…terlebih karena kondisi mtr tdk sehat dan knalpot baru…bisa turun drastis performa setelah dipasang knalpot racingnya, selain itu selera tuk suara……tergantung yg pakai, intinya lubang belakang besar dan tabung gemuk membuat bulat ngebas jika gaswool masih baik, lubang kecil garing seperti knalpot std…untuk lari tarikan knalpot racing terasa sedikit berpengaruh…juga menjadikan napas mtr lebih panjang, tapi dgn durasi lebih lama dibanding stdnya……nah sekarang semua tergantung mas bro….yg baik pipa dari mesin ke silencer lebih besar dari ukuran knalpot stdnya….semoga sedikit membantu infonya, salam bikeart

  31. Artikelnya bagus brow.mudah dipahami.. Mau tany bro..klo mtor rx king bagus make knalpot yg standart / knalpot kolong yg biasa bukan racing..

    1. thx my bro, bgsnya knalpot std cukup, tapi klo seperti saya sering ganti2 …tergantung selera, jika setelan tepat dikarbu aman dgn knalpot racing sekalipun anda bawa mtrnya sangat extrem keras…..tergantung mekaniknya ahli apa tidak,…tapi tuk amannya set std dari pabrik cukup baik dan menurut std pemakaian mtr dari pabrikpun ada limit dibatas rpm merah…itu tanda dari pabrik bahwa jangan lewati batas itu atau…..rusak, seperti itu mas kira2, tenaga padat dari bawah sampai atas dan bisa jalan pelan hingga ngebut knalpot std sangat enak…baik jln ke pasar beserta istri atau pacar,….atau dibawah balap std disentul….saya juga cukup pakai std waktu masih belajar balap hingga balap….aman dan lebih enak menurut saya,..maklum gaya bawa motor saya kalem dan lemah gemulai mirip putri solo dulu…(itu dulu sekarang…kebanyakan lebih kalem kwkwkwkw) karena umur dan sudah strees liat jalan ditutup sana sini serta macet yg tak berkesudahan,…nulis aja kadang yg bisa dikebut dalam semalam,…….kwwkkwkw,….salam bikeart

  32. Halo om

    ane baru sebulan pakai satria ane. satria ane masih standart. rencana mau ganti knalpot racing(nobi). mau tanya nihh
    1. pengaruh negatif kemotor nya apa yah? soalnya motor baru sebulan
    2. biar motor awet sampai bertahun tahun pakai knalpot racing bagaimana?
    3. adakah yg harus di ganti dari motor nya? misalnya karbu dll.

    terima kasih om!! 😁😁

  33. Mau tanya nih om .
    Kalo motor RXz pengen ganti knalpot kolong model ninja, apa saja yang harus di ganti, seperti pj, mj, dan naik berapa ukuran dari standarnya? terimakasih .

    1. Mainjet dinaikkan stepnya 1 angka mainjet stdnya, misal stdnya 215 dimikuni coba naik ke angka 220 …saya lupa2 ingat ini mtr saya thn 94 dahulu kala, dan pilot 22,5 naik ke 25 berikutnya ke 27,5 dan ke 30…sperti itu tahapnya…dimtr 2 tak pilot dan mainjet perlu penyesuaian naik agar mesin tidak terlalu kering istilahnya, lihat baca busi…warna kuning pas, warna coklat gelap terlalu basah, warna hitam…basah sekali, dan putih tanda setelan kekeringan dipembakaran…salam bikeart bro

    1. ada pengaruh, silencer std memakai ruang2 …didalam peredam itu ada sekat, jadi tenaga mesin tak lgs keluar melainkan muter2, sedang pada yg racing …kebanyakan free flow atau sedikit tahanan atau total lost tanpa tahanan istilahnya….jelas ada pengaruh…blum tentu mtr std malah ngacir…suara iya lebih besar…tenaga lebih lambat kalau tidak diset yg tepat.salam bikeart

  34. Artikel yg sangat bermanfaat gan.. ane tadinya bingung dgn pemakaian knalpot racing pada motor cb150r ane gan. Motor ane baru jalan 2bln, baru 700an KM, pas servis pertama di Ahass, ane tanya sama mekaniknya “apa aja mas yg disetting jika kita pakai knalpot racing?” dia bilang “gak ada mas”.. ane jd binun, kok mekanik sekelas Ahass yg katanya “disekolahin” masa gak tau urusan beginian?? Yg jelas, ane dah baca tutor ini dr awal smpe akhir berikut dgn komen2nya yg menurut agan harus setting karbu/ECU jika pakai knalpot racing.. ane orangnya santai gan kalo bawa motor dgn knalpot std (gak tau sih kalo dh pasang knalpot racing. Wkwk) maksimal RPM yg ane geber dimotor ane cuma 6000 gan dgn kec maks 68km/jam n gak pernah geber gas diatas itu (kecuali mekanik Ahass yg geber2 gas sampe mesin teriak2 pas abis servis. Gak ngerti inreyen RPM kayaknya tuh mekanik). Nah, menurut agan sesuai dgn karakter ane yg santai itu apakah tdk masalah pada mesin/komponen motor ane jika gak diset ECUnya alias msh std? Karakter ane bukan dr sisi kecepatan gan cuma pengen kedengaran garang suara motornya sesuai dgn modifikasi motor ane yg moge look.. terima kasih, sory kpanjangan. Hehe.

    1. ok dimengerti mas bro, understand lah pokoke…hahaha, gpp panjang2…saya kadang juga kepanjangan jawabnya ko, santai and slow man,
      gini ecu std walau pakai knalpot std klo terasa tidak enak yg perlu diset maksimal, kadang mtr kluar dari dealer dan itu barang baru…tetep aja dipakainya ko beda ma motor yg kemarin saya beli…..nah mtr sama baru, baru beli 2 unit mtr yg sama….dimana yg salah….ya yg salah dealer dan pabrikannya….kenapa
      karena mereka tidak menset ecu yg sama mungkin atau cek yg sangat teliti untuk power yg dihasilkan pada mtr yg dijual pembeli…ini bisa terjadi karena memang mass production, angka sama pada set ecu pada penentuan co bukan jaminan brarti itu sama,…disini ketelitian dari buyer tentang pengenalan mesin dan tenaga yg dihasilkan dari mtr yg dibeli bisa sangat berpengaruh, ………….
      maka dari itu satu pendapat review dari si a, ab, b , c bisa sangat berbeda pada unit mtr yg sama, karena hal tersebut diatas.

      knalpot ganti perlu apa tidak diset lagi ecu….nah hal ini tergantung….mtr yg baru dipasang knalpot suaranya saat engine brake terdengar ledakan atau tidak, klo tidak bisa jadi itu pas” dalam arti tak perlu set…memang setnya dari sononya sudah ga sengaja pas tuk knalpot racing yg mas baru beli itu….
      nah atau tenaga malah mlorot bgt….itu perlu, klo mekaniknya bilang tak perlu diset, bisa jadi mreka tak punya alat tuk set, atau ilmunya …atau bahkan waktunya kurang tuk kerjaan repot2 seperti itu.,….terdengar suara garang….tinggal pilih2 silencer yg akan dipasang….trial dan errol mas bro…saya sendiri satu mtr bisa sampai 15x ganti silencer dan knalpot…mulai yg bikin sendiri sampai knalpot aftermarket dari sponkbob dan beli karena ngiler ngeliat ditoko….tapi puas kan jadi bisa suka2 gaya dan elmu tentunya…..dompet aja yg kadang bikin makin tipis,…makanya klo lagi gila riset…kali aja ada supporter yg mo maen gile bareng….hahahahaha gas pooll ah…masa alon2 wae…kwkwkkwkw motor balap kwkwkwkw, salam bikeart habis turun dari semedi digunung……

  35. Bro mau tnya dong klau mtor vario standart pasang knalpot tsukigi mempengaruhi mesin tdak? Biar pas setelannya apa aja yg di rubah?

    1. pengaruh jelas ada, set tepat bgs larinya dan suaranya…itu pengaruhnya, sebaliknya…boros dan mejen istilahnya, pilot jet musti naik, main jet bisa juga kalau diperlukan dan sering main diatas kecepatan rata2 80km lebih,….kalau mtr injection coba set ecu…tuk set co yg tepat, salam bikeart

  36. Salam kenal Om…semoga sehat sllu.
    Saya pengguna yamaha R15 sekitar 2 bulan pakai…dpt saran dari produsen knalpot merk r9 rancangan utk si R15. Yg ingin saya tanyakan adalah, apakah d haruskan melakukan penggantian ECU merk tertentu atau cukup memakai ECU std saja, krn info yg saya dpt dri mereka utk mengganti ECU k merk yg d rekomendasi agar penggunaan knalpot racing tdk sia2? Tq sblmnya Om. Mohon advice nya…

    1. salam kenal juga, amin sehat selalu, ecu std cukup asal settnya tepat, didealer resmi tentu bisa set yg tepat jika mekaniknya mau diajak mengerti,…atau mudahnya coba gabung diclub atau cari mekanik dgn peralatan dealer tuk set ecu itu,…kebanyakan dealer blum bisa sett maksimal…karena biasanya mereka juga hanya punya pakem ilmu service std…itu problem di dunia mtr dealer…terlebih jaman injection sekarang ini di sini. dgn ecu aftermarket bisa juga, tapi hati2 perangkat injection dimtr anda tentu mahal….salah2 5jt kerusakan diterima, cek dulu dan hati2….pabrikan tentunya punya kualitas diset prangkat ecunya yg lebih bersahabat dan tahan banting dibanding produk aftermarket yg baru2.

  37. Mau tanya om…gimana pengaruh nya kalo motor injection dipasangi kenalpot racing apa pengaruh nya dan apa akibat nya…..?

    1. pengaruhnya pasti ada, baik itu dimotor 4 tak atau 2 tak injection, knalpot sebagai penyalur pembuangan tentu harus tepat ukuran, contoh..knalpot std sudah ditest oleh pabriknya untuk mesin mtr std, knalpot std pabrikan ini memiliki chamber2/ sekat-sekat pada tabung silencer juga pada mtr 4 tak, jika diganti racing yg tentu tidak memiliki sekat maka tentu rumus perhitungan tekanan dari mesin std tidak tepat…apa yg harus dilakukan?….cara agar knalpot aftermarket tsb bisa pas dimtr anda….maka perlu disetting pada set kotak ecu injection dimtr anda, perubahan seperti ukuran set co pada ecu harap diperhatikan, bila tdak ketemu set yg tepat terus…bisa jadi knalpot yg disebut racing itu perlu dimodifikasi, kenaikan biasanya pada mesin 4 tak std sedikit sekitar maksimal 5 % pada tenaga bawah, tdk seperti pada mesin 2 tak….semoga bermanfaat,….salam bikeart

      1. Salam aspal dan sejahtera masbro.saya pake knalpot custom dengan model silencer tabung bulat kecil(katanya sh punya lorenzo di M1nya) di new vixi saya. Di dalam silencer ada penyempitan sedikit(menyerupai ‘anus’-red.)sorry emg gitu umpamanya. Hehe..dan lubang buang yang bulat lumayan besar(kira2 50% dari besar silencer). Co 10+,busi agak kecoklatan. dan selebihnya standar, saya mau tanya sama masbro:
        1. Pada top gear rpm rendah 4000-5000 bunyi knalpot ngebass ada ngoroknya mirip 250 dkit,setelah di gas putaran 5000 ke atas ketauan bunyi khas SOHC nya,kyak knalpot custom biasa. Apakah itu efek setelan knalpotnya/modelnya?atau efek setelan co/air filter mempengaruhi?
        2. Saat berEgo 100km/jam, saya mengurangi gas dan deselerasi trasa agak lmbat turun dibanding pkai knalpot std.malah seakan2 pgn digas lagi pinta mesinnya. Apa masalahnya ya masbro??klau pristiwa detonate hanya sekali2 klau pmbawaan tidak konstan(jalan kota).
        Mohon pencerahan dari ‘suhu’.
        trimakasih banyak.

      2. maaf baru balas bro….dstronevil, efek dgn knalpot racing memang seperti itu…dengan konfigurasi diameter pipa, silincer, diameter lubang kepala knalpot yg nempel dilubang blok mesin dan diameter lubang akhir disilencer…juga karena knalpot jenis racing ini tidak bersekat seperti knalpot std maka..dia tidak sehalus dan seenak knalpot std, karena itu pabrikan menganggap rata skill rider yg akan memakainya….bisa untuk wanita dan bisa untuk pria…ada efek2 seperti diatas itu wajar,…dan hampir disemua settingan baik yg tepat dan tidak tepat akan seperti itu. bedanya pada set yg tepat akan naik sekali tenaga bawah hingga atasnya terasa panjang dibanding std, namun tetap kalau hanya disett pada ecu….kemungkinan bisa mendekati performa knalpot std agak susah atau mungkin bisa tapi tipis…knalpot std walau seperti itu tapi….cepat naiknya walau sepertinya nafasnya pendek2…dan tenaga terasa padat pada setiap perpindahan giginya…salam bikeart bro

      3. Masbro, mau nanya kalo buat ninja 250 fi gantin knalpot untuk sekedar “suara” apa ngaruh sama peforma mesin? Btw, knalpot yoshimura kira2 cocok gk tuh buat sekedar suara aja? Trimss masbroo

  38. assalamualaikum mas bro

    sya pnya motor satria fu pngen di ganti knalpot racing tpi takut berisik suaranya… pngennya sihhh ga terlalu berisik tpi kedengarannya ngebasss merduuu hhee… jdi kedengaran orang lain jga enak… udh nyari” knalpot tpi rata” jatuhnya suaranya berisik ga karuan… masuk gang bsa” di lempar sepatu sma warga hahaha… tambah gaswolll aja gtu mas bro… kalau set pilot jet sma main jet.nya segimana ya mas bro….. habisnya udh ngebut smpai top speed 135 km/jam di jalan soekarno hatta bandung (itu jga kalau ga ke ganggu sma yg nyebrang jalan atau mobil) ga terlalu greget suaranya… yh maklum masih orisinil hhee…

    1. sudah cukup itu bro…mantab, lari segitu dgn knalpot std…cukup lah…atau ganti silencer juga bisa yg lebih besar dgn gaswoll yg pas, tapi tentu topspeed blum tentu bisa tembus seperti yg lama

  39. motor sy CB150R kalo dpake in knalpot satria fu ad efeknya g dmesin? ap dsatria/cb cmn beda pendingin aj?.
    .makasih sblmnya

  40. Mau tanya gan, klo knalpot standart suzuki inazuma 250 cc di ganti knalpot racing merk avionic…kira2 apa yg perlu di setting, klo ecu nya yg di setting…sperti apa sih settingan yg tepat..trims gan

    1. untuk merk knalpot tentu saya blum byk mencoba ….settingan yg tepat …musti lihat di settingan tuk co di suzuki…nanti akan saya ulasnya…sementara ini…sett didealer resmi dulu bro….lalu buka dan baca busi…yg akan saya jelaskan di edisi cetaknya majalahbikeart

  41. Permisi..mas berrarti mau sarannya knalpot racing itu intinya baik d pakai atau tidak untuk motor….krn saya dengar knalpot racing dapat merusak mesin motor it sendiri… apa betul bgtu mas…teimakasih.

  42. Maaf gan mau tanya nie,,kalau knalpot racing diganti kembali dengan knalpot standart,,apakah ada pengaruh pada performance mesin??trimkasih

    1. pengaruhnya ya balik lagi ke tenaga awalnya…pada kondisi knalpot std dan juga dgn setting standartnya dari pabrik…tepat atau tidaknya settingan diknalpot baik std atau model racing…bisa dilihat pada performa atau baca proses pembakaran pada busi setelah motor dijalankan pada kondisi yg diinginkan…

  43. Salam gan.
    Maaf gan saya mau nanya nih,
    Saya punya motor ninja krr 150 cc, saya baru beli 1 minggu baru 200 km.
    Saya pengen ganti knalpot creampie, nah baik kah gan motor baru 1 minggu ( baru jalan 200 km ) diganti knalpot racing creampie??.apa nunggu dulu sampai km berapa?. atau gimana gan?. mohon penjelasannya,, terima kasih bnyak sebelumnya gan. N semoga sukses..

    1. sebaiknya tunggu masa einreyen selesai mas, agar garansi dari pabrik untuk motor anda tidak gugur, sehingga jika ada kesalahan malfunction dari pemakaian yg ditentukan dari pabrik terjadi maka anda bisa komplain, tapi jika dipasang knalpot racing tentunya itu sudah diluar komplain karena syarat utamanya ya motor hrs tetap dalam kondisi standart…kira2 seperti itu, juga ada baiknya masa einreyen itu agar mtr dapat bekerja optimal. semua mesin bakar tentu perlu masa tersebut untuk penyesuaian metal metal yg bergesekan dan proses pematangan material yg berada pada proses dapur ledakannya. salam bikeart dari klaten…

  44. Oh begitu gan… oke terimksih gan
    Satu lagi nih kira2 knalpot apa yg bagus untuk ninja krr standart gan.mksih
    Salam bikeart dari lamongan jawa timur..

    1. ok bro raka, cari yg bentuknya menyerupai knalpot std yg didalam tabungnya juga masih menggunakan sekat seperti knalpot std bedanya di silencer tetap model racing dalamnya..yaitu tanpa sekat/chamber seperti std. jenis knalpot ini harus custom pesan ke pengerajin tentu tidak ada yg menjual …kalau model dipasaran byk..saya tidak bisa merecomendedkan merk atau model tertentu…hanya saran dari saya jika ingin bawa mtrnya tidak byk brebet ya yg saya tulis itu diatas…settingnya mudah dan aman juga nyaman tuk pemakaian harian.

  45. berbekal cerita mekanik langganan di bengkel pinggiran kota untuk mengganti knalpot menggunakan tsukigi,, alhasil uang thr saya lgsg beliin tu knalpot.. bukannya lari cepet malah keluar batuk sesekali saat dilepas gas.. tenagapun gk terlalu keluar.. apa yg harus saya lakukan ya kang??
    Kalaupun harus di setting bilangnya setting apa ke dealer resmi HoND*?? Apa perlu ganti cdi sama yg racing??
    Mohon pencerahannya suhu bikeart agar motor tdk memalukan saat di gas..

    1. ahahahha….mudah bro…set co di ecunya…bikin lebih boros tentunya…itu aja, simple kan…tanda yg bro ceritakan itu karena masalah kekeringan pada ruang bakar, karena suplai dari ecu masih setelan pabrikan yg cukup untuk knalpot std/alias knalpot yg berchamber/berskat2…nah skrg kan knalpotnya jenis racing itu tak bersekat…maka pembuangan lebih josss…oleh karenanya suplai makan dimesin harus diperbanyak…begitu istilahnya…kluar banyak..tentu yg masuk juga perlu lebih banyak…jadi imbang, salam dari danspeed bikeart atuh kang user beat fi…met ngabisin thr dgn puasss….

  46. Salam knal mas bro

    Mau nanya nch mas,ane punya mtr satria ru 120 ,,rncna ane mw ganti knlpt merk AHM,ap ad pengaruh dgn tarikan ny,trus gmn cranya biar suarany bs lebh ngebas n nggax berisik amat😊

    Terimaksh sblmny mas bro..

    1. ya salam kenal juga, pengaruh jelas ada…terasa lebih bertenaga awal dan napas bisa lebih panjang…jgn lupa naikkan pilot jet satu – dua step, tuk mainjet cukup satu step…cari bentuk silencer yg lebih besar …dan beri db killer pada lubang terakhir agar suara lebih halus tdk berisik. salam danspeed bikeart

  47. Bro,ane kan punya satria r nih,,mesinnya mash std blm di apa”in,tapi ane pake knalpot kolong,,itu ada effect nya ga bro??

    1. efek bisa positif bisa negatif…coba baca dari atas jawaban2 saya…..
      ga papa mesin std…ga perlu di korek…setting pilot main aja cukup….dgn dikorek blum tentu naik powernya…kecuali tepat korekannya….dan untuk keperluan apa? sedang dari knalpot std ke knalpot racing bila set pas sudah naik byk powernya ko bro…tenang aj,,,coba diset dulu dan rasakan perbedaannya…salam danspeed bikeart

  48. assalamualaikum om…
    …mau ngelanjutin om pertanyaan yg bulan february. skarang sya sudah kurang lebih 3 bulan mengganti knalpot motor satria fu sya ke knalpot NOB1 3 BOLD (yang bsa 2 suara… bsa suara standar atau bsa suara racing)… nah stelan mesin om sma sya blum di apa”in cma ganti knalpot ajh… jdi pemakaian.nya kyk gni om. :
    *hari kerja senin-jumat double killer knalpot nobi di pake jdi biar aman polisi…
    *cma hari sabtu sama minggu double killer knalpot di buka nah otomatis suara knalpot sya jdi garang dan bertenaga… jdi mesin tetap harus di ubah stelan mesin atau stelan mesin tetap standart dngan cara pemakaian seperti diatas… mohon di bantu yh om … soalnya lebaran mau di pake mudik hhee jdi pingin stelan motor bgus dan mantap… makasih om sebelum.nya… hhee

  49. Bro mau tanya dong, motor ane 4tak. Bahaya gak kalo motor 4tak knalpotnya cuma pipanya doang bro gak pake silencer.

  50. Om bro…..sya mau tnya nih. Knalpot yg SNI tpi ccok untk mtor absolute revo 2009 pa ya? soalnya bwat jrak jauh tpi plus bwat model. Takut ktangkep polisi tpi kpingin…..

    1. cari aja mas bro yg ada db killer…itu lho yg ujungnya ada penutup yg bisa dibuka tutup…jadi klo ingin besar tinggal buka tutup..ingin aman suara kecil tinggal pasang. dgn bentuk racing tapi suara mirip std kan itu maunya to mas bro…sip pokoknya..lari juga enak ko..irit dan bertenaga sampai topspeed….ga repot settingnya…dibanding knalpot racing…tanpa db killer itu

  51. bagus artikel nya

    bang saya maunanya
    motor saya suzuki tornado gs 110
    saya udah make karbu king
    tapi performa nya cma nambah sedikit
    kalo diganti knalpot racing ada ngak prnambahan performanya ….???
    kalo make knalpot racing F1z bsa nga bg dopake ke tornado….??
    kalau bsa ada ngak bg yang harus dirubag

    1. ya terima kasih bro rudi, dgn knalpot racing..nafas bisa lebih panjang karena tornado termasuk motor 2 tak, cari knalpot racingnya yg pas jgnpakai punya F1z karena jelas berbeda walau tetap bisa digunakan dgn modifikasi dileher knalpot dan dudukan belakang…lebih pas pakai punya tornado sendiri…coba bikin klo nyari knalpot racingnya susah skrg ini. bikin knalpot racing cari bentuknya yg mirip menyerupai bentuk knalpot stdnya…itu biasanya lebih baik dibanding berbeda dgn bentuk std…karena diameter tabung std dari pabrik sudah dicarikan ukuran yg pas…so tinggal jetting atau setting pilot dan mainjet…jgn lupa ada perbandingan gir belakang bila ingin maksimal. salam bikeart

    1. pesen knalpot risetan saya kalau berminat bisa…mungkin tidak sekali jadi …yg pertama paling tidak bisa mendekati performanya..asal mesinnya disetting dan dituning/ mesinnya tidak salah memboreupnya…yg baik bore-up diikuti pengantian klep masuk dan buang juga dgn lebih besar agar sesuai jadi hasilnya maksimal…salam

  52. Mau nanya mas. .

    Kalau mau pake knalpot racing seperti r9
    Harus di setting ya.
    Apa nya yang di setting.

    Saya pernah ganti knalpot AHM untuk motor mio(motor saya sendiri)
    Saya ga setting apa apa
    Tinggal buka knalpot lama
    Pasang knalpot racing nya.

    So, apa aja yang harus di setting saat penggantian knalpot racing ?

    1. ga ada dampak negatif bro asal setelan pada karburatornya pas…semua penambahan part atau perubahan modifikasi yg termasuk dari alur masuk hingga keluar dari ruang bakar tentu perlu penyesuaian set/adjustment agar bisa maksimal dan berjalan dgn baik..salam bro

  53. Mau tanya bg ,kalo pakai leher racing(R9) tapi slaincer nya pakai fu ,ada gak ngaruh kemesin dan tarikan nya bg?

  54. Bang, sy sudah lihat coment dari atas sampe yg terakhir,hehe..
    Kesimpulan yg sy cerna (ce i leee)😀 pke knalpot racing ga merusak mesin asalkan dngn setting co yg pas (untuk mesin injeksi), tp ga akan lebih dari mesin standart, nafas pnjng, tp lambat naik ny (brrt akselerasi kurang dari standart) dan abang tulis di slh 1 comment bisa di akalin dgn tmbhn part, ky gir cnthny..brrt utk dpt akselerasi yg sama dgn standar, kita harus menaikkan mata gir blkng..bnr ga bang? Mata gir blkng yg lebih bsr akan mmbuat top speed melorot..
    Untk dapat power yg stabil apakah hrs sett co+koil racing+knalpot racing, agar akselerasi dapet, tnp mmbuat topspeed melorot bang?

    1. benar mas rendy, naikkan gir…tapi dengan menambah pilot dan mainjet tuk awalan serta atas, koil std cukup..klo yg racing sebenarnya ga ada yg ada koil lebih besar kemampuannya..misal copotan dari motocros SE…di mtr 2 tak knalpot racing berpengaruh sekali tidak di 4 tak…hrs korek dan part lainnya misal dgn magnet kecil, koil se, total lost dimagnet dll.
      salam

  55. siang bro mau nanya2 maaf saya newbie🙂

    saya mau nanya kalo r25 di ganti knalpot full system atau slip on apa efek negatif dan positif cuman saya megganti di yamaha resmi..

    saya pernah liad di yamaha jual knalpot 5 jt akrapovic trus di yamaha apakah bisa ganti slip on aja apa bisa full system? (menurut pengetahuan bro ya)

    terima kasih bro🙂

    1. sudah dijawab diatas ya ttg plus minusnya, nah tentu bisa …ganti slip on kan hanya lepas tancap silencer saja…klo full system dari ujung knalpot mulai pipa dilepas diganti jenis knalpot bukan std…full system…mudah itu bro

  56. sore bro saya mau nanya2 nih maaf newbie 🙂

    saya mau nanya r25 kalo di ubah full system tp di yamaha resmi apa pasti sesuai dengan modifikasi motor?

    kelebihan kekurangan slip on dan full system?

    tq bro

  57. sore bro saya mau nanya2 nih maaf newbie 🙂

    saya mau nanya r25 kalo di ubah full system tp di yamaha resmi apa pasti sesuai dengan modifikasi motor?

    kelebihan kekurangan slip on dan full system?

    tq bro

    1. sore juga bro, lebih baik jika didealer resmi karena mereka punya alat setting ecunya..disesuaikan performa tenaga motor setelah memakai knalpot full system tersebut, cari bengkel resmi rekomendasi kawan2 lebih baik didaerah mas bro tinggal, kelebihan tentu biaya yg lebih murah, kekurangannya hanya perubahan disilencer tentu tenaga yg dihasilkan blum selepas dan tepat jika diganti semua menjadi full system, dgn full system yg baik tentu pabrikan knalpot tsb tentu sudah meriset secara maksimal untuk motor mas bro …tinggal set ecu saja dibengkel pilihan bro….selamat mencoba…salam bikeart

  58. Bro mau tanya nih newbie banget nih jadi gini

    Kan motor saya mx king 150 yg baru niat saya mau ganti knalpot akrapovic nah mnurut mas bro gimana? Ngurask mesin gak si para enggak?baca di artikel mas bro ada yg bisa meledak knalpot nya ,apakah kecadian itu bisa terjadi di motor saya? Minta solusiya mas bro..

    Ok thnks

    1. knalpot bisa aja memakai jenis free flow atau knalpot racing itu, sah2 saja….aman atau tidak tergantung, set dimotor….motor mx 150 itu sudah injection…tinggal set co didealer untuk dinaikkan atau diturunkan kadar co disetelan ecu komputer motor mas bro….asal tidak terjadi gejala detonasi/mledak-mledak berarti setelan aman tuk jalan santai atau ngebut…..hanya perlu dipahami semakin sering ngebut berarti usia jam terbang lebih sedikit…maksudnya….begini” klo motor didiamkan saja dari baru…kan tidak akan haus begitu dijalankan menurut aturan pabrik tentu ada kinerja yg membuat mesin berjalan…dgn berjalan maka usia komponen ya tentu berjalan….nah kalau ngebut usia makin cepat karena kinerja semakin cepat …….maka efeknya ya semakin pendek….seperti itu analoginya…., ledakan pada mesin saat jalan atau berhenti itu macam2 sebab….jika saat berjalan dan engine brake dilakukan terjadi ledakan dor…dor brarti itu tanda keiritan bahan bakar atau bisa juga terlalu boros……maka perlu set, walau anda memakai knalpot std hal ini bisa terjadi apabila set yg tepat tak terpenuhi. Salam Bikeart dari Pemred..

  59. Ass… Sebelum jakarta. Bandung dulu. Sbelum dibaca. Senyum dulu.

    Oke slm kenal kang.! Sya derin. Sy khan punya satria fu 150 nah sy khan ada rencana mau ganti knalpot ninja r tpi yg sya pake cuma belakangnya saja batangan kdepannya tetep punya fu sendiri jadi intinya dipotong lah. Nah yg sy tanyain kira2 suaranya garing sperti ninja gak tuch. Kalo sudah di pake di fu. Terus pengaruhnya ke mesin apa aja ? Tlg mnta infonya. Thanks slam aspal kang!

    1. ya bro salam juga dari Redaksi Majalahbikeart…bisa dipakai, tapi dimesin 4 tak tentu jadi mejen alias tak bertenaga bro silencer 2 tak nemplok diknalpot 4 tak…konstruksinya berbeda walau bentuk sama…tuk suara garing itu beda…2 tak garing karena pembakarannya sistem cepat 2 x langkah langsung kluar sedang 4 tak sistem pembakaran masih tertutup klep buang tidak di2 tak maka itu suara ga bisa sama juga performanya 4 tak tetap jauh dgn 2 tak apalagi hanya cc yg sama. pengaruh ke mesin ya tentu menjadi lebih tersendat. prediksi dari saya…., salam aspal…en keep safety

  60. Masbro, saya mau tanya nih masih awam bngt…
    jdi gini nih, kan mtr saya Honda Vario yang lama, saya baru ganti knalpot racing tpi bunyinya sama seperti knalpot standar cuman agak ngebas halus dikit, mungkin gara2 lubang pembuangan akhirnya kecil,, nah jdi pertanyaan saya bagaimana tuh caranya biar knalpot racing saya yg baru bunyinya bisa ngebas keras? Harus diapain knalpotnya?

    Semoga masbro berkenan menjawabnya, sebelumnya trima kasih ya

    1. Mungkin ada semacam tutup dilubang silencer terakhir….modelnya seperti db killer, klo bisa dilepas coba dilepas…ada baut dibawah tutupnya, atau kalau memang aslinya design silencernya dgn lubang kecil….sebenarnya maksud dari pabrik pembuat agar suaranya halus dan tenaga mirip std panjang2…..nah dgn perubahan suara yg diinginkan tentu lubang belakang silencer hrs dibesarkan….coba anda bawa ketukang las knalpot….minta modifikasi dilubang kluar terakhir tuk lebih besar sedikit….bertahap aja bro…hingga suara yg anda inginkan tercapai…salam bikeart

      1. ass.salam bikeart.saya punya mtr cb150r edisi repsol nah saya maunya ganti knalpot r9valencia.nah pertanyaannya.1.lebih enakan mana full sistem atau slip on aja tapi leher knalpot nya ori cbr.2.bagaimana jika diganti full set atau slip on efeknya ke mesin.3.klo usia knalpot dan motor bisa lama gak.thanks ya tolong jawabannya mohon maaf sebelumnya.

      2. lebih enak fullsystem, karena tentu lebih pas mulai leher header sampai silencer. usia mesin bisa saja lama asal settingnya pas, tidak over atau kekurangan campuran bahan bakar, lebih amannya dgn knalpot yg memiliki db killer

  61. bro, ane punya ninja ss tahun 2015, keluhan ane kenapa ya super kipsnya kebuka baru 8500 rpm, mohon di jawab Bro..

    1. superkips pada ninja, baik tahun awal atau yg terakhir sama, mengandalkan putaran mesin dan kompresi dari ruang bakar, jika pas setelah diruang bakar maka dia akan bekerja maksimal dan cepat, namun jika pembakaran blum maksimal, seperti set karburator blum pas, knalpot tidak bagus maka semua superkips juga tak maksimal bekerja…

  62. Ass. saya punya motor jupiter z 2008 burhan. Terus sekarang saya pasangin knalpot racing hrp. Stelan masih standart . Dan kalau di gas tinggi terkadang ada percikan api keluar dari knalpotnya. Itu masalahnya dimana ? Dan mohon sarannya apa yang harus saya katakan ke mekaniknya ? Karena saya tidak mengerti motor.
    Terima kasih

    1. mudah coba naikkan pilot jet, untuk mtr tipe 4 tak pada pemasangan knalpot racing, selebihnya naikkan mainjet bila perlu untuk mengatasi tenaga atas yg terkesan habis karena knalpot racing itu jenis freeflow tanpa sekat seperti pada mtr std

    1. saya blum mencobanya, untuk mtr 2 tak, perhatikan bahwa knalpot racing bisa mendongkrak tenaga hingga 10-15% power aslinya…tentu ada efeknya, semua yg bergerak melebihi batasnya ada usia part yg lebih cepat habis, seperti itu gambarannya..

  63. Gan, mau nanya nih
    Motor sy cbr k45 injeksi sy ada rencana buat ganti knalpot racing merk wrx tetapi hanya slip on sj . Apakah kalau ganti knalpot slip on saja tetep harus setting co dan naikin pj dan mj? Mohon jawaban ny ya gann

    1. tetap hrs diset ulang, klo std injector hrs set ecu setelan co nya, klo sudah ganti karbu untuk tenaga bawah ganti pilotjet, mulai dgn satu step dulu angka pilotnya…untuk mainjet diperlukan untuk tenaga atas…klo memang dibutuhkan, brati anda sering main topspeed, maka mainjet harus dinaikkan juga biasanya perbandingan pilot naik2 step lalu mainjet cukup naik 1 step saja…., untuk lebih tepat coba cek busi…disitu bisa terlihat terlalu kering, pas atau terlalu basah..salam bikeart

  64. Artikel n ilmunya mantap gan..sekalian ane mau nanya,kn Byson ane udah ganti karbu PE 28 sudco ori japan,cdi powermax dualband brt,busi iridium,knalpot racing prospeed, filter variasi tp mesin masih standar pake untuk harian dn kadang2 pake jalan jauh.performa motor tarikan jdi maknyos panjang laju,hehehe..yg mau ane tanyakan
    1.apakah ada dampak negatif pada mesin standar motor ane?
    2.pada karbu kadang2 terdengar suara ledakan “tesss” wktu nyalain motor atau pas stop mau narik gas?
    3.Sblumnya ane lepas db killer knalpot prospeed awal settings karbu pe28 sudco nya,tarikan rasa mantap dri bwah ampe ats pas pkoknya gk ad lemot ngisi semua,wktu ane psang lg db killer knalpot tarikan nya jdi brasa agak lemot awal tiap gas stelah ganti giginya tp abis tuh ngacir,itu knapa ya gan?
    4.gmn tips jitu rawat motor model Byson ane biar awet dn panjang umur?

    Mohon pencerahannya ya gan..hehehe terimakasih

    1. Tx Bro Jibril…
      dampak negatif dimotor dgn settingan seperti itu tidak ada….selama pemakaiannya pas seperti yg diceritakan,…nah pada karbu terdengar ledakan sedikit dgn bunyi tess ini yg agak membuat saya binggung….biasanya ledakan bleb..bleb pada karburator…ini dikarenakan klo bunyi tessnya bro…karena proses kerja dari karbu…yg dipasang tanpa box filter standart bawaan mtr….ini hal yg wajar…tdk apa2,….nah kalau untuk lepas dan pasang db killer….saat dipasang rada tertahan sedikit pada awalan gas…itu juga wajar….karena kluaran dari gas buang diknalpot bro yg berjenis free flow atau knalpot racing itu tidak memiliki sekat/chamber seperti pada knalpot bawaan pabrik,…sehingga ada gejala telat…namun atasnya lebih baik pada mtr standart pasti…dibandingnya tanpa db killer pada mtr std topspeednya kurang…walau terasa pada awalan napas mtr bisa terasa konstan cepat naik dan bernafas panjang…..
      Untuk perawatan agar motornya awet, sebenarnya standart saja saran saya….yakni pertama ganti oli tepat pada waktunya….termasuk jgn lupa ganti filter oli setiap 2x ganti oli mesin (minimal), dan selalu gunakan box filter standart pada karburator…untuk mencegah krikil dan kotoran debu masuk ruang bakar dan karburator, selain itu agar ruang bakar tercukupi kebutuhan akan bahan bakar, udara yg tepat….sehingga kerusakan lain2 dapat dihindari…, selalu lumasi rantai dan cek kerengangannya…jgn main potong jika sudah memang sudah hrs diganti(percayalah….akal2 potong rantai dapat menyebabkan anda terbang dari motor saat rantai tsb nyangkut….crash sudah pasti sangat membahayakan pengemudi dan orang lain).., apabila ada suara2 aneh atau gejala pemakaian yg dirasakan lain dari biasanya…cari dan cek atau bawa ke bengkel ahlinya…contoh: setelan klep perlu disett ulang gap kerengangannya dll

      nah seperti itu kira2 penjelasan dari Bikeart Master…semoga bermanfaat.

      (do-not-copy paste tanpa menyebut sumber atau ijin resmi majalahbikeart)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s